Ibu Harus Tahu 6 Cara Mengusir Semut Dengan Bahan dan Alat Dapur

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Salah satu hal yang dibenci para ibu rumah tangga adalah semut. Kehadirannya bisa mengganggu aktivitas memasak dalam dapur. Karena di dapur terdapat banyak bahan makanan yang mengandung rasa manis, semut berbondong-bondong datang untuk mengambilnya. Bahan makanan pun terkontaminasi semut-semut kecil dan dapur jadi kotor.

Cara Mengusir Semutshutterstock.com

Ada banyak cara mengusir semut yang ditawarkan, mulai dari yang alami hingga kimia. Namun, Kania menyarankan kamu, para ibu rumah tangga, untuk menggunakan cara mengusir semut yang alami. Selain lebih ramah lingkungan, cara mengusir semut alami juga aman untuk anak-anak. Pula, bahan yang digunakan juga berasal dari dapur dan nggak mahal. Penasaran apa saja bahan alami yang dipakai sebagai cara mengusir semut? Mari kita simak di bawah ini.

Buah Lemon

Cara Mengusir Semut: Buah Lemonunsplash.com/@rawpixel

Selain sebagai bahan memasak serta minuman, buah lemon juga bermanfaat untuk menjauhkan semut dari dapur. Cara mengusir semut ini bisa kamu mulai dengan menaruh sari lemon yang sudah diperas di ambang pintu dan kusen jendela dapur. Sebarkan juga sari lemon di lubang-lubang atau retakan tembok yang berpotensi jadi jalan semut masuk.

Cara Mengusir Semut: Buah Lemonshutterstock.com

Tidak hanya sarinya, kamu juga bisa menggunakan kulit buah lemon sebagai cara mengusir semut. Potong kulit lemon dalam ukuran yang kecil. Kemudian, taruh potongan kulit tersebut di sekitar pintu masuk dapur atau di dekat akses masuk dapur. Semut dijamin nggak bakal berani masuk ke dapur karena ia benci bau khas yang dihasilkan buah lemon.

Tepung

Semut juga kerap kali kita temui di lemari penyimpanan makanan. Padahal, kita sudah menutup lemari rapat-rapat. Untuk mengatasi hal ini, tak ada salahnya bila kamu menggunakan tepung sebagai cara mengusir semut. Bagaimana caranya?

Cara Mengusir Semut: Tepungshutterstock.com

Taburkan tepung dengan membentuk garis yang sesuai dengan lekuk lemari makanan. Apabila semut mulai masuk ke lemari, ia akan terhalangi oleh garis tepung tersebut sehingga ia akan mundur dan pergi dari lemari makananmu.

Garam

Cara Mengusir Semut: Garamshutterstock.com

Memiliki rasa yang berlawanan dengan gula, rasa asin yang dimiliki garam bisa membuat semut terbirit-birit pergi. Cara mengusir semut yang satu ini bisa dikatakan sangat praktis karena garam merupakan bahan memasak yang wajib dimiliki semua ibu rumah tangga. Cukup dengan menaburkan garam secukupnya di sekitar frame pintu. Kamu juga bisa menerapkan cara mengusir semut ini dengan menaruhnya di jalan yang biasanya dilewati semut untuk mencuri bahan makananmu.

Kulit Jeruk

Cara Mengusir Semut: Kulit Jerukshutterstock.com

Buah jeruk memang terkenal dengan rasanya yang manis sehingga jeruk juga digemari oleh semut. Dengan kenyataan yang seperti ini, kok bisa jeruk dijadikan cara mengusir semut? Ya, jeruk bisa jadi cara mengusir semut dengan menggunakan kulit buahnya.

Ambil beberapa kulit jeruk dan blender dengan mencampurkan satu cangkir air hangat. Setelah halus, langsung tuang campuran tersebut secara perlahan ke sarang semut. Cara mengusir semut langsung ke sarangnya merupakan langkah yang tepat. Hal ini dikarenakan ratu semut berada di dalamnya sehingga saat ia mati, ia tidak mampu mengirimkan tentara semut lagi untuk mencari makanan.

Cuka

Cara Mengusir Semut: Cukashutterstock.com

Berbeda dengan bahan makanan lain, cuka bisa jadi cara mengusir semut yang paling praktis. Mulailah dengan mencampurkan cuka dengan air dalam porsi yang sama. Taruh campuran tersebut dalam botol spray kecil.

Ketika kamu menemukan sarang semut di dalam dapur atau bagian rumah lain, gunakan cara mengusir semut ini dengan langsung menyemprotkannya. Botol spray ini juga bisa kamu bawa saat pergi piknik bersama buah hati di taman terbuka untuk melindunginya dari gigitan semut nakal.

Wadah/Tempat Makan Berisi Air

Cara Mengusir Semut: Wadah/Tempat Makan Berisi Airshutterstock.com

Cara mengusir semut ini nampaknya sudah banyak diterapkan. Bagi kamu yang belum tahu cara mengusir semut satu ini, kamu hanya membutuhkan wadah atau tempat makan. Isi wadah tersebut dengan air secukupnya. Taruh bahan makanan berbotol atau dalam kemasan antiair yang berpotensi dikerumuni semut, seperti kecap dan susu kental manis, dalam wadah tersebut.

Tak hanya bahan makanan dalam kemasan, wadah isi air juga bisa digunakan di bawah kaki-kaki meja makan. Agar cara mengusir semut ini nggak membawa bahaya baru bagi rumah, kamu harus mengganti air secara rutin. Selain membuang semut yang tergenang, kamu juga bisa menghindari perkembangbiakkan jentik nyamuk.

Bagaimana? Cara mengusir semut di atas mudah diterapkan dan ekonomis, bukan? Saat ingin menerapkan cara mengusir semut tersebut, kamu perlu ingat bahwa sebaiknya kamu langsung menyerang sarang semutnya karena terdapat si ratu semut. Jika semut diserang saat dalam perjalanan mengambil makanan, ratu semut akan semakin banyak mengirimkan tentara semut.

Cara Mengusir Semut: Simpan Makanan Dalam Wadah

Higienitas juga perlu kamu terapkan. Simpan semua bahan makanan dalam wadah yang tertutup rapat, baik itu tempat makan plastik maupun besi. Jika ada remah-remah makanan yang terjatuh, segera bersihkan. Dengan menjaga kebersihan rumah, semut pun malas datang karena ia tidak bisa mengakses sumber makanannya. Selamat menerapkan cara mengusir semut di atas!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse