7 Cara Mudah yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengurangi Polusi Udara

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Polusi udara menjadi isu serius di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, sejumlah kota besar dinilai belum memiliki kualitas udara yang baik menurut standar dunia sehingga lama kelamaan akan berdampak buruk pada kesehatan.

Dengan mempraktikkan beberapa hal di rumah, kamu mengambil peran untuk mengurangi polusi dan meningkatkan kualitas udara sehingga lingkungan hunian semakin layak tinggal. Apa saja sih hal yang bisa kamu lakukan untuk  mengurangi polusi udara?

Bijak dalam Menggunakan Kendaraan

Bijak dalam Menggunakan Kendaraan Polusi Undaraunsplash.com/@jonny_k

Asap yang dihasilkan kendaraan merupakan penyumbang terbesar atas terjadinya polusi udara. Mulai saat ini, kamu bisa beralih dari kendaraan pribadi menggunakan transportasi umum untuk meminimalisir asap kendaraan yang bisa mencemari udara.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih moda transportasi ramah lingkungan seperti sepeda, atau berjalan kaki jika tempat tujuan yang akan kamu datangi letaknya dekat. Selain berkontribusi besar untuk mengurangi polusi udara, bersepeda dan berjalan kaki tentunya jauh lebih menyehatkan!

Buat Taman Mini di Rumah

Polusi Udara Taman Vertikalpinterest.com

Berkebun di rumah juga bisa membuat lingkungan di hunian menjadi lebih sehat dan segar. Jika terkendala lahan, kamu bisa membuat taman vertikal yang ditempatkan secara indoor ataupun outdoor atau membuat taman dengan sistem hidroponik yang tidak memerlukan media tanah.

Kurangi Rokok

Polusi Udara Rokokunsplash.com/@pawel_czerwinski

Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia yang dapat menyebabkan polusi udara. Jika mengurangi konsumsi rokok masih sulit dilakukan, kamu bisa melakukan beberapa upaya untuk mengurangi polusi udara seperti tidak merokok di sembarang tempat dan mencari area khusus merokok, serta menghindari konsumsi rokok berdekatan dengan anak karena terdapat risiko tinggi terkena penyakit pernafasan.

Mengurangi Produk Kemasan

Mengurangi Produk Kemasan Polusi Udaraunsplash.com/@flpschi

Plastik, kardus dan aluminium merupakan menyumbang terbesar atas polusi udara. Sebaiknya, kamu mulai memperhatikan penggunaan produk kemasan seperti memilih kemasan yang dilengkapi label daur ulang, membawa tas kain belanja sendiri saat berbelanja di swalayan, membeli produk hasil bumi dan meninggalkan produk yang dikemas dalam bentuk kaleng atau beku.

Selain itu, hindari pula membeli produk yang dikemas menggunakan styrofoam. Styrofoam merupakan bahan yang sulit didaur ulang dan berkontribusi besar terhadap polusi melalui pelepasan hidrokarbon, sehingga baiknya kamu membawa wadah makanan sendiri atau meminta penjual makanan untuk mengemasnya menggunakan wadah berbahan kardus.

Kurangi Penggunaan Alat Elektronik

Polusi Udara Alat Elektronikunsplash.com/@rawpixel

Himbauan untuk mematikan lampu saat meninggalkan ruangan sangatlah penting untuk diikuti karena tindakan kecil tersebut berperan besar dalam mengurangi polusi udara. Mulai dari sekarang, jangan hanya sekadar mematikan lampu, namun meminimalisir penggunaan alat elektronik lain seperti mencabut kabel listrik jika tidak digunakan, menggunakan alat elektronik seperti lampu dan pendingin ruangan yang hemat energi, atau menggunakan satu lampu utama di hunian saat malam hari.

Gunakan Perabotan Vintage

Polusi UdaraGunakan Perabotan Vintagepinterest.com

Faktanya, produksi perabotan baru memberikan dampak besar polusi udara. Sekarang, tak ada salahnya untuk mendatangi toko vintage yang menjual perabotan bekas karena selain menghemat uang dan bisa mengurangi polusi udara, kamu pun bisa menemukan perabotan anti-mainstream yang akan mempercantik interior hunian kamu.

Polusi Udara Kurangi Pemakaian Bahan Kimia

red-on-line.com

Terakhir, kamu bisa mengganti bahan kimia yang biasanya digunakan sebagai cairan pembersih dapur, alat makan atau pakaian dengan bahan alami yang ramah lingkungan. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan campuran soda dan cuka untuk membersihkan dapur atau kamar mandi yang kualitasnya tak kalah baik ketimbang cairan pembersih kemasan.

Meskipun sederhana, kamu bisa mulai mempraktikkan hal di atas sebagai upaya untuk  mengurangi polusi udara. Jangan lupa, simak terus artikel terbaru dari Kania yang akan diperbaharui setiap hari di Dekoruma.com!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse