Hindari Rumah Kemasukkan Pencuri dengan 7 Lampu Teras Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Memiliki teras rumah yang menawan adalah dambaan setiap orang. Lampu teras berperan penting dalam menyempurnakan desain teras. Dengan adanya lampu teras, keindahan teras tidak hanya bisa disaksikan di siang hari, namun juga dapat dinikmati pada malam hari.

Selain berfungsi sebagai pendukung elemen estetika teras, pemasangan lampu teras juga menghindari resiko dan ancaman keamanan di malam hari sebab eksterior rumah yang nampak terlalu gelap lebih mengundang perhatian pencuri.

lampu teras rumah yang terang dwell.com

Jenis lampu teras ada bermacam-macam. Masing-masing memiliki karakter pencahayaan yang berbeda, baik dalam menonjolkan elemen arsitektur maupun dalam menerangi rumah di malam hari. Apa saja jenisnya? Langsung saja simak kumpulan inspirasi lampu teras di bawah ini!

1. LED string lights

lampu teras led string lights totallandscapecare.com

Jenis lampu teras yang dikenal dengan sebutan lampu Tumblr ini tidak hanya bisa menghiasi interior rumah saja, eksterior rumah pun bisa tampil lebih spesial berkat kerlap-kerlip lampu teras ini.

Apalagi jika kamu memiliki teras yang cukup luas, menggantung  LED string lights di sekeliling teras dapat menciptakan vista luar ruangan yang menakjubkan. Pilih lampu LED yang berukuran lebih besar sehingga memberikan penerangan secara maksimal.

2. Indirect lightslampu teras indirect lights

 

dwell.com

Indirect lights atau pencahayaan tersembunyi juga termasuk jenis lampu yang umum dipakai di dalam ruangan, terlebih untuk menciptakan kesan mewah dan elegan. Sebagai lampu teras, indirect lights terbukti efektif menerangi eksterior rumah karena ia menghasilkan temperatur cahaya yang tepat untuk luar ruangan, yaitu 2700-3000 Kelvin.

Pemasangan lampu teras ini dapat dilakukan sampai ke pojok bangunan rumah sehingga tidak memungkinkan pencuri untuk mengakses area tersebut. Kehadiran orang mencurigakan  bisa terdeteksi dengan mudah.

3. Edison String Lights

lampu teras edison string lights apartmenttherapy.com

Dikenal sebagai lampu hias outdoor, Edison String Lights memang menawarkan keindahan visual luar ruangan melalui kilauan cahaya yang memikat. Warna pencahyaan yang dihasilkan lampu teras ini pun cukup hangat sehingga dapat dinikmati pemilik rumah saat berelaksasi di area teras.

lampu teras edison string lights apartmenttherapy.com

Menggantung lampu teras ini pada cabang-cabang pepohonan dapat menciptakan efek bayangan yang dramatis di malam hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa lampu teras ini tidak cukup tahan dan efisien dalam menerangi eksterior rumah karena masih berupa lampu bolham. Kamu perlu menyiapkan kocek lebih untuk mengganti lampu teras ini secara berkala.

4. Lampion LED

lampu teras lampion LED curbed.com

Bicara soal efisiensi, lampu teras jenis LED mampu menghemat energi 60-80% dari penggunaan lampu bolham atau halogen. Kini lampu teras LED hadir lebih bervariasi, termasuk dalam bentuk lampion kaca seperti ini.

Pantulan cahaya atraktif yang dihasilkan lampu teras ini membuatnya cocok ditempatkan di dasar teras atau rumput taman. Jika ingin mendatangkan kesan tersebut pada teras rumahmu, pastikan kamu memilih lampu LED berdaya 75-100 watt.

5. Task lighting pada dinding teras

lampu teras task lighting curbed.com

Task lighting atau pencahayaan terfokus perlu dipioritaskan jika ingin menonjolkan elemen eksterior tertentu, seperti pohon, kolam hias, air mancur, dan koleksi tanaman hias milikmu. Pilihlah lampu dinding berwarna terang agar warna-warna asli tanaman lebih jelas terekspos di malam hari.

Selain itu, penting juga menempatkan lampu teras jenis task lighting pada elemen arsitektur bangunan, seperti jendela dan pintu, sehingga terlihat di malam hari. Idealnya, lampu teras ini dipasang pada titik dengan mencapai seperempat tinggi pintu.

lampu teras task lighting pada dinding teras curbed.com

Task lighting untuk lampu teras dapat berupa solar lighting atau lampu bertegangan rendah (low voltage). Solar lighting dihasilkan dari energi solar atau matahari. Meski hemat energi, sayang kualitas pencahayaannya tidak sebaik lampu low voltage.

Dengan adanya lampu teras jenis task lighting, ekspresi bangunan dapat terwujud secara mendetil, visual luar ruangan pun bisa dipandang dengan jelas dari dalam rumah.

6. Lampu teras untuk jalan setapak

lampu teras sepanjang jalan setapak curbed.com

Untuk menerangi area akses di teras rumah, diperlukan jenis pencahayaan low angle. Beberapa lampu teras yang menghasilkan jenis cahaya seperti ini adalah pathway lamp, lampu sorot atau tembak, dan halogen. Ketiganya biasa dipasang di sela-sela dek kayu atau di pinggir jalan setapak yang menuju pintu masuk rumah.

lampu teras sepanjang jalan setapak rumah totallandscapecare.com

Dalam memasang lampu teras ini, kamu perlu mengetahui panjang jalur akses secara rinci sehingga lampu teras tidak dipasang terlalu berdekatan dan malah membuang-buang energi. Selain itu, pencahayaan di jalan setapak juga bisa mengandalkan instalasi lampu pada pohon atau kolom bangunan yang ada.

7. Chandelier

lampu teras chandelierdesignsponge.com

Pencahayaan langsung sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pencahayaan untuk teras yang aktif difungsikan sebagai ruang komunal. Jenis lampu gantung seperti chandelier dapat kamu pilih untuk menghadirkan kesan yang hangat dan mengundang di teras tersebut.

Pastikan juga lampu teras chandelier yang dipakai terbuat dari logam antikarat dan resistan terhadap korosi atau pelapukan cuaca, sehingga tidak merusak estetika teras.

Sistem pecahayaan yang baik pada eksterior rumah tidak hanya mampu menunjang aspek estetika semata, pemilik rumah pun jadi lebih nyaman  bersantai di teras. Dan tidak lupa, keamanan rumah dapat terjaga dengan optimal.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse