[Infografik] Tips Decluttering Tanpa Ribet, Dijamin Rumah Selalu Bersih!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Bersih-bersih memang seringkali melelahkan.

Decluttering sering dianggap sulit oleh kebanyakan orang. Mulai dari banyaknya barang yang harus dibersihkan sampai keterbatasan waktu yang ada.

Pernah nggak kamu malah keasyikan bernostalgia saat menemukan barang-barang tempo dulu yang penuh kenangan? Atau, malah melihat mainan si kecil kembali berantakan setelah dirapikan?

Sebetulnya bersih-bersih rumah atau decluttering nggak sulit, kok. Kania punya tipsnya buat kamu!

Mulai dari bagian dalam hunian

Saat memulai proses decluttering, mulailah dari ruangan terdalam. Misalnya kamar tidur, kemudian dilanjutkan ke bagian closet atau lemari. Setelah itu, bersihkan ‘area sibuk’ daam rumah, yaitu kamar mandi dan dapur.

Mengapa dikatakan area sibuk? Karena dua ruangan ini adalah ruangan tempat penghuni rumah berlalu-lalang. Terakhir, baru rapikan area foyer.

Rapikan secara berkala

Sejak kecil, pasti orang tua kita mengajarkan betapa pentingnya disiplin dan komitmen. Nggak heran, dua softskill ini memang sangat penting. Begitu juga dengan declutteringlho! Kalau kamu disiplin membersihkan secara berkala, rumah juga akan selalu terlihat bersih. Atur hari khusus dalam seminggu khusus bersih-bersih minimal seminggu sekali.

[Infografik] Trik Ampuh Beres-Beres Rumah, Ibu Pintar Harus Tahu!

 

Gunakan metode konmari

Pernah dengan soal metode konmari? Trik organizing a la ahli merapikan dunia ini memang sangat populer karena keefisiennya. Lebih dari sekedar decluttering, metode konmari juga bertujuan untuk membuat pemilik rumah bahagia.

Metode konmari berfokus pada hanya menyimpan barang-barang yang membuatmu bahagia (sparks joy). Metode ini juga mengajarkanmu untuk membuat prioritas lho. Jadi, nggak ada lagi tempat yang terbuang untuk menyimpan barang-barang kurang penting.

Berbagi kebahagiaan dengan yang membutuhkan

Berapa kali kamu membeli barang yang nggak terlalu kamu butuhkan? Mulai dari dress cantik kamu beli hanya karena tren, atau pajangan yang nggak kamu perlukan?

Kumpulkan barang-barang layak pakai yang nggak akan kamu gunakan lagi dan donasikan pada mereka yang membutuhkan. Bukan hanya bisa menambah storage di rumah, kamu juga bisa berbuat baik pada sesama!


Ternyata decluttering nggak sulit kan? Asalkan kamu bisa menentukan prioritas dan mengikuti tips Kania beres-beres rumah yang melelahkan bisa jadi kegiatan yang seru, apalagi jika dilakukan bersama keluarga!

Temukan infografik dan artikel menarik lainnya di dekoruma.com!