Genteng Kaca, Alternatif Pencahayaan Alami Hunian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pencahayaan ruangan yang baik tentu meningkatkan kualitas dari hunian. Umumnya bukaan seperti jendela menjadi cara untuk menciptakan pencahayaan alami pada ruangan. Namun,  terkadang jendela tak selalu bisa jadi solusi pencahayaan alami.

Genteng Kacaself-build.co.uk

Solusi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan skylight, dan genteng kaca menjadi salah satu alternatif untuk menciptakan skylight sebagai pintu masuk pencahayaan alami ke dalam ruangan. Tapi, apa itu sebenarnya material genteng kaca? Dan, bagaimana sebenarnya pengaplikasian genteng kaca sebagai sumber pencahayaan alami alternatif?

Mengenal Material Genteng Kaca

Material genteng kaca adalah material penutup atap dengan bahan dasar kaca. Pada beberapa produk tertentu, genteng kaca juga bisa terbuat dari material-material transparan lainnya seperti akrilik, plastik, dan lainnya.

self-build.co.ukinhabitat.com

Sama halnya dengan material genteng pada umumnya, genteng kaca memiliki bentuk dan sistem pemasangan yang sama, yaitu dengan cara disusun diatas rangka kuda-kuda pada atap.

Seperti yang telah disebutkan di awal, material penutup atap genteng kaca bisanya menjadi pilihan untuk memasukkan cahaya matahari ke dalam ruangan dari bagian atas ruangan atau yang lebih sering dikenal dengan istilah skylight.

Keunggulan Menggunakan Material Genteng Kaca

Keunggulan Genteng Kacapinterest.com

Keunggulan dari material genteng kaca yang paling mendasar tentunya adalah kemampuannya untuk mampu memberikan jalur masuk pencahayaan alami ke dalam ruangan karena sifatnya yang transparan.

Bentuk dan sistem pemasangan layaknya genteng yang sederhana juga membuat genteng kaca lebih mudah dipasang dibandingkan dengan material kaca lembaran untuk membuat skylight.

Skylight Genteng Kacapinterest.com

Salah satu alasan lain mengapa banyak orang menggemari penggunaan material genteng kaca adalah kesan modern yang diciptakan. Material genteng seperti ini dianggap cocok untuk hunian-hunian bergaya modern dan minimalis.

Kekurangan Menggunakan Material Genteng Kaca

Meskipun sangat bermanfaat dalam menghasilkan pencahayaan alami, bukan berarti tak ada efek samping dalam menggunakan material genteng kaca sebagai material pengganti atap. Material genteng kaca yang terbuat dari kaca tentu memiliki resiko rusak yang lebih tinggi dan cukup berbahaya.

Kekurangan Genteng Kacamedium.com

Selain itu, perawatan dari genteng kaca bisa jadi pekerjaan rumah yang cukup rumit karena sedikit kotoran saja pada genteng kaca tentu akan langsung terlihat karena sifatnya yang tembus pandang. Dan, untuk membersihkan kotoran ini tentu tidaklah semudah membersihkan jendela.

Dan, salah satu kekurangan utama dari memanfaatkan material genteng kaca untuk skylight rumah adalah sulitnya mengatur kapasitas cahaya yang masuk. Pada situasi-situasi tertentu, genteng kaca akan membuat temperatur ruangan justru menjadi panas karena sifat dari material kaca yang menjadi perangkap bagi udara panas yang masuk ke dalam ruangan.

Membersihkan Genteng Kacasoncleaned.com

Kini, kamu sudah mengenali material genteng kaca serta memahami penggunaannya. Baik kekurangan dan juga keunggulannya, genteng kaca tentu layak menjadi salah satu alternatif solusi saat kamu menemukan masalah dalam menyediakan pencahayaan alami untuk hunianmu.

Tertarik beralih ke material genteng kaca dan jadikan hunianmu jadi lebih terang secara alami? Jika ya, pastikan kamu telah merancang dengan seksama skylight dari genteng kaca milikmu agar bisa memaksimalkan segala keunggulannya dan bisa memilimalisir efek samping dari material genteng kaca yang justru akan merusak kenyamanan dari hunianmu.

Sebagai salah satu trik, kamu bisa mengkombinasikan pemasangan genteng kaca dengan genteng bata biasa. Sistem kunci dan pemasangan yang sama memungkinkanmu untuk mengkombinasikan kedua material ini dengan mudah. Yuk, mulai kreasikan atapmu dengan menggunakan material genteng satu ini!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse