7 Dekorasi Terarium Unik, Buat Sendiri Juga Bisa!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Keberadaan tanaman hias di dalam ruangan memang dapat memberikan rasa rileks sekaligus memperbaiki suasana hati. Namun luas ruangan yang sempit malah membatasi penempatan tanaman hias. Dengan terarium, tidak hanya tanaman hias keindahan taman pun bisa langsung dihadirkan di atas meja.

Inovasi taman di dalam kaca ini ditemukan secara tidak sengaja dalam percobaan yang dilakukan ilmuwan Nathaniel B. Ward. Saat itu Ward tengah merancang ekosistem mini dalam tabung kimia. Semenjak percobaan Ward berhasil, terarium marak diaplikasikan oleh para pecinta tanaman hias.

  shutterstock.com

Kini wadah kaca untuk terarium kian variatif bentuknya. Tidak hanya vas berbahan kaca, beberapa benda yang ada disekitar rumah juga dapat dimanfaatkan untuk membuat terarium sendiri.

Sebelum mengenali benda apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai terarium, ada baiknya untuk kamu mengetahui dua jenis terarium dan tanamannya terlebih dahulu.

Tanaman untuk Terarium

 nymag.com

Tanaman yang dapat tumbuh di dalam terarium memiliki karakteristik tersendiri. Karena wadah tanamnya memiliki ukuran terbatas bahkan tertutup, tanaman terarium haruslah merupakan jenis tanaman hias berdaun kecil, berbatang lunak, dan tidak tumbuh meninggi secara signifikan.

Tanaman yang tumbuh secara melingkar (roset), merambat, dan menjalar juga bisa ditanam di dalam terarium, asalkan laju pertumbuhannya cukup lambat.

pinterest.com

Tanaman tersebut juga harus tahan akan tingkat kelembapan yang  tinggi dan toleran terhadap kurangnya pasokan sinar matahari. Dari dua kondisi tersebut, maka tanaman terarium dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu terarium basah yang tahan dengan kelembapan ringgi dan terarium kering yang bisa tumbuh dalam kondisi minim cahaya.

Terarium pinterest.com

Beberapa jenis tanaman untuk terarium kering di antaranya adalah kaktus, sukulen, bintang bumi (cryptanthrus). Selain berukuran mungil, ketiga tanaman terarium ini termasuk lambat pertumbuhannya.

Sedangkan pada terarium basah, kamu bisa menampilkan komposisi taman kaca yang lebih berwarna dengan tanaman dari famili calathe dan marrantha, dracaena, fittonia, dan gesneriaceae. Sebagian besar tanaman terarium ini tampil menarik dengan rambut-rambut halus dan daun berwarna-warni.

1. Terarium dari Cangkir Kaca

 homedit.com

Wadah sederhana yang dapat dimanfaatkan sebagai terarium adalah cangkir kaca. Konsep taman air cocok untuk diaplikasikan di dalam cangkir kaca. Maka dari itu, pilihlah tanaman air yang tidak memerlukan permukaan luas untuk tumbuh. Karena ukurannya yang kecil, terarium dari cangkir kaca dapat digunakan sebagai pemanis di atas meja.

2. Air Plant dari Lampu Bolham

  pinterest.com

Lampu bolham yang telah habis masa pakainya sebaiknya jangan dibuang dulu. Cabut perangkat listrik yang terdapat di dalam lampu bolham dan ganti isinya dengan media tanam dan tanaman terarium. Layaknya lampu yang berfungsi, rangkaian terarium dari lampu bolham bisa digantung di bagian plafon ruangan dengan memasang tali pada bagian ujungnya.

3. Terarium untuk Hiasan Dinding

  nymag.com

Selain ditempatkan di atas furnitur dan digantung di area plafon, terarium juga bisa dijadikan hiasan dinding yang menarik dengan memanfaatkan kotak akrilik bekas.

Tempel alat penggantung baju di bagian dinding, kemudian gantung miring terarium dari kotak akrilik yang telah dilubangi sebelumnya sehingga bentuknya terlihat seperti ketupat. Konsep terarium dapat dibuat bagai taman kering agar pas digunakan sebagai dekorasi dinding di ruangan minimalis.

4. Terarium dari Berbagai Wadah Kaca

 livemint.com

Toples, vas bunga berbahan kaca, dan wadah akuarium dapat menjadi medium yang baik untuk terarium. Wadah-wadah ini berukuran lebih besar dibandingkan vas terarium pada umumnya sehingga kamu bisa menanam berbagai jenis tanaman terarium yang berukuran lebih besar. Lubang udara yang besar juga memberikan efek pengudaraan yang baik bagi tumbuhnya tanaman.

5. Terarium dari Mason Jar

 pinterest.com

Dikalangan pecinta DIY, mason jar dikenal amat serbaguna dan mudah dimodifikasi menjadi beragam pernik dekorasi. Menjadikannya sebagai wadah untuk terarium pun ternyata tak kalah menarik. Selain Mason Jar, botol dan gelas kaca termasuk wadah minuman yang juga bisa dipakai untuk terarium.

6. Terarium Modern dari Wadah Aksesoris

Terarium dari tempat aksesorisshutterstock.com

Manfaatkan kotak perhiasan berbahan kaca atau akrilik sebagai medium untuk terarium. Saat sudah terisi dengan media tanam dan tanaman terarium, tampilan kotak aksesoris pun serupa dengan wadah terarium modern yang berkesan mewah. Tempatkan wadah ini pada meja kerjamu untuk memancarkan kesegaran.

7. Terarium dari Mangkuk Kaca

 pinterest.com

Modifikasi bisa dilakukan pada terarium dari mangkuk kaca, seperti menutup dengan pelat metalik sehingga terarium ini dapat difungsikan sebagai air plant yang elegan. Cara yang lebih simpel adalah dengan membalik posisi lubang udara ke bagian depan, terarium pun terlihat seperti bola kaca ajaib.

nymag.com

Sudah tau mau mencoba kreasi terarium yang mana? Jika kamu berhasil membuat terarium sendiri perhatikan cara perawatannya juga, ya.

Perawatan tanaman yang tumbuh di dalam terarium sama seperti merawat tanaman hias dalam pot pada umumnya. Kebutuhan akan air dapat dipenuhi dengan cara menyiramnya secara berkala, namun periode penyiraman bisa dilangsungkan lebih lama, 2-4 minggu sekali misalnya agar kondisinya tidak terlalu lembab.

Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse