Menanam Buah Tak Lagi Sulit dengan 7 Tanaman Buah dalam Pot Ini

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ingin panen buah-buahan tapi terkendala lahan terbatas? Tidak punya keahlian berkebun atau mengelola taman? Jangan langsung surut semangat, karena tanaman buah dalam pot bisa jadi solusi yang kamu cari.

Tidak butuh area yang luas dan bahkan bisa dilakukan dalam ruangan, kuncinya adalah mengetahui apa saja jenis tanaman buah dalam pot yang bisa tumbuh besar tanpa perlu ditanam pada tanah. Langsung saja intip daftar tanaman buah dalam pot untuk eksperimen terbaikmu.

1. Tomat

tomat kecil sebagai tanaman buah dalam potshutterstock.com

Banyak yang menyangka tomat sebagai kategori sayuran atau palawija, tapi tomat sesungguhnya adalah tanaman buah dalam pot yang sangat besar persentase kesuksesannya. Cara menanam tanaman buah dalam pot ini juga mudah, hanya dibutuhkan waktu tiga bulan dengan menyebarkan benih tomat pilihan di media tanam berupa pot atau polybag. 

Berikan juga penyangga supaya tanaman buah dalam pot ini tumbuh subur dan tetap tegak, sambil juga disiram dan dipangkas tunas barunya.

2. Stroberi

stroberi sebagai tanaman buah dalam pot tanah liat disandarkan pada pipa besishutterstock.com

Banyak disukai anak-anak dan orang dewasa, stroberi paling sedap saat disajikan sebagai kudapan buah yang dingin. Apalagi jika dipanen dari tanaman buah dalam pot tanaman yang kamu rawat sendiri, dijamin stroberi akan semakin lezat disantap.

Stroberi bisa jadi tanaman buah dalam pot dengan cara mempersiapkan bibitnya dan meletakkannya ke dalam wadah pot secara tertata dengan jarak tertentu. Pot yang digunakan dianjurkan berukuran sedang dengan diameter minimal 15 cm dan diisi dengan tanah yang gembur.

3. Jeruk Kasturi

jeruk kasturi warna hijau dan jingga sebagai tanaman buah dalam potamazon.co.uk

Jeruk kasturi atau limau kasturi bisa menjadi tanaman buah dalam pot paling ideal dan tumbuh subur sepanjang tahun. Cara sukses menanam tanaman buah dalam pot ini adalah dengan menggunakan bibit jeruk nipis yang berjenis hasil okulasi supaya buah bisa tumbuh cepat dengan subur.

Untuk pot sebagai wadah tanaman ini, bisa dipilih yang berukuran diameter 20-40 cm dengan campuran tanah dengan arang, humus, pasir dan pupuk kandang. Selain disiram, tanaman buah dalam pot yang satu ini juga butuh dipupuk, dipangkas, dan mengganti media tanam untuk memastikan persediaan nutrisi yang memadai.

4. Jambu Biji

jambu biji sebagai tanaman buah dalam potbalconygardenweb.com

Sebagai jenis tanaman yang memiliki toleransi terhadap suhu tropis yang tinggi, jambu biji sering menjadi pilihan tanaman buah dalam pot di Indonesia. Jambu biji juga sangat dianjurkan untuk ditanam dengan cara generatif atau dari biji, dibandingkan dengan cara vegetatif atau cangkok.

Otomatis, pot bisa menjadi wadah bibit tanaman jambu biji asalkan kalian memilih varietas unggul, serta memberikan media tanam yang ideal agar tanaman buah dalam pot ini bisa tumbuh subur.

5. Semangka

semangka sebagai tanaman buah dalam potbedroomfurniture.club

Jangan terkejut kalau mengetahui bahwa semangka bisa jadi salah satu tanaman buah dalam pot dengan hasil panen yang banyak. Untuk menikmati kesegaran buah semangka yang optimal, pastikan tanaman buah dalam pot ini tumbuh subur dengan menggunakan media tanam dengan tanah yang kaya akan unsur hara ber-pH netral sekitar 5-7.

Masukkan benih dari bibit semangka pilihan sekitar dua hingga tiga benih dalam sebuah pot standar. Pemeliharaan rutin termasuk mengendalikan hama penyakit akan menjadikan panen dari tanaman buah dalam pot ini yang paling dinanti-nanti!

6. Mentimun

mentimun sebagai tanaman buah dalam pot yang menjalarthespruce.com

Baik untuk meredakan tekanan darah tinggi, menanam mentimun bisa dilakukan dalam polybag ataupun pot dengan diameter sekitar 25 cm. Sebagai tanaman buah dalam pot, mentimun membutuhkan media tanam yang merupakan campuran tanah, pupuk, arang dan sekam.

Gunakan tanah yang berkualitas sebagai dasar, dan tempatkan pot yang sudah ditanam di area yang terkena pencahayaan alami atau sinar matahari secara langsung minimal delapan jam sehari. Untuk hasil yang maksimal,  tanaman buah dalam pot ini juga harus diberikan pupuk secara rutin.

7. Srikaya

srikaya sebagai tanaman buah dalam potmashrita.com

Srikaya atau buah nona adalah tanaman dari daerah tropis dan berdaging putih menyerupai sirsak. Padat dengan zat besi sekaligus manfaat kesehatan lainnya, cara menanam srikaya sebagai tanaman buah dalam pot tidak sulit.

Siapkan bibit dan pilih pot berukuran diameter hingga 40 cm atau sesuaikan dengan ukuran bibit yang akan ditanam. Sebelum diletakkan pada area yang terpapar sinar matahari, sediakan batu atau ijuk sebagai alas pot. Pastikan tanaman buah dalam pot telah berisikan campuran tanah, pupuk dan sekam dengan perbandingan serupa.

Dari ketujuh tanaman buah dalam pot di atas, tampaknya cocok sekali untuk ditanam di hunian, tanpa perlu memikirkan luas lahan yang dimiliki. Pastikan kamu rajin merawatnya agar buah hasil panen pun makin optimal dan sedap disantap.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse