[Infografik] Yuk, Buat Hunian Kesayangan Jadi Lebih Sehat!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kesehatan keluarga memang jadi hal yang paling utama. Nggak heran jika banyak orang rela menginvestasikan jumlah yang nggak sedikit bagi kesehatan, baik itu melalui menabung atau asuransi.

Tapi tahukah kamu, berinvestasi soal kesehatan bukan hanya bisa dilakukan oleh individual melainkan juga pada hunian?

Ya, selain diri yang sehat, hunian yang kita tempati juga harus mendukung kesehatan kita lho. Kali ini, Kania akan membahas trik menciptakan rumah sehat. Nomor berapa saja yang sudah dipenuhi di hunianmu?

1. Jauhi bahan kimia berbahaya

Hidup kita memang nggak jauh dari bahan kimia, baik itu bahan kimia yang aman ataupun yang berbahaya. Tapi salah memilih bisa berbahaya lho. Contohnya penggunaan asbes untuk plafon atau atap.

Selain itu, beberapa jenis cat sintetik dan thinner juga berahaya bagi kesehatan. Bahkan ada yang bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. Kamu juga bisa menggunakan pembersih alami seperti cuka, baking soda, dan lemon.

2. Pentingnya pencahayaan

Jangan pernah lupa untuk memperhatikan pencahayaan di rumah. Sekilas memang terlihat sepele, tapi pencahayaan yang baik bisa membantumu melawan kelembapan dan bakteri jahat. Pastikan kamu mendapatkan pencahayaan yang cukup, terutama di malam hari dan saat hari mendung. Kamu bisa memakai lampu untuk itu.

Namun cahaya berlebihan juga nggak baik, lho. Pasangkan tirai pada jendela untuk membantumu melawan sinar UV dan menjaga matamu dari kerusakan saat panas terik.

infografik rumah sehatdekoruma.com

3. Bangun sistem ventilasi

Salah satu ciri penting rumah sehat adalah adanya sistem ventilasi yang baik. Bangunlah rumah dengan sistem ventilasi udara yang baik karena saat kamu menghirup udara, bukan hanya oksigen saja yang kamu hirup, tapi berbagai zat dan partikel lainnya. Misalnya debu dan bakteri.

Pergantian udatra yang cukup bisa membantu rumah lebih sehat. Beberapa ruangan yang harus kamu perhatikan adalah kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Jenis ventilasi sendiri bermacam-macam, berkonsultasilah pada arsitek profesional untuk menentukan jenis yang tepat.

4. Tetap sayangi lingkungan

Menciptakan hunian yang sehat bukan berarti melukai lingkungan sekitarnya. Pengelolaan sampah rumah tangga dan limbah yang buruk bukan hanya bisa melukai dirimu, tapi juga lingkungan sekitarnya.

Kamu bisa mulai dengan memisahkan sampah organik dan non-organik, mengosongkan tempat sampah secara berkala, dan menggunakan septic tank sesuai standar agar nggak mencemari tanah. Pada sistem penyaringan air, tambahkan karbon aktif untuk membunuh zat-zat yang bersifat racun.


Temukan artikel dan infografik menarik lainnya di dekoruma.com!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse