Dari Banyak Lemari Pendingin, Mana yang Kamu Butuhkan?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Lemari pendingin adalah perabot rumah tangga yang wajib ada. Fungsinya untuk mendinginkan makanan minuman serta menjaga keawetan bahan makanan seperti sayur, buah, dan daging. Lemari pendingin pun terdiri dari banyak jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Kira-kira lemari pendingin seperti apa yang kamu butuhkan?

1. Lemari pendingin jenis top freezer

Lemari pendingin jenis top freezer

homedepot.com

Sesuai dengan namanya, lemari pendingin top freezer adalah lemari pendingin dengan bagian freezer yang ditempatkan di atas. Lemari pendingin ini adalah yang paling umum digunakan oleh keluarga Indonesia, terutama keluarga kecil yang jarang memasak atau mengolah makanan. Lemari dua pintu ini tersedia dalam aneka ukuran mulai dari 30 hingga 33 inchi.

2. Lemari pendingin jenis bottom freezer

Lemari pendingin jenis bottom freezer

Kebalikan dari jenis top freezer, lemari pendingin jenis bottom freezer ini menempatkan freezer pada bagian bawah. Lemari pendingin ini cocok untuk kamu yang jarang membuka freezer. Dengan demikian kamu tidak perlu membungkuk ketika hendak mencari atau menempatkan bahan makanan di kulkas. Untuk jenis bottom freezer, pintunya ada yang model bukaan samping dan ditarik atau menyerupai laci. Dibandingkan dengan top freezer, jenis bottom freezer ini dijual dengan harga yang lebih mahal.

3. Lemari pendingin jenis side by side

Lemari pendingin jenis side by side

Lemari pendingin berikutnya memiliki 2 pintu di bagian kanan dan kiri. Satu sisi merupakan kulkas biasa sedangkan sisi lainnya merupakan freezer. Meski sejajar, luas kulkas tetap dibuat lebih besar daripada luas freezer. Secara keseluruhan ukurannya cukup slim sehingga cocok untuk desain dapur kecil. Hanya saja kamu jadi tidak bisa meletakkan makanan berukuran besar di lemari pendingin ini. Pada beberapa merek, lemari ini juga dilengkapi dengan dispenser air dan es batu. Harganya cukup mahal, namun penggunaan listriknya normal.

4. Lemari pendingin jenis satu pintu

Lemari pendingin jenis satu pintu

Ada lagi lemari pendingin yang sangat sederhana yaitu jenis satu pintu. Ukurannya kecil, namun saat kamu membukanya akan terlihat bagian freezer di bagian atas yang dipisahkan oleh pintu plastik. Freezer di sini tidak sedingin freezer lainnya, tapi cukup berfungsi untuk membekukan air dan menyimpan daging mentah untuk beberapa saat. Lemari pendingin ini cocok untuk anak kos.

5. Lemari pendingin khusus freezer

 Lemari pendingin khusus freezer

Lemari pendingin juga ada yang dibuat khusus freezer alias membekukan daging dan cairan. Freezer ini terbagi atas deep freezer dan chest freezer. Chest freezer bentuknya menyerupai lemari pendingin biasa dengan satu pintu dan beberapa rak. Sedangkan deep freezer menyerupai peti dengan pintu bukaan di bagian atas seperti yang sering kamu temui di supermarket. Lemari pendingin seperti ini cocok untuk kamu yang membuka usaha makanan dan minuman atau pun senang mengolah makanan serba daging.

6. Lemari pendingin jenis showcase

Lemari pendingin jenis showcase

Pernah melihat lemari pendingin khusus minuman yang ada di minimarket? Namanya adalah showcase dan pintunya dibuat dari kaca atau plastik bening. Dengan demikian, kamu bisa melihat ada makanan dan minuman apa saja di dalam lemari pendingin tersebut tanpa membukanya terlebih dahulu. Hal ini jelas lebih efisien karena membuka pintu lemari pendingin terlalu lama bisa membuat boros listrik dan isi lemari mudah rusak. Jenis yang satu ini cocok untuk kamu yang membuka usaha minuman atau suka menyimpan aneka minuman ringan untuk dibagikan kepada tamu.

Jadi, lemari pendingin mana yang kamu butuhkan di rumah?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse