Apa Itu Material GRC? Ketahui Fungsinya dalam Pembangunan Hunian!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Variasi aneka material konstruksi memang kian menarik untuk ditelusuri. Berkat kemajuan teknologi, dunia properti akan terus melahirkan material penunjang bangunan yang bermanfaat, efektif dan efisien. Salah satu material yang perlu diketahui adalah GRC.

Apa sebenarnya material GRC? Apa pula fungsinya dalam pembangunan hunian? Bagaimana kita bisa memanfaatkannya secara maksimal? Ayo simak penjelasannya berikut ini. 

Apa itu GRC?

material GRC berbentuk lempeng ditumpuk ke atasmaterialdistrict.com

GRC adalah singkatan dari Glass Reinforced Concrete atau dikenal juga dengan Glass Fibre Reinforced Concrete. material campuran dari beton dan serat kaca. Komposisi dari material ini umumnya terdiri dari serat kaca berdaya tahan tinggi dan tahan alkali, yang dikombinasikan bersama dengan campuran semen seperti beton dan sebagainya.

Dibandingkan dengan beton biasa, GRC memiliki fitur dan identitas fisik serta kimia yang mirip. Material ini pun menawarkan daya tahan layaknya beton yang tangguh dan tahan pakai, serta mudah diaplikasikan sesuai jenis kaca dekoratif

Awal Mula Pembentukan Material

material GRC dalam bentuk balokmaterialdistrict.com

GRC pertama dikembangkan sekitar tahun 1960-an sebagai alternatif dari beton yang diperkuat dengan material baja atau Steel Reinforced Concrete. Awalnya diproduksi sebagai bahan pelapis eksterior, material ini kini sudah bisa diolah menjadi berbagai variasi bentuk yang kompleks sebagai bagian dari komponen profil dan arsitektur bangunan. 

Idealnya, GRC cocok digunakan sebagai material hunian yang membutuhkan karakter ringan, dalam ukuran panel dan untuk eksterior bangunan modern

Keunggulan GRC

GRC menjadi dinding luar dengan pola serat warna putihpinterest.com

Keunggulan utama dari GRC board dibandingkan dengan alternatif panel beton lainnya adalah bobotnya yang lebih ringan. Alhasil, biaya transportasi, penanganan dan pendirian panel pun menjadi lebih hemat.

Dengan memanfaatkan GRC sejak dari tahap desain, kemungkinan untuk mendirikan fondasi bangunan yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis juga bisa dicapai—baik untuk bangunan hunian bertingkat rendah hingga konstruksi untuk properti bertingkat. Selain berfungsi sebagai insulasi panas dan suara yang ideal, material ini juga tidak mudah terbakar ataupun meledak sehingga dianggap sesuai untuk bangunan aman dari bencana alam.

Fungsi dalam Interior dan Eksterior

material GRC menjadi papan dekoratif sebagai railing pada balkon bangunanjustfacades.com

GRC tidak cocok digunakan sebagai elemen struktural dalam sebuah bangunan, misalnya sebagai bahan atap, dinding penahan atau bagian yang harus menahan beban tertentu. Namun, jangan menyangsikan kehebatan GRC saat digunakan untuk fungsi lain seperti penahan eksterior, panel dinding, countertop atau permukaan solid dan furniture interior seperti bak mandi, wastafel ataupun furnitur biasa. 

GRC bisa digunakan untuk rumah atau hunian pribadi, termasuk juga untuk bangunan umum seperti gedung untuk kebutuhan komersial, taman dan sejenisnya.

Aplikasi dalam Bangunan untuk Kesan Modern

power-sprays.com

Aplikasi GRC paling umum saat ini untuk hunian modern adalah sebagai bagian penahan eksterior dan interior rumah. Elemen-elemen seperti tiang rumah, bingkai jendela, papan dekoratif, fondasi lantai, bangunan modular, cetakan juga bisa dibuat dari material ini dengan keunggulan tersendiri. 

Selain digunakan dalam bidang arsitektur dan properti, aplikasi GRC juga berfungsi tinggi dalam dunia teknik. Hingga 2 juta meter persegi GRC sudah digunakan di seluruh dunia untuk kebutuhan ini, termasuk pembangunan jembatan hingga selokan.

 

Akan semakin banyak aplikasi GRC yang kian inovatif dalam berbagai cara, baik dari segi produksi, bentuk dan ukuran yang kompleks. Berkat kemajuan teknologi, GRC akan terus menjadi material favorit yang diunggulkan oleh para ahli konstruksi bangunan, arsitektur hingga desainer interior

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse