Lebih Ekonomis tapi Secantik Marmer, Intip 6 Inspirasi Material Teraso Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Motif acak dari material teraso bermunculan di mana-mana, mulai dari menghiasi lantai gedung-gedung mewah, melapisi dinding pusat perbelanjaan, hingga mempercantik tampilan ruang-ruang publik, seperti taman, bandara, ataupun restoran. Sekilas material ini terlihat seperti batu marmer, namun ia merupakan material komposit yang terbuat dari campuran semen dengan keping-keping marmer, kuarsa, dan granit.

Tepatnya 500 tahun yang lalu, masyarakat Italia menggunakan teraso sebagai material alternatif pengganti marmer. Kala itu, marmer hanya dipakai untuk membangun rumah-rumah para bangsawan karena harganya yang sangat mahal. Selain lebih ekonomis, tampilannya juga serupa dengan marmer.

material teraso warna-warni berbentuk balokpinterest.com

Sempat merajai tren desain di era 1980-an, kini popularitas teraso kembali meroket. Didaulat sebagai salah satu tren desain pada tahun 2018, tak ada salahnya kamu mencoba menghadirkan kesan artistik menggunakan material ini sebagai andalan untuk desain interior hunian, mulai dari sebagai pelapis lantai atau dinding hingga sebagai dekorasi rumah.

1. Pelapis lantai dan dinding artistik

lantai teraso dan teraso pada dinding ruang makan sekaligus dapurdeezen.com

Dalam proses pembuatannya, fragmen-fragmen yang menyusun teraso diberi tekanan tinggi sehingga menghasilkan material yang kuat dan tidak mudah pecah. Permukaannya dipoles dengan finishing antiair untuk menghasilkan kilap yang elegan.

Pemasangan teraso juga terhitung mudah dan cepat. Tidak heran material ini menjadi andalan untuk melapisi dinding dan lantai.

teraso sebagai meja wastafel dan dinding kamar mandideezen.com

Motif ubin teraso juga bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan beragam gaya interior. Mulai dari gaya interior yang elegan sampai yang industrial, motif abstrak yang artistik ini siap memberi sentuhan akhir yang mewah pada interior ruangan.

2. Pelindung area backsplash dan countertop

Teraso sebagai pelapis area backsplash dan countertoppinterest.com

Material teraso dapat turut memeriahkan tampilan dapur cantik. Selain memiliki daya tahan terhadap panas yang tinggi, perawatannya juga minim.

Memasang teraso sebagai pelapis area backsplash dan countertop dapat menjadi alternatif untuk kamu yang mencari material berkualitas, yang sekaligus dapat memberikan tampilan berbeda di dapur secara efektif.

3. Kombinasi teraso dengan material lain

teraso pada anak tangga dengan campuran material warna pink pada ruang terbuka warna abu-abudesign-milk.com

Meskipun menghadirkan kesan mewah, teraso dapat diperoleh dengan harga yang lebih murah dari material batu alam lainnya seperti batu alam andesit. Oleh karenanya, kamu tidak harus bergantung dengan penggunaan marmer, granit, atau quartz stone untuk mendatangkan kesan mewah ke dalam ruangan, apalagi jika bujet yang dimiliki terbatas.

teraso sebagai kaki dari sofa dan meja kecildesign-milk.com

Untuk menghasilkan kesan mewah yang maksimal, namun hemat anggaran, hias interior ruangan dengan menggunakan teraso dan material batu alam lainnya secara bersamaan. Kini terdapat juga elemen material ini yang dikombinasikan langsung dengan bahan pembuat furnitur, seperti kulit dan polyester.

4. Material untuk furnitur dan dekorasi

bangku dari teraso warna abu-abudesignsponge.com

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai inovasi furnitur dan dekorasi pun marak bermunculan. Salah satunya adalah inovasi penggunaan material teraso sebagai bahan pembuat furnitur dan pernak-pernik dekorasi, beberapa diantaranya adalah bangku dan wadah lilin.

wadah lilin dari teraso dengan lilin menyala di atas meja marmerdesignsponge.com

Material teraso memiliki massa yang cukup tebal sehingga tahan untuk menopang beban yang berat. Selain itu, material ini juga cukup fleksibel sehingga mudah diolah ke dalam ragam bentuk yang artistik. Motif teraso yang tidak terbatas memungkinkan desainer terus bereksperimen menghasilkan karya-karya baru.

5. Dinding bermotif abstrak yang khas 

motif teraso abstrak warna pastel sebagai wallpaper dinding teras kafedesign-milk.com

Material teraso menampilkan corak ekspresif yang kemudian direplika pada elemen interior lainnya, salah satunya adalah wallpaper dinding dan mural. Komposisi warna pada wallpaper dinding dan mural bermotif seperti teraso ini dapat menghadirkan nuansa artistik secara optimal ke dalam ruangan.

dinding dengan wallpaper motif teraso pada ruangan dengan furnitur warna pastelpinterest.com

Selain memainkan perpaduan warna, motif teraso pada wallpaper dan mural dapat dimodifikasi bentuknya. Bentuk fragmen teraso yang besar dapat membuat ruangan terlihat lebih luas, sedangkan fragmen teraso yang lebih kecil akan memunculkan kesan artistik yang mendetail.

6. Elemen dekorasi, pelengkap ruang yang artistik

karpet dan bantal motif teraso pada ruang keluargadesignsponge.com

Replika motif teraso juga bermunculan pada elemen dekorasi lainnya, seperti karpet, kap lampu, cushion sampai pelapis coffee table. Bukan hanya nuansa artistik yang terbangun, kesan retro yang elegan juga dapat ditampilkan.

Untuk kamu yang terpikat dengan gaya desain masa lalu, kamu bisa menghias rumah dengan pernak-pernik dekorasi bermotif teraso.

motif teraso pada meja di ruang tamu warna-warni dengan karpet etnikdesign-milk.com

Salah satu keuntungan mengaplikasikan teraso pada interior rumah adalah variasi motifnya yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan konsep interior ruangan. Lantas, apakah kamu sudah terpikirkan bagaimana kamu akan mengaplikasikan material ini untuk hunian kamu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse