Ruang Kecil Bukan Masalah, Ini 7 Tanaman Dalam Pot yang Bisa Kamu Coba!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Idealnya, area hijau harus terdapat di setiap hunian. Area hijau dapat menyeimbangkan tampilan hunian, termasuk memberikan kesan asri, sejuk, nyaman, serta sehat pada hunian.

Namun, apa jadinya jika hunianmu memiliki luas yang sangat terbatas? Tenang saja, kamu tetap bisa menciptakan area hijau dengan menambahkan tanaman dalam pot. Selain tidak memakan tempat, tanaman dalam pot umumnya cukup mudah dalam hal perawatan sehingga tak akan menyulitkanmu.

Di bawah ini, Kania punya rekomendasi 7 tanaman dalam pot yang bisa kamu tempatkan di bagian outdoor maupun indoor rumahmu. Apa saja itu? Berikut daftarnya!

Money Tree

Tanaman Dalam Pot Money Baggivingplants.com

Dikenal juga dengan nama Pachira, tanaman dalam pot yang satu ini punya tampilan yang sangat menarik. Dengan bentuk fisik daun menyerupai jari runcing, Money Tree juga mempunyai batang berbonggol sehingga tampilannya semakin menawan dan memberikan nuansa sejuk pada hunianmu. Selain itu, tanaman dalam pot ini juga sering disandingkan dengan aneka bunga keberuntungan karena dipercaya dapat memberikan efek semangat pada pemilik rumah supaya selalu giat untuk bekerja dan mendapatkan lebih banyak rezeki.


Umbrella Tree

Tanaman Dalam Pot Umbrella Treefast-growing-trees.com

Disebut juga dengan Hawaiian Scheferra, tanaman dalam pot yang satu ini dapat tumbuh dengan cepat dan memerlukan perawatan yang sangat simpel. Memiliki ciri khas pada dedaunan yang tumbuh rindang, tanaman dalam pot Umbrella Tree siap mempercantik tampilan rumahmu tanpa perlu repot merawatnya karena cukup dengan menggunting bagian ujung daun yang tumbuh secara rutin.

Spider Plant

Tanaman Dalam Pot Spideretsy.com

Sesuai dengan namanya, tanaman dalam pot yang satu ini memiliki bentuk daun panjang yang menjuntai ke bawah menyerupai kaki laba-laba. Memiliki nama ilmiah Chlorophytum comosum, kamu bisa menempatkan tanaman dalam pot ini dengan sebagai tanaman hias gantung sehingga dapat tumbuh secara sempurna. Selain mempercantik tampilan rumahmu, Spider Plant juga memiliki fungsi untuk menyaring udara sehingga rumah menjadi lebih sehat.

Sansevieria

Tanaman Dalam Pot Sansevieriagoogle.com

Tanaman dalam pot ini sedang populer karena dapat menyempurnakan tampilan rumah melalui bentuknya yang unik dan cantik. Terdiri dari 70 spesies berbeda, kamu bisa merawat salah satu jenis tanaman dalam pot jenis lidah mertua ini untuk mempercantik hunian, terlebih tanaman ini sangat mudah dalam hal perawatan, utamanya ditaruh di tempat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Aloe Vera

Tanaman Dalam Pot Aloe Veraaliexpress.com

Tentu, kamu sudah mengenal tanaman dalam pot yang satu ini karena popularitasnya yang tinggi di Indonesia. Memiliki tampilan menawan, Aloe Vera atau lidah buaya juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan karena bisa dijadikan sebagai minuman kesehatan ataupun masker untuk wajah. Lebih penting lagi, tanaman dalam pot ini memerlukan teknik perawatan yang sangat sederhana karena kamu cukup menaruhnya di dalam pot berukuran kecil atau sedang dan menyiramnya sekitar 2 minggu sekali.

Golden Pothos

Tanaman Dalam Pot Golden Pothospinterest.com

Cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, tanaman dalam pot yang satu ini disebut juga dengan nama Sirih Gading. Memiliki karakter yang kuat dan mudah tumbuh tanpa memerlukan banyak perawatan, Golden Pothos juga termasuk tanaman dalam pot yang digolongkan dalam tanaman merambat dengan daun halus berbentuk hati yang sangat cantik.

Sukulen

Tanaman Dalam Pot Sukulenpinterest.com

Memiliki banyak variasi bentuk yang khas, tanaman dalam pot bernama sukulen ini siap menyempurnakan tampilan hunianmu. Ya, kamu bisa memilih salah satu jenis tanaman sukulen untuk dijadikan elemen dekorasi interior karena dapat memberikan kesan tropis yang sangat natural. Tak memerlukan banyak perawatan, tanaman dalam pot ini cukup ditempatkan di tanah kering, menyiramnya sesekali dan menjemurnya di daerah yang terpapar sinar matahari.


7 jenis tanaman dalam pot di atas sangat cocok untuk ditempatkan pada hunian berukuran terbatas. Jangan lupa, kamu juga bisa menemukan berbagai tanaman dalam pot menarik melalui Dekoruma, lho! Tertarik merawat tanaman dalam pot untuk menyempurnakan hunianmu?

Kalau kamu sedang mencari aneka perabotan rumah, Dekoruma jual Lion Star yang menyediakan aneka produk kebutuhan rumah tangga berbahan dasar plastik, mulai dari kotak makan, kursi, hingga tempat sampah. Dekoruma juga jual lampu gantung untuk pencahayaan tambahan di hunianmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!

Voucher Dekohouse