Kembali Bersih dan Kinclong, Ini 9 Cara Membersihkan Kamar Mandi

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Membersihkan kamar mandi adalah hal yang paling memberatkan. Kita harus berhadapan dengan kotoran-kotoran yang menjijikkan. Jika dipikir kembali, kamar mandi merupakan ruangan di mana kita bisa membersihkan tubuh sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti menyanyi dan membaca buku. Maka dari itu, kamar mandi harus tetap menjadi ruangan yang bersih agar kita pun bisa nyaman berlama-lama di sana.

Cara Membersihkan Kamar Mandishutterstock.com

Jika kamu bingung harus memulai dari mana, kamu bisa mengikuti cara membersihkan kamar mandi yang akan dibagikan di bawah ini. Sebelum memulainya, pastikan kamu memiliki waktu luang yang lama untuk menerapkan cara membersihkan kamar mandi. Gunakan pakaian yang nyaman. Yuk, kita mulai bersih-bersih kamar mandi!

Keluarkan semua barang dalam kamar mandi

Cara Membersihkan Kamar Mandi 1: Keluarkan Semua Barang Dalam Kamar Mandishutterstock.com

Langkah pertama dalam cara membersihkan kamar mandi adalah mengeluarkan semua barang yang ada di dalamnya. Masukkan pakaian dan handuk kotor ke dalam keranjang baju kotor. Shampoo, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan alat mandi lainnya harus dikeluarkan. Hal ini dilakukan agar barang-barang tersebut tidak menghalangimu saat menerapkan cara membersihkan kamar mandi.

Sambil mengeluarkan barang-barang tersebut, cobalah untuk sekalian membersihkannya dari debu-debu hingga kotoran yang menyelip. Isi kembali botol sabun atau shampoo apabila sudah mulai habis. Buang barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Hilangkan sarang laba-laba di langit-langit kamar mandi

Cara Membersihkan Kamar Mandi 2: Hilangkan Sarang Laba-Laba di Langit-Langit Kamar Mandishutterstock.com

Biasanya, pada langit-langit kamar mandi terdapat sarang laba-laba dan debu. Untuk membersihkannya, gunakan sapu pembersih langit-langit. Cara membersihkan kamar mandi ini bisa kamu terapkan mulai dari tiap sudut langit-langit hingga bagian tengah. Pastikan bahwa tidak ada kotoran yang masih melayang.

Bersihkan rak atau kabinet kamar mandi dari debu

Cara Membersihkan Kamar Mandi 3: Bersihkan Rak atau Kabinet Kamar Mandi Dari Debushutterstock.com

Setelah membersihkan langit-langit, bersihkan rak atau kabinet penyimpanan dari debu. Gunakan kain microfiber dan beri air sedikit sebagai media untuk mengusir debu tersebut. Cara membersihkan kamar mandi ini harus dilakukan agar bakteri dan debu tidak jadi sarang penyakit. Setelah itu, lap dengan kain microfiber yang kering.

Lap kotoran dari cermin

Cara Membersihkan Kamar Mandi 4: Lap Kotoran Dari Cermin

shutterstock.com

Cermin merupakan hal yang penting dalam kamar mandi. Maka dari itu, cermin harus selalu dalam keadaan bersih agar kamu bisa menggunakannya untuk berdandan atau sekedar bercermin saja. Langkah pertama dari cara membersihkan kamar mandi bagian cermin yaitu gunakan kain microfiber basah yang sudah dibersihkan untuk mengelap kotoran yang menempel di cermin. Selanjutnya, semprotkan sabun khusus kaca atau cermin dan bersihkan menggunakan wiper atau alat kebersihan lainnya.

Cara Membersihkan Kamar Mandi 4: Lap Kotoran Dari Cerminshutterstock.com

Cara membersihkan kamar mandi ini juga bisa diterapkan apabila kamu memiliki sekat pemisah shower dan toilet dalam bentuk kaca. Lakukan hal yang sama hingga kaca benar-benar bersih dan jernih.

Bersihkan wastafel dari kotoran dan kerak membandel

Cara Membersihkan Kamar Mandi 5: Bersihkan Wastafel Dari Kotoran dan Kerak Membandelshutterstock.com

Cara membersihkan kamar mandi selanjutnya, gunakan spons untuk membersihkan wastafel. Tuangkan sedikit sabun pembersih dan mulai untuk menggosokannya pada wastafel dan kran air. Apabila terdapat noda yang terselip, gunakan sikat gigi untuk menyikatnya. Setelah itu, buka kran air dan gunakan tanganmu untuk membilasnya.

Gosok closet menggunakan sikat dan sabun pembersih

Cara Membersihkan Kamar Mandi 6: Gosok Kloset Menggunakan Sikat dan Sabun Pembersihshutterstock.com

Sumber utama bau tak sedap dalam kamar mandi berasal dari kloset. Maka dari itu, closet harus dibersihkan hingga tidak menyisakan bau. Cara membersihkan kamar mandi ini bisa kamu mulai dengan menuangkan pembersih khusus ke dalam closet. Diamkan beberapa saat dan gosok closet hingga ke sudut-sudut terdalamnya dengan sikat closet.

