Ini 7 Manfaat Tanaman Sirih yang Nggak Kamu Ketahui

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Daunnya berbentuk hati, memiliki tangkai, dan merambat. Apakah nama tanaman ini? Ya, tanaman ini bernama tanaman sirih. Pasti kamu sudah sering mendengarnya, bukan? Batangnya berwarna hijau kecoklatan dan daunnya berwarna hijau tua, kekuningan, hingga hitam. Meski kamu sering menemukannya di lingkungan sekitar rumah, sebenarnya tanaman sirih berasal dari Kepulauan Riau, lho.

Tanaman Sirih Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatanpinterest.com

Nah, selain sebagai tanaman hias yang merambat pada tanaman atau media lain, tanaman sirih memiliki manfaat yang sangat amat banyak terkhusus di ranah kesehatan. Kamu bisa meracik ramuan obat dari tanaman sirih dengan cara yang sangat praktis dan mudah. Penasaran? Yuk, kita simak di bawah ini.

Sariawan

Tanaman Sirih Untuk Sariawanshutterstock.com

Munculnya sariawan pada mulut dan gusi bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurangnya vitamin C atau tergigit. Tanaman sirih bisa menjadi pilihan untuk menyembuhkannya. Siapkan 10 lembar daun tanaman sirih dan cuci hingga bersih. Rebus daun dengan satu gelas air putih hingga mendidih selama 15 menit. Diamkan hingga dingin dan saring airnya. Sebelum makan, gunakan air untuk kumur-kumur.

Kamu juga bisa menggunakan teknik lainnya. Kunyah satu hingga dua daun tanaman sirih yang sudah dicuci hingga lumat. Diamkan daun tanaman sirih dalam mulut beberapa saat, khususnya di daerah sariawan. Kamu bisa memilih salah satu dari dua teknik ini. Lakukan teknik pilihanmu hingga sariawan sembuh.

Bau badan

Tanaman Sirih Menghilangkan Bau Badanshutterstock.com

Bau badan sudah jadi musuh terbesar manusia. Kondisi seperti ini paling nggak mengenakkan, apalagi ketika kamu harus bertemu klien atau bertemu orang penting. Untuk menguranginya, rebus lima daun tanaman sirih yang sudah dibersihkan dengan dua gelas air minum hingga mendidih. Biarkan air menguap hingga menyisakan air sekitar satu gelas. Saring dan minum air rebusan daun tanaman sirih pada siang hari secara rutin.

Gatal-gatal pada tubuh

Tanaman Sirih Mengobati Gatal-Gatal pada Tubuhbuoyhealth.com

Banyak hal yang bisa membuat tubuhmu gatal-gatal, seperti digigit serangga atau alergi terhadap hal tertentu. Untuk menggantikan obat oles atau obat minum, cobalah untuk merebus 20 daun tanaman sirih tua yang sudah dicuci bersih dengan tiga hingga empat gelas air. Tunggu hingga mendidih dan matikan kompor. Siramlah air tanaman sirih tersebut ke daerah tubuhmu yang gatal-gatal.

Keputihan

Tanaman Sirih Mengobati Keputihan Pada Wanitapinterest.com

Bagi seorang wanita, keputihan adalah hal yang sangat mengganggu. Daripada menggunakan obat kimia, ada baiknya kamu mencoba tanaman sirih. Ambil satu hingga dua tanaman daun sirih yang sudah dicuci bersih. Gunakan untuk mencuci organ intim satu hingga dua kali seminggu.

Kamu bisa mencoba dengan cara lainnya. Petik tiga buah daunnya dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu hingga mendidih dan airnya menguap hingga menyisakan sekitar satu gelas air. Saring dan minum airnya sekali per dua hingga tiga hari.

Mimisan

Tanaman Sirih Bisa Menghentikan Mimisanistockphoto.com

Mimisan bisa terjadi kapan pun dan di mana pun. Pertolongan pertama biasanya menggunakan tissue untuk menghentikan aliran darah. Namun, tanaman sirih lebih ampuh khasiatnya untuk menghentikan darah mengalir dari hidung. Ambil satu lembar daun sirih muda dan bersihkan. Gulung daun dan masukkan ke lubang hidung yang mengeluarkan darah. Tekan dengan lembut. Darah mimisan akan berkurang perlahan-lahan.

Gigi berlubang

Tanaman Sirih Mengobati Sakit Gigifairfaxvadental.com

Manfaat selanjutnya adalah daun tanaman sirih mampu mengatasi sakit akibat gigi yang berlubang. Ada dua teknik yang bisa kamu coba. Pertama, siapkan satu lembar daun sirih. Bersihkan dan rebus bersamaan dengan dua gelas air putih. Diamkan hingga dingin dan gunakan untuk kumur-kumur.

Teknik kedua, seduh dua lembar daun tanaman sirih dan setengah sendok teh garam dengan air hangat. Diamkan hingga dingin. Setelah itu, gunakan air seduhan untuk kumur dua kali sehari, sebelum tidur dan saat bangun tidur.

Batuk

Tanaman Sirih Untuk Mengobati Batuk

google.com

Terakhir, daun tanaman sirih juga bisa untuk jadi pertolongan pertama saat batuk menyerang. Ambil lima lembar daun tanaman sirih dan cuci hingga bersih. Rebus dengan dua gelas air selama 15-20 menit. Saring air tersebut dan minum. Rasanya agak pahit, tetapi khasiatnya sangat mengagumkan.

Tanaman sirih yang multifungsi dan super bermanfaat ini sangat cocok untuk ditanam di pekarangan rumahmu. Jadi, jika sewaktu-waktu kamu sakit, kamu bisa menggunakan tanaman sirih sebagai pertolongan pertama. Nah, sebelum kamu memroses daun tanaman sirih, jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih, ya!

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan baca artikel dengan informasi menarik lainnya di Dekoruma, ya! Aneka furnitur berkualitas untuk melengkapi hunianmu juga bisa kamu temukan di Dekoruma, lho! Dekoruma jual meja, kursi, lemari, hingga tempat tidur dengan beragam model dan ukuran.

Tak hanya itu saja, kalau kamu sedang mencai jenis kasur spring bed untuk kebutuhan tidurmu, Dekoruma juga jual spring bed Serta, Alga, The Luxe, dan merek-merek ternama lainnya. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi karena Dekoruma selalu mengutamakan yang terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse