Ruang Tamu Terasa Kosong? Hidupkan dengan 7 Kursi Sofa Minimalis Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kurang lengkap rasanya jika ruang tamu hanya terisi oleh satu sofa dan coffee table saja. Meski mengusung konsep minimalis, ruangan yang sengaja dibiarkan minim furnitur malah bisa membuat tamu yang berkunjung jadi merasa kurang nyaman. Kursi sofa minimalis dapat menjadi tempat duduk tambahan sekaligus perabot pelengkap untuk ruangan yang terlalu kosong.

dua kursi sofa minimalis berwarna merah dengan bantal dekorasi warna kuning di ruang keluarga stylebyemilyhenderson.com

Apalagi jika ruang tamu juga difungsikan sebagai ruang keluarga, kenyamanan sulit dicapai jika hanya mengandalkan sofa dan coffee table saja. Berbeda dengan jenis kursi pada umumnya, kursi sofa minimalis memiliki bantalan duduk yang empuk layaknya sofa.

Namun memilih kursi sofa minimalis yang cocok untuk mendampingi sofa utama yang telah ada tidaklah mudah. Untuk itu, kali ini Kania telah menyiapkan beberapa inspirasi desain kursi sofa minimalis yang dapat kamu jadikan pilihan untuk menciptakan tampilan ruang tamu yang lebih memukau.

1. Mewah dengan kursi sofa berbahan velvet

kursi sofa minimalis berbahan velvet berwarna kuning dan bantal dekorasi berbulu

Bahan velvet sangat identik dengan kesan mewah. Jika kamu menginginkan kesan mewah di ruang tamu milikmu, menghadirkan kursi sofa minimalis berbahan velvet ini dapat menjadi andalan. Tak hanya itu, warna pada bahan velvet dapat menjadi warna utama untuk mencari dekorasi dengan warna sepadan.

2. Square (Box) armchair

kursi sofa minimalis warna abu-abu dengan kaki kayu

Kesan minimalis yang maksimal dapat kamu peroleh dengan menempatkan kursi sofa minimalis ini sebagai pelengkap sofa utama. Berbentuk kotak dengan lengan kursi yang tertutup, armchair yang empuk ini lebih baik dikombinasikan dengan sofa panjang yang berbentuk serupa. Dengan begitu, perpaduan perabot-perabot ini akan terlihat lebih harmonis pada ruang tamu.

3. Nuansa minimalis klasik dari kursi sofa kayu

kursi sofa minimalis dengan kerangka kayu di dekat jendela dan lampu lantai

Material kayu dan sentuhan desain klasik merupakan kombinasi apik untuk sebuah perabot seperti yang terlihat pada kursi sofa minimalis ini. Desainnya yang unik justru membuatnya mudah membaur saat dikombinasikan dengan berbagai furniture. Apapun desain sofa utamamu, memilih kursi sofa dengan desain klasik tak akan pernah salah, malah dapat menambah nilai estetik ruangan.

kursi sofa minimalis dengan lengan kayu di depan sofa dua dudukan di atas karpet  stylebyemilyhenderson.com

Saat menata ruang tamu, tempatkan kursi sofa minimalis ini berhadapan dengan sofa utama atau menyamping di sebelahnya sehingga tampak membentuk huruf L. Keberadaan coffee table dan karpet penuh aksen di antara kursi sofa dan sofa utama dapat menyeimbangkan perpaduan desain sekaligus warna dan motif yang muncul.

4. Eames lounge chair

kursi sofa minimalis eames lounge chair bahan kulit dengan rodadwell.com

Kursi sofa minimalis ini memiliki bentuk yang ikonik. Mengambil nama dari desainernya yaitu Charles dan Ray Eames, kursi Eames dianggap sebagai salah satu jenis kursi paling nyaman dan fungsional di dunia.

Memiliki desain vintage yang tak ada duanya, kursi sofa minimalis ini membawa nuansa yang berbeda ke dalam ruangan. Alas duduknya terbuat dari material kulit yang mengilap dan tekstur kayu yang menonjol memberikan aksen natural pada kursi ini.

kursi sofa minimalis eames lounge chair di sudut kamar tidur  dwell.com

Eames lounge chair dikenal sebagai perabot yang digunakan untuk bersantai. Selain memiliki dudukan kursi yang empuk dan nyaman, kursi sofa minimalis ini juga dilengkapi dengan ottoman sehingga penggunanya dapat menyandarkan kaki di sana. Sudut ruangan kosong dekat jendela menjadi titik yang paling tepat untuk menempatkan kursi sofa minimalis ini.

5. Kesan futuristik dari kursi sofa minimalis

kursi sofa minimalis warna merah melengkung di ruang tamu dengan dinding penuh bingkai posterstylebyemilyhenderson.com

Kehadiran detail di dalam ruangan dapat memberikan perubahan besar terhadap suasana ruang. Detail tersebut tidak hanya muncul dari motif dan aksen dekorasi semata, bentuk perabot yang tidak umum juga menyumbang detail unik pada kesatuan identitas ruang.

kursi sofa minimalis melengkung warna birudwell.com

Sebagaimana yang diperlihatkan kursi sofa minimalis dengan lekuk huruf S ini, desainnya yang begitu minimalis malah menambah detail yang berarti di dalam ruangan. Tempatkan kursi sofa minimalis ini bersamaan dengan sofa kulit sehingga menghasilkan kesan futuristik.

6. Kursi sofa minimalis yang multifungsi

kursi sofa minimalis warna biru dengan kaki kayu

Jika kamu membutuhkan kursi sofa minimalis yang dapat berfungsi sebagai alas duduk di beberapa ruangan, gunakanlah kursi sofa minimalis yang satu ini. Desainnya yang ramping memungkinkan kursi sofa minimalis ini ditempatkan sebagai pelengkap sofa di ruang tamu, pengganti kursi di meja kerja, dan kursi untuk ruang makan.

7. Kursi sofa minimalis untuk area outdoor

kursi sofa minimalis dengan kerangka jaring-jaring besi warna perunggu dan putihdwell.com

Bagaimana dengan area outdoor? Kursi sofa minimalis seperti apa, sih, yang cocok ditempatkan untuk area outdoor? Pastikan kamu menggunakan kursi sofa minimalis yang antiair dan tidak mudah lapuk, seperti kursi dengan kerangka besi berpola jaring ini.

Karena terbuat dari besi, pengecatan ulang pun bisa dilakukan jika kamu ingin menyesuaikan dengan perubahan suasana ruang. Terdapat pilihan perabot lainnya untuk model kursi outdoor seperti ini, yaitu perabot dari anyaman rotan dan kursi bambu. Tidak hanya di luar ruangan, kenyamanan kursi sofa minimalis ini juga bisa kamu bawa masuk ke dalam ruangan.

kursi sofa minimalis dari besi dengan alas duduk berbulu dan bantalpinterest.com

Ukuran, warna, dan motif yang muncul pada kursi sofa minimalis harus disesuaikan dengan desain sofa utama sehingga menghasilkan perpaduan furnitur yang harmonis. Dari ketujuh model kursi sofa minimalis di atas mana yang cocok menemani dan melengkapi sofa utama di ruang tamu milikmu?

Jangan lupa, kamu juga bisa lho meramaikan ruang tamu yang kosong dengan aneka dekorasi menarik! Kalau bingung di mana bisa mendapatkannya, Dekoruma jual VIVERE, merek dekorasi terkenal dengan beragam pilihan jenis, mulai dari jam dinding, vas bunga, hingga sarung bantal sofa.

Selain dekorasi, di Dekoruma juga ada beragam pilihan furnitur. Dekoruma jual meja makan, rak dinding, tempat tidur, dan kursi malas. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!

Voucher Dekohouse