Cara Membersihkan Kamar Mandi 6: Gosok Kloset Menggunakan Sikat dan Sabun Pembersihshutterstock.com

Setelah itu, tekan tombol flush atau siram dengan air untuk membuang sabun beserta kotorannya. Jangan lupa untuk membersihkan dudukan dan sandaran closet. Cara membersihkan closet duduk dan jongkok berbeda, lho.

Apabila kamu menggunakan closet duduk, jangan lupa untuk membersihkan sandaran closet dari debu. Sementara untuk closet jongkok, sikat alas kaki dan sekitarnya dengan sabun pembersih lantai hingga bersih. Akhiri cara membersihkan kamar mandi ini dengan menyiramkan air. Kalau kamu juga punya bidet, jangan lupa bersihkan bidet dengan cara yang sama seperti di atas.

Tidak hanya sampai pada tahap membersihkan saja, pastikan juga kamu selalu mengecek keadaan kloset secara rutin. Jika mulai mampet, kamu harus segera menerapkan cara mengatasi WC mampet agar tidak semakin parah.

Sikat dinding keramik kamar mandi hingga bersih

Cara Membersihkan Kamar Mandi 7: Sikat Dinding Keramik Kamar Mandi Hingga Bersih

shutterstock.com

Dinding kamar mandi juga perlu dibersihkan. Cara membersihkan kamar mandi ini bisa kamu mulai dengan menyemprotkan sabun pembersih khusus dinding kamar mandi dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, gosok dengan sikat hingga bersih dan gunakan sikat gigi untuk bagian sela-selanya. Bilas menggunakan air shower atau air bak.

Bersihkan shower, bath tub, atau bak mandi

Cara Membersihkan Kamar Mandi 8: Bersihkan Shower, Bath Tub, Atau Bak Mandishutterstock.com

Shower, bath tub, dan bak mandi adalah tiga benda yang digunakan untuk mengalirkan dan menampung air. Higienitasnya harus selalu dijaga. Cara membersihkan kamar mandi di bagian ini adalah dengan membersihkan shower menggunakan sikat gigi dan sabun pembersih. Sikat shower dan krannya hingga sela-sela tersempit.

Cara Membersihkan Kamar Mandi 8: Bersihkan Shower, Bath Tub, Atau Bak Mandishutterstock.com

Khusus untuk bath tub dan bak mandi biasa, langkah membersihkannya sama. Mulailah cara membersihkan kamar mandi dengan mengeluarkan seluruh air hingga bath tub dan bak mandi kosong. Tuangkan sabun pembersih dan diamkan beberapa saat. Gosok dengan sikat hingga ke sudut-sudutnya. Cara membersihkan kamar mandi ini ditutup dengan membilasnya dengan air bersih dan lap dengan kain microfiber kering.

Sikat lantai kamar mandi

Cara Membersihkan Kamar Mandi 9: Sikat Lantai Kamar Mandishutterstock.com

Cara membersihkan kamar mandi yang terakhir adalah menyikat keramik lantai kamar mandi. Cara ini paling menguras tenaga karena kamu harus menyikatnya hingga ke sela-sela lantai dan kerak yang membandel. Tuangkan sabun pembersih di atas lantai dan diamkan. Sikat hingga bersih.

Apabila ada noda atau kerak yang membandel, tuangkan sabun pembersih lagi dan sikat kembali. Khusus untuk sela-sela, gunakan sikat gigi agar hasilnya lebih maksimal. Bilas dengan air bersih dan tunggu hingga kering. Sentuhan terakhir dari cara membersihkan kamar mandi ini, masukkan kembali barang-barang kamar mandi dan tata dengan rapi.

Cara Membersihkan Kamar Mandi Akan Lebih Mudah Dikerjakan Bersama-Samashutterstock.com

Wow, proses yang sangat panjang, ya? Meski cara membersihkan kamar mandi ini terbilang banyak, kamu akan menerima hasil yang memuaskan, yaitu kamar mandi yang bersih dan higienis. Lakukan cara membersihkan kamar mandi di atas bersama keluarga atau temanmu. Dengan melakukan cara membersihkan kamar mandi bersama-sama, dijamin rasa capek itu akan berkurang.

Sebagai catatan, jangan lupa untuk membuka pintu kamar mandi atau menyalakan exhaust selama proses pembersihan agar sirkulasi udara tetap ada. Terakhir, selalu bersihkan kain microfiber dan sikat setiap kamu berpindah membersihkan benda lainnya. Semangat!

Temukan ragam furnitur berkualitas dengan harga bersahabat untuk rumahmu hanya di Dekoruma! Dekoruma jual tempat tidur, laci, sofa, rak tv, dan lemari pakaian. Model dan ukurannya pun bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan desain rumahmu. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse