8 Desain Rak Buku Unik, Yang Suka Baca Harus Punya!

Bagi para pecinta buku, rak buku jelas wajib ada di dalam rumah atau kamar untuk menyimpan sejumlah koleksinya. Baik itu kecil atau pun besar, yang penting buku-buku bisa tertata rapi dan tidak rusak. Nah, apakah kamu salah seorang pecinta buku dan memiliki rak buku berbentuk persegi panjang biasa? Kalau begitu, mungkin kamu akan takjub saat melihat 8 desain rak buku unik berikut dan tergoda untuk membuatnya di rumah!

1. Rak buku unik di bawah tangga

Rak Buku Bawah Tanggapinterest.com

Bagian bawah tangga seringkali diabaikan padahal bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan, salah satunya rak buku unik. Agar tidak terlihat sumpek, buatlah rak buku terbuka seperti ini. Bila tangga berada di sudut rumah, buat juga rak buku unik yang mengikuti bentuk sudut tersebut.

2. Rak buku unik sekaligus pintu rahasia

Rak buku unik sekaligus pintu rahasiaidesignarch.com

Bagaikan di layar kaca, ternyata di dunia nyata pun ada banyak rumah yang memiliki pintu rahasia. Biasanya pintu rahasia ini disamarkan sebagai rak buku. Lumayan untuk mengecoh pencuri kan? Kalau pun tidak mau main rahasia-rahasiaan, rak buku unik ini bisa kamu buat menyatu dengan pintu biasa menuju kamar tidur atau ruang baca.

3. Rak buku unik bentuk huruf C

Rak Buku Unik Cinspirationseek.com

Rak buku unik berikutnya memiliki bentuk menyerupai huruf C. Mungkin kamu berpikir mustahil bisa meletakkan buku di sana karena bentuknya melingkar. Tapi dengan sekat khusus dalam jumlah banyak, kamu bisa kok meletakkan buku dengan rapi tanpa ada yang berjatuhan.

4. Rak buku unik sekaligus kursi

Rak Buku sekaligus kursi
interiordesignparadise.com

Selain rak buku, seorang pecinta buku juga harus memiliki kursi yang nyaman untuk membaca. Oleh karena itu, rak buku unik sekaligus kursi ini wajib kamu miliki. Sudah unik, hemat ruang juga loh. Kalau kamu sudah selesai membaca satu buku, cukup letakkan di samping kemudian ambil buku berikutnya tanpa perlu beranjak lagi. Hemat energi juga deh!

5.  Rak buku unik melayang

Rak Buku Unik Melayangrealtymonks.com

Apakah rak buku unik yang satu ini menggunakan ilmu sihir hingga bisa terlihat melayang? Tentu tidak. Rak buku unik ini sebenarnya hanya menggunakan trik tipuan saja. Pada buku paling bawah ada plat besi yang dihubungkan ke dinding sehingga bisa menopang buku-buku lainnya dengan kuat. Agar rak buku unik ini terlihat sempurna, pastikan untuk menyembunyikan plat besi dengan baik ya.

6. Rak buku unik bentuk pohon

Rak Buku Unik Pohonrealtymonks.com

Jika kamu memiliki bidang dinding yang cukup luas, tidak ada salahnya mencoba rak buku unik berbentuk pohon seperti ini. Buatlah “ranting” pohon dalam jumlah banyak. Setelah itu letakkan buku berdasarkan warna atau genre. Tambahkan tanaman hijau berukuran kecil atau miniatur burung untuk mempercantik rak buku unik ini.

7. Rak buku unik dari tumpukan kubus

Rak Buku Unik tumpukan kubus
toughecoplextex.com

Rak buku dari kubus memang sudah mainstream. Tapi rak buku unik yang satu ini jelas berbeda karena tumpukan kubusnya seperti mau jatuh. Desain rak buku unik seperti ini cocok untuk menghiasi hunian dengan interior bergaya minimalis, modern minimalis, dan kontemporer. Kalau ada tamu yang datang, pasti mereka akan terkejut saat melihatnya.

8. Rak buku unik sekaligus tangga

 Rak Buku Unik Tanggamymodernmet.com

Pernah merasa kesulitan untuk mengambil buku di bagian rak paling atas? Menyebalkan memang. Daripada harus repot menggunakan kursi atau tangga untuk mengambilnya, coba buat rak buku unik sekaligus tangga seperti ini di rumahmu. Kalau mau mengambil buku di rak paling atas, tinggal naik saja. Mau membaca di atas tangga pun boleh. Bila perlu, tambahkan seluncuran mini untuk turun ke bawah dalam waktu singkat.

Rak buku unik nomor berapa yang paling kamu sukai? Temukan rak buku impianmu di dekoruma.com!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse