Kain Microfiber, Solusi Terbaik Pembersih Perabotan Rumah Tangga

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Saat debu mulai menumpuk pada perabotan atau cairan tumpah ke lantai, insting kamu pasti untuk mengambil kain lap ataupun baju bekas yang tidak terpakai untuk membersihkannya. Namun, tahukah kamu bahwa menggunakan kain microfiber dapat membantu membersihkan debu secara menyeluruh sekaligus menyerap air yang tumpah dengan cepat?

Sebagai salah satu kain lap yang umum digunakan, kain microfiber atau lap microfiber memang ampuh dalam membersihkan segala jenis kotoran. Nah, sebelum kamu membeli kain microfiber, ada baiknya kamu memahami lebih dalam mengenainya.

Apa itu kain microfiber?

kain microfiber warna-warni ditumpuk satu sama lainshutterstock.com

Kain microfiber adalah salah satu alat rumah tangga berupa sebuah kain sintetis yang terbuat dari 80 persen bahan polyester dan 20 persen polyamide. Jenis kain ini memiliki serat yang sangat halus dan memiliki diameter sekitar 0,0006 mm. Kain ini memiliki tekstur yang sangat lembut, bahkan 10 kali lebih lembut dari sutera.

Mengapa disebut microfiber? Saat kamu melihat detail kain ini, kamu bisa melihat partikel benang yang sangat tipis, lalu dipotong-potong lagi menjadi beberapa bagian. Bayangkan betapa tipis dan lembutnya kain microfiber ini! Benang-benang ini pun mampu menangkap debu, kotoran, hingga bakteri dengan jumlah lebih banyak ketimbang kain lap biasa.

kain microfiber hijau untuk membersihkan permukaan ovenshutterstock.com

Kain microfiber sangat ampuh dalam membersihkan kotoran. Sekali usap, kamu bisa mendapatkan hasil akhir yang memukau. Pula, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak energi dan waktu. Dalam menampung air, kain ini mampu menyerap air sebanyak delapan kali berat kain tersebut.

Secara umum, kain microfiber berguna untuk membersihkan kotoran. Namun, ada variasi khusus yang dipakai untuk membersihkan furniture rumah tertentu. Berikut adalah empat jenis kain microfiber yang perlu kamu ketahui.

Kain microfiber serbaguna

kain microfiber pink dipegang oleh perempuan memakai sarung tangan karet kuningshutterstock.com

Jenis ini digunakan untuk membersihkan kotoran secara umum, seperti di dapur, di atas lemari atau rak buku, dan lainnya. Bentuknya seperti handuk kecil dan mudah dibawa ke manapun.

Kain microfiber ultra plush

lap mobil dengan kain microfiber ultra plush warna biruautofinesse.co.uk

Bentuknya hampir mirip dengan jenis sebelumnya, tetapi ukurannya lebih besar dan lebih tebal. Jika kamu tak sengaja menumpahkan air atau cairan lain ke lantai, kamu bisa menggunakan kain ini. Ia mampu menyerap air dengan cepat dalam jumlah yang banyak sehingga kamu tidak perlu memerasnya berkali-kali.

Kain microfiber khusus kaca dan elektronik

kain microfiber warna hijau untuk membersihkan kacamatashutterstock.com

Berbeda dengan dua kain di atas, permukaan kain microfiber ini rata dan tidak terdapat benang-benang lembut yang timbul. Kain ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada kaca, seperti cermin, jendela, hingga barang-barang lain yang terbuat dari kaca. Kamu juga bisa menggunakan kain ini untuk membersihkan debu pada peralatan elektronik, seperti layar komputer, laptop, handphone, tablet, dan televisi.

Kain microfiber waffle weave

kain microfiber waffle weave warna netral dan pastel dalam wadah kayujanrod.co

Kain ini memiliki bentuk permukaan kotak-kotak kecil dan mampu mengering dengan cepat. Karena kelebihannya ini, kain microfiber waffle weave sangat cocok digunakan untuk mengeringkan piring yang sudah dicuci hingga mengeringkan tanganmu.

Cara merawat kain microfiber

seseorang membersihkan kaca dengan kain microfiber hijaushutterstock.com

Perawatan kain microfiber berbeda dengan kain lap biasanya. Kamu harus memerhatikan beberapa hal saat menggunakannya hingga mencucinya. Ketika kamu ingin membersihkan lemari atau kabinet, kamu tidak perlu menggunakan obat pembersih kimia tambahan. Cukup menggunakan air, sabun cuci biasa, atau cuka, kotoran langsung hilang seketika.

seorang wanita ingin mencuci kain microfiber di mesin cucishutterstock.com

Sebelum mencuci dalam mesin cuci, sebaiknya bilas kain microfiber terlebih dahulu. Kotoran dan debu yang menempel dibersihkan terlebih dahulu sehingga saat masuk mesin cuci, kain tidak membawa bakteri apa pun yang bisa mengotori pakaian lain.

Gunakan air dingin dan deterjen biasa untuk mencucinya. Jangan keringkan di bawah panas matahari yang terlalu terik karena bisa melelehkan komponen benang kain. Cukup gantungkan saja dalam ruangan kosong dengan suhu yang sedang. Pula, jangan menggunakan pelembut karena bisa membuat benang-benang kain kusut.

kain microfiber warna cerah di atas ubin pinkshutterstock.com

Sangat mudah untuk menemukan kain microfiber di pasaran, mulai dari toko kelontong hingga pusat perbelanjaan. Pilih jenis kain sesuai kebutuhan kamu. Dijamin, kain microfiber bisa menghilangkan debu dan bakteri dalam sekali usap sehingga menghemat waktu dan tenagamu.

Sedang mencari furnitur untuk melengkapi hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual laci, kabinet, lemari pakaian, meja makan, dan tempat tidur dengan aneka model serta ukuran.

Selain furnitur, ragam jenis kasur dari merek-merek ternama juga ada di Dekoruma, lho! Dekoruma jual Guhdo, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Materialnya berkualitas dan harganya pun ramah di kantong. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse