Maksimalkan Lahan Kecil Dengan 6 Desain Dapur Sempit yang Efisien

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Acap kali kita menemukan rumah dan apartemen dengan lahan yang sempit sehingga ruangan-ruangan yang ada juga memiliki area gerak terbatas, termasuk dapur. Dapur yang kerap kali menjadi playground ibu rumah tangga untuk menghasilkan makanan lezat kebanyakan memiliki ruang yang luas. Namun dengan fenomena rumah dan apartemen sempit ini, otomatis dapur juga menyempit.

Hal ini nggak boleh menghalangimu. Kamu harus memaksimalkan lahan yang sempit ini dengan mengaplikasikan desain dapur sempit supaya kamu tetap bisa memasak dengan lebih menyenangkan. Jika kamu bingung mau menggunakan desain dapur sempit yang seperti apa, maka kamu bisa melihat enam desain dapur sempit di bawah ini.

Desain Dapur Sempit Memanjang

Desain Dapur Sempit Memanjanghgtv.com

Salah satu hack untuk mengakali dapur sempit adalah dengan menggunakan desain dapur sempit yang memanjang. Meski sesak, kamu tetap bisa menaruh kitchen set lengkap di sebelah kanan beserta dengan alat elektronik pelengkap, seperti microwave dan oven. Untuk kulkas dan rak untuk menggantungkan alat memasak seperti wajan, kamu bisa meletakkannya di sebelah kiri dapur.

Desain Dapur Sempit Khas Industrial

Desain Dapur Sempit Khas Industrialapartmenttheraphy.com

Sempit bukan jadi halangan kamu untuk menerapkan gaya interior kesayangan. Jika kamu suka dengan gaya industrial, kamu bisa mencoba desain dapur sempit ini. Biarkan dinding terlihat unfinished dengan bata eksposnya. Pasang kitchen set dengan bahan dominan besi karena besi merupakan unsur industrial yang utama juga.

Tak lupa, gunakan beberapa furnitur lama seperti kayu penyangga dan pot bunga tua sebagai penghias pada desain dapur sempit industrial ini. Dijamin, desain dapur sempit satu ini membuat suasana memasak jadi lebih menenangkan dan homey.

Desain Dapur Satu Sisi

Desain Dapur Satu Sisiarchitecturaldigest.com

Biasanya, ruang makan dan dapur terletak pada jarak yang berdekatan atau bersebelahan. Dalam kasus ini, kamu bisa menyiasatinya dengan desain dapur sempit dengan meja makan pada satu sisi dinding. Kompor, wastafel, dan kabinet dikumpulkan di sisi dan sudut kanan. Jika kamu merasa kesempitan saat menyiapkan bahan masakan, meja makan yang terletak di depan dapur bisa kamu gunakan, lho.

Desain Dapur Sempit Bersudut

Desain Dapur Sempit Bersuduthgtv.com

Nggak melulu menempel di satu sisi dinding, dapur juga bisa didesain dengan sudut tambahan untuk memberi batasan antar ruangan. Selain itu, sudut tambahan pada desain dapur sempit minimalis ini bisa menghalangi buah hati agar tidak mengganggumu saat memasak. Pula, ia nggak akan kecipratan minyak panas.

Seperti biasa, taruh kompor, oven, dan segala macamnya di sisi dapur yang menempel pada dinding. Nah, pada sudut tambahan ini, pasang wastafel untuk mencuci piring dan peralatan memasak yang kotor. Pula, sudut tambahan pada desain dapur sempit ini juga bisa jadi tempat untuk menyiapkan bahan masakan.

Desain Dapur Langit-Langit Tinggi

Desain Dapur Langit-Langit Tinggipinterest.com

Apabila luas rumahmu sempit tetapi memiliki langit-langit tinggi, bersyukurlah. Mengapa? Langit-langit atau plafon akan membuatnya terlihat luas. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi.

Kombinasi warna dinding, desain lantai, dan plafon pada desain dapur sempit ini sangat apik. Motif segitiga abu-abu putih mewarnai dinding dan lantai. Plafon kuning dengan ukiran klasik khas kerajaan Inggris dilengkapi dengan lampu gantung mewah. Di desain dapur sempit ini, masukkan perlengkapan dapur yang dibutuhkan saja. Jika terlalu banyak barang, kesan mewah desain dapur sempit akan hilang seketika.

Desain Dapur Sempit dengan Ventilasi

Desain Dapur Sempit dengan Ventilasipinterest.com

Tak hanya kamar tidur, dapur pun juga memerlukan ventilasi. Sama seperti desain dapur sempit tanpa kitchen set ini. Sudut ruangan yang memiliki jendela bisa diubah menjadi dapur apik. Taruh wastafel pencuci piring dan alat masak di dekat jendela dan kompor di dinding.

Karena sudah ada jendela, kehadiran cooker hood tidak diperlukan lagi pada desain dapur sempit sederhana satu ini. Asap masakan akan keluar dengan sendirinya dan nggak berputar dalam rumah. Supaya dinding dapur tetap terlihat bersih, pasang gantungan alat masak di langit-langit dapur. Tak lupa, taruh tanaman dalam ruangan demi dapur yang lebih alami.

Dari enam desain dapur sempit di atas, mana yang kamu pilih? Pada intinya, luas lahan yang sempit bukan jadi halangan kamu untuk berkreativitas dalam mendesain ruangan.  Justru, lahan sempit pada dapur bisa mempercepatmu memasak. Plus, jangan memasukkan banyak barang dalam dapur. Masukkan alat serta bahan yang dibutuhkan saja supaya tidak memenuhi dapur.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse