6 Tanaman Jepang Cantik Selain Sakura

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kalau diminta untuk menyebutkan tanaman Jepang, apa yang akan kamu sebut pertama kali? Apakah sakura? Jawaban tersebut memang betul. Tanaman bunga berwarna pink atau putih ini identik dengan musim semi karena mereka bermekaran dengan cantik pada saat itu. Ketika kelopak bunganya berguguran, sepanjang jalan akan berubah menjadi warna pink dan putih.

Tapi kamu juga perlu tahu kalau tanaman Jepang itu tidak hanya sakura, sakura, dan sakura, lho. Masih ada banyak tanaman Jepang lainnya yang tidak kalah cantik dari sakura, seperti enam tanaman berikut ini:

1. Tanaman Jepang pinus Jepang atau matsu

tanaman pinus jepang atau matsu
readysetkimono.com

Tanaman Jepang bernama pinus Jepang memiliki bentuk yang berbeda dari pinus pada umumnya. Jika pinus biasa tumbuh menjulang dan lurus ke atas dengan bentuk yang ramping, maka pinus Jepang tumbuh dengan batang yang meliuk.

Daunnya berwarna hijau tua dan cukup rindang. Sedangkan batang kayunya memiliki warna gelap bahkan hitam. Warna daun pinus Jepang ini tidak akan berubah seiring pergantian musim, daunnya juga tidak akan berguguran di musim gugur. Tanaman Jepang yang satu ini juga sering dijadikan bonsai karena bentuknya yang unik.

2. Tanaman Jepang shibazakura

tanaman jepang shibazakura
japan-magazine-jnto.go.jp

Namanya mungkin terdengar mirip dengan sakura, tapi tanaman Jepang yang satu ini memiliki bentuk yang berbeda. Shibazakura sering disebut sebagai pink moss atau lumut pink. Tanaman Jepang berwarna pink ini tidak tumbuh pada pohon dan berukuran besar, melainkan menyerupai semak-semak dan berukuran sedang.

Shibazakura biasa tumbuh pada area datar dan bermekaran di sepanjang bulan April hingga Mei. Beberapa spot untuk menikmati tanaman Jepang ini adalah Taman Hitsujiyama di Chichibu atau di sekitar Danau Motosuko.

3. Tanaman Jepang hydrangea atau ajisai

tanaman jepang hydrangea atau ajisai
jpninfo.com

Tanaman Jepang berikutnya adalah hydrangea atau ajisai yang mungkin sudah pernah kamu lihat di Indonesia. Di Jepang, tanaman ini mekar pada bulan Mei hingga Juni. Bunganya berukuran kecil, namun tumbuh berkelompok sehingga terlihat besar. Warnanya sangat cantik karena didominasi ungu muda, biru muda, dan merah muda. Warna bunga ini dipengaruhi oleh kondisi tanah tempatnya tumbuh. Daunnya berwarna hijau cerah dan ukurannya cukup besar. Beberapa orang memanfaatkan daunnya sebagai teh yang disebut sebagai ama-cha.

4. Tanaman Jepang wisteria

tanaman jepang wisteria
foundtheworld.com

Tanaman Jepang berikutnya adalah sebuah pohon dengan bunga yang merambat dan menjuntai dengan cantik. Bunga wisteria didominasi dengan warna ungu dan putih. Panjang bunganya bervariasi tergantung dari jenis dan perawatannya. Daunnya yang berwarna hijau muda memberikan aksen segar. Biasanya tanaman Jepang ini bermekaran di musim semi dan digunakan untuk menghias kanopi. Di luar musim semi, sebaiknya tanaman Jepang ini rutin dipangkas agar tidak merusak area rambat dan tetap terlihat rapi.

5. Tanaman Jepang camellia japonica atau tsubaki

tanaman jepang tsubaki atau camellia japonica
worldoffloweringplants.com

Jika bunga lain bermekaran pada musim semi, maka camellia japonica justru bermekaran dari musim dingin hingga musim semi. Tanaman Jepang berbunga cantik ini mirip seperti mawar di mana satu tangkai ditumbuhi satu bunga. Bunganya berwarna merah muda dengan kelopak yang saling bertumpuk rapi membentuk sebuah gumpalan. Kalau kamu menemukan tanaman Jepang ini, sebaiknya jangan disentuh karena bunganya mudah lepas dari tangkai.

6. Tanaman Jepang nadeshiko

tanaman jepang nadeshiko
akibanation.com

Tanaman Jepang nadeshiko memiliki kelopak bunga yang unik karena bentuknya kecil-kecil dan berjumbai. Selain di Jepang, tanaman ini bisa juga ditemui di Eropa, khususnya di dataran tinggi. Tanaman Jepang berwarna merah muda ini bisa tumbuh setinggi 50 cm dengan diameter bunga sekitar 3-5 cm. Kalau kamu ke Jepang saat musim panas, kunjungilah Pulau Honshuu, Kyushuu, atau Okinawa untuk melihat keindahannya.

Apakah kamu berminat untuk menanamnya di rumah atau cukup menikmati keindahannya saja saat liburan ke Jepang nanti?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse