Yuk, Sayangi Lingkungan! Ini 6 Kreasi Daur Ulang Bahan Bekas

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Isu kerusakan lingkungan kian marak seiring bertambahnya waktu. Karena sudah terlanjur tidak bisa mencegahnya, yang bisa kita lakukan saat ini hanyalah berusaha mengurangi permasalahan tersebut dengan cara melakukan daur ulang bahan bekas.

Lihatlah ke sekelilingmu. Pastinya ada beberapa benda yang bisa dijadikan daur ulang bahan bekas. Misalnya saja plastik, pakaian, majalah, dan sebagainya yang sulit terurai. Alih-alih membuangnya begitu saja dengan sembarang hingga memperparah kerusakan lingkungan, sebaiknya kamu intip ide kreasi daur ulang bahan bekas berikut ini!

1. Daur ulang bahan bekas menggunakan kepingan CD

Daur ulang bahan bekas menggunakan kepingan CDboredpanda.com

Apakah kamu seseorang yang suka menonton atau menyimpan data menggunakan CD? Kalau kepingan CD tersebut sudah tidak terpakai, jangan langsung dibuang begitu saja ya. Manfaatkan CD tersebut untuk daur ulang bahan bekas sebagai pelapis permukaan benda. Misalnya saja untuk permukaan piring kemudian gantungkan pada dinding menjadi sebuah hiasan cantik. Kalau terkena cahaya, pantulannya bagaikan pelangi di dalam rumah.

Caranya sangat mudah kok. Kamu hanya perlu mengunting kepingan CD dalam bentuk bebas, kemudian rekatkan ke permukaan benda menggunakan lem serbaguna.

2. Daur ulang bahan bekas menjadi wadah lampu

Daur ulang bahan bekas menjadi wadah lampuboredpanda.com

Semua rumah pasti membutuhkan lampu sebagai sumber pencahayaan. Agar lampu terlihat lebih menarik, coba cari perlengkapan yang bisa dijadikan daur ulang bahan bekas. Misalnya saja alat parut sebagai kap lampu di atas meja makan atau skateboard kesayangan yang sudah rusak rodanya dan digantikan dengan bohlam kecil.

3. Daur ulang bahan bekas dari baju

Daur ulang bahan bekas dari bajuhgtv.com

Punya baju kesayangan yang sudah kekecilan atau rusak di beberapa bagian, namun sayang membuangnya? Sepertinya permasalahan ini sering sekali dihadapi banyak orang. Supaya tetap bisa menatapnya, coba kamu buat daur ulang bahan bekas dari baju menjadi sebuah sarung bantal.

Tanpa mengandalkan keahlian menjahit profesional, kamu bisa melakukan daur ulang bahan bekas ini dengan mudah. Cukup masukkan saja bantal sofa ke dalam baju tersebut, kemudian jahit bagian pinggirnya agar ukurannya pas dan posisinya stabil. Kalau terlalu malas untuk menjahit, kamu bisa mengikat bagian lengan dan ujung pakaian untuk merapikannya.

4. Daur ulang bahan bekas menjadi tatakan gelas

Daur ulang bahan bekas menjadi tatakan gelasblogspot.com

Tutup botol dari kaleng seperti ini sering ditemui dalam kehidupan sehari. Sebut saja dari botol kecap dan botol minuman bersoda. Kalau kamu termasuk pengguna botol-botol tersebut, simpanlah tutupnya. Jika sudah banyak, kamu bisa merekatnya menjadi satu dan menggunakannya sebagai alas gelas yang unik. Untuk merekatkannya hanya dibutuhkan lem serbaguna atau lem tembak. Mudah, kan?

Kalau tidak suka menggunakan tatakan gelas, kamu juga melakukan daur ulang bahan bekas ini menjadi hiasan pigura cermin atau hiasan permukaan meja.

5. Daur ulang bahan bekas dari celana jeans

Daur ulang bahan bekas dari celana jeans

Kepopuleran celana jeans memang tidak lekang oleh waktu. Tapi setelah beberapa tahun penggunaan, bahan celana jeans bisa saja mengalami robek di beberapa bagian hingga tidak layak untuk digunakan lagi. Jangan buru-buru membuangnya karena bagian kantong celana jeans bisa dijadikan material daur ulang bahan bekas.

Caranya adalah potong bagian kantong belakang, kemudian tempelkan di papan dan gunakan sebagai wadah penyimpanan unik. Bisa dipasang di area dinding meja kantor atau belajar di rumah.

6. Daur ulang bahan bekas dari ban

Daur ulang bahan bekas dari banthedaintydressdiaries.com

Kebanyakkan orang akan menyerahkan ban bekas mereka ke bengkel. Padahal kalau kamu mau mengubah sedikit, ban ini bisa menjadi material daur ulang bahan bekas menjadi sesuatu yang unik seperti wadah tanaman. Tidak sulit kok, cat saja ban tersebut kemudian gantungkan di dinding taman. Setelah itu, letakkan tanaman di bagian dalamnya. Hemat uang untuk membeli pot juga, kan?

Sudah mengurangi sampah, rumah jadi terlihat unik juga. Yuk, mulai daur ulang bahan bekas yang ada di sekitarmu!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual meja komputer, kursi makan, sofa, bahkan jasa desain interior juga tersedia. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse