Alternatif Jendela, Ini 6 Keuntungan Memakai Skylight

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Selain sirkulasi udara yang baik, sinar matahari yang cukup juga dibutuhkan dalam sebuah rumah. Biasanya, hal ini diatasi dengan keberadaan jendela yang dipasang di beberapa bagian rumah. Jika kamu bosan dengan desain jendela yang itu-itu aja, kamu bisa mencoba menggunakan skylight.

Skylight adalah jendela atap yang mampu memberikan penyinaran matahari tambahan. Bentuknya pun beraneka ragam. Ada yang berbentuk jendela biasa yang tidak bisa dibuka dan bisa dibuka, berbentuk atap rumah, hingga bentuk yang kecil. Keberadaan skylight dalam sebuah rumah memberikan beberapa keuntungan bagi penghuninya yang ada di dalam rumah. Apa sajakah itu?

Hemat energi

Skylight Hemat Energiimpressiveinteriordesign.com

Keuntungan pertama skylight adalah hemat energi. Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah mampu menggantikan peran lampu dalam ruangan, khususnya pada siang hari. Penggunaan skylight merupakan pilihan yang sesuai untuk menyiasati masalah ruangan yang gelap. Selain itu, kamu bisa menghemat listrik dan menghemat pengeluaran juga.

Menunjang kesehatan

Skylight Membantu Sinar Mausk dan Menyehatkan Rumah dan Penghunidezeen.com

Skylight bisa meningkatkan kesehatan rumah. Penyinaran yang cukup membuat rumah tidak lembab. Perlu diingat, rumah yang tidak lembab akan mematikan potensi jamur dan kuman berkembang biak. Selain itu, perabotan di rumah juga tidak cepat lapuk.

Tidak hanya rumah, penghuninya pun akan mendapatkan paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D. Vitamin D dibutuhkan manusia untuk kesehatan tulang. Di samping itu, paparan sinar matahari mampu mengurangi potensi penghuni terserang penyakit tulang dalam usia dini, impoten, serangan jantung, hingga kanker.

Memberikan pemandangan yang indah

Kamu Bisa Melihat Pemandangan Melalui Skylightpinterest.com

Keuntungan skylight ini bisa kamu peroleh jika kamu tinggal di lingkungan yang memiliki pemandangan alam yang indah. Sembari bersantai, kamu bisa melihat pemandangan sekitar tanpa kepanasan dan kehujanan. Malam harinya, kamu bisa melihat bintang bertebaran di angkasa luas. Dijamin kamu akan makin bahagia dengan kehadiran skylight!

Memberi kesan luas

Skylight Memberi Kesan Luas Pada Ruanganhomesthetics.net

Skylight disarankan untuk dipasang di ruangan yang sempit. Mengapa seperti itu? Sinar matahari yang masuk melalui skylight ke dalam ruangan sempit tersebut akan memberi kesan luas. Penghuni dalam rumah pun akan merasa tinggal di ruangan luas. Pencahayaan yang dibawa matahari juga akan membuat ruangan kecil terkesan lebih hidup

Menambah estetika pada interior dan eksterior ruangan

Skylight Memberi Kesan Luas Pada Ruanganarchdaily.com

Melanjutkan dari kesan luas, keberadaan skylight akan lebih menguntungan apabila dinding ruangan berwarna putih. Sinar matahari yang memantul ke dinding akan membuat ruangan terlihat bersih dan berkilau. Kesan seperti ini tentunya ingin dimiliki di semua ruangan. Akan tetapi, jangan terlalu banyak memasang skylight. Rumah yang terlalu banyak memiliki skylight akan terasa panas.

Desain Skylight Harus Disesuaikan Dengan Gaya Interior Ruangansunspacedesign.com

Selain itu, ada beberapa model skylight yang bisa kamu coba untuk menambah estetika ruangan. Ada skylight yang berbentuk flat seperti jendela rumah biasa. Ada juga yang berbentuk atap. Nah, bentuk skylight yang ini bisa kamu pasang jika atap rumahmu berbentuk datar sehingga rumah terlihat memiliki atap segitiga.

Melindungi privasi

Skylight Mampu Melindungi Privasi Penggunanya

pinterest.com

Ada beberapa orang yang tidak suka menggunakan jendela. Menurut mereka, jendela bisa menganggu privasi mereka di mana orang lain bisa mengintip apa yang sedang mereka kerjakan. Skylight menjadi solusi atas permasalahan ini. Sinar matahari dan sirkulasi udara bisa tetap terjaga.

Agar sirkulasi udara bisa masuk dengan teratur, kamu bisa menggunakan skylight elektronik. Skylight bisa kamu atur bukaannya hanya dengan menggunakan remote. Kalau kamu merasa sirkulasi udara sudah cukup, kamu bisa menutupnya kembali. Namun, saat menutupnya, pastikan bahwa skylight sudah tertutup dengan rapat, ya karena hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab ac tidak dingin.

Keberadaan skylight dalam sebuah rumah bisa menghangatkan rumahmu dan memberikan cahaya alami tambahan sehingga rumah tetap sehat. Saat memilih skylight, seimbangkan dengan luas ruangan dan gaya desain interior rumah kamu. Jangan sampai skylight yang kamu pilih justru makin memperburuk desain ruangan yang sudah dibentuk sedemikian rupa.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual Claris, merek terkenal yang menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah tangga, mulai dari keranjang, cermin, talenan, hingga tempat beras. Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse