Ingin Karir Lebih Sukses? Ikuti Tips Menata Meja Kerja Sesuai Feng Shui Ini

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Meja kerja menjadi area di mana kebanyakan dari kita menghabiskan sebagian besar waktu sehari-harinya. Hal ini membuat meja kerja menjadi area yang paling berpengaruh terhadap performa kerja seseorang. Penting tentunya untuk menerapkan penataan yang apik pada area meja kerja.

Menata meja kerja sesuai dengan feng shui dipercaya dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan efektif. Energi positif (chi) yang muncul dapat mengantarkan seseorang menuju keberuntungan dan kes uksesan karirnya.

Menata Meja Kerja Sesuai Feng Shuishutterstock.com

Menata meja kerja ala feng shui hanya membutuhkan beberapa menit saja. Setelahnya, kamu akan lebih siap dan bersemangat untuk memulai pekerjaan di pagi hari. Penataan meja kerja yang mengikuti aturan feng shui ini juga dapat diterapkan baik untuk meja kantor maupun meja kerja di ruang kerja yang terdapat di rumah.

Menjaga kerapihan dan kebersihan meja kerja

Dokumen Menumpuk di Meja Kerjashutterstock.com

Hal paling mendasar dari penerapan feng shui dalam penataan area adalah menjaga aspek kerapihan dan kebersihan. Meja kerja yang berantakkan tidak hanya membuat kamu jadi malas bekerja, namun juga menghalau energi positif untuk masuk ke area kerjamu.

Jika meja kerja sudah kepalang berantakkan, kosongkan meja kerja terlebih dahulu dengan menyingkirkan setiap barang yang ada di atas meja. Dokumen yang menumpuk menjadi salah satu penyebab ruwetnya kondisi meja kerja. Maka dari itu, kamu perlu memilah dokumen sesuai dengan kebutuhan.

Meja Kerja Bersih Kerja Kondusifshutterstock.com

Dokumen yang sudah kadar luarsa atau tidak lagi terpakai bisa dibuang atau difungsikan sebagai kertas daur ulang. Keadaan meja kerja yang bersih dan rapi dapat memperbaiki suasana hatimu sehingga tercipta ruang kerja yang lebih kondusif.

Tata ulang posisi meja kerja

Letak Meja Kerja di Kantor Sesuai Feng Shuishutterstock.com

Letak meja kerja juga perlu diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan arah aliran energi positif yang nantinya akan bersirkulasi di sekitar meja kerja. Posisi meja kerja yang membelakangi jendela dan yang menghadap ke depan dinding dapat menghalangi aliran energi sehingga menghambat datangnya ide dan inspirasi baru.

Letak Meja Kerja di Rumah Sesuai Feng Shuishutterstock.com

Idealnya, meja kerja diposisikan ke arah datangnya cahaya, menghadap langsung ke bukaan. Posisi meja kerja juga harus memungkinkan penggunanya melihat ke segala arah.

Selain letak meja kerja, barang-barang yang sering digunakan sebaiknya juga disusun secara sistematis dan dekat dengan jangkauan guna mempercepat proses bekerja.

Terapkan perpaduan warna yang harmonis

Perpaduan Warna di Area Meja Kerjashutterstock.com

Menurut feng shui rumah, pilihan warna dalam interior sangat menentukan irama hidup seseorang. Untuk itu, perpaduan warna yang harmonis perlu diterapkan pada meja kerja guna mendatangkan aliran energi positif yang dinamis.

Warna biru laut dapat diterapkan agar energi positif mengalir selancar arus air di lautan. Sementara warna hijau dan warna-warna tanah melambangkan kesuburan yang dapat memacu produktivitas. Hadirkan juga keseimbangan di meja kerja melalui aplikasi elemen kayu di antara perpaduan warna tersebut.

Perpaduan Warna Hijau di Area Meja Kerjashutterstock.com

Sementara itu, penggunaan warna-warna cerah yang menggairahkan di meja kerja, seperti merah dan kuning, sebaiknya dihindari karena dapat memicu stres dan menimbulkan kecemasan.

Hiasi dengan barang-barang personal

Dekorasi Meja Kerjashutterstock.com

Kehadiran barang dekorasi yang bersifat personal, seperti boneka kesayangan, action figure favorit, dan bingkai foto dengan orang terkasih dapat menambah energi positif di meja kerja.

Secara tidak langsung benda-benda ini pun turut memberikan motivasi dan dapat menjadi pembangkit semangat di saat kamu merasa suntuk dan lelah dengan pekerjaan. Sebagai pengingat agar kamu tidak gampang patah semangat, beberapa hiasan tipografi pilihan Kania juga bisa mewarnai meja kerja milikmu.

Susunan Buku di Meja Kerjashutterstock.com

Jika dalam pekerjaan kamu dituntut untuk menghasilkan ide-ide baru, tempatkan juga buku-buku yang berhubungan dengan bidang pekerjaanmu di atas meja kerja sebagai sumber inspirasi.

Tanaman hias menambah produktivitas

Tanaman Hias di Meja Kerjashutterstock.com

Studi yang dilakukan Alex Haslam seorang peniliti dari UQ’s School of Psychology membuktikan keberadaan tanaman hias mampu meningkatkan produktivitas kerja seseorang hingga 15%.

Secara alami tanaman hias memperbaiki kualitas udara di sekitar meja kerja dan lansung memberikan efek menyegarkan dan rileks ke dalam otak. Hal ini mempermudah karyawan untuk berkosentrasi dan lebih fokus dalam bekerja.’

shutterstock_1210009819shutterstock.com

Haslam dalam laporan penelitiannya pun menambahkan untuk tidak menerapkan konsep penataan minimalis yang terlalu ekstrem di meja kerja sebab dapat membuat karyawan cepat jenuh. Jadi tidak ada salahnya mengikuti tips menata meja kerja yang satu ini, kan?

Biarpun sudah melakukan penataan meja kerja sesuai dengan aturan feng shui, bukan berarti kesuksesan bisa segera kamu raih begitu saja. Kamu tetap perlu bekerja dengan dedikasi tinggi untuk meraih kesuksesan tersebut.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse