Hati-hati, Salah Pilih Wajan Bisa Menyebabkan Kanker!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bagi orang yang awam dalam hal memasak, mereka tidak akan mementingkan jenis wajan yang digunakan. Pasalnya mereka lebih mementingkan kenyamanan dan yang penting bisa digunakan untuk beragam masakan. Lain halnya dengan orang yang suka masak, dapur mereka pasti akan dipenuhi dengan berbagai jenis wajan.

Memilih wajan bisa dilakukan berdasarkan kebutuhan atau makanan yang akan dimasak. Selain itu, kamu juga perlu berhati-hati saat memilih karena ada wajan yang bisa menyebabkan kanker! Supaya tidak salah pilih, coba simak pembahasan berikut.

1. Wajan jenis frypan

Wajan jenis frypanlecreuset.com

Wajan jenis ini memiliki bentuk yang datar dan ukurannya beragam. Biasanya digunakan untuk menggoreng telur atau menumis makanan. Kalau kamu mau membuat roti panggang tapi tidak mempunyai toaster, wajan jenis frypan ini bisa jadi penggantinya.

2. Wajan jenis wok

Wajan jenis wokindependent.co.uk

Kalau wajan jenis wok ini pasti sudah tidak asing lagi bagimu. Bentuknya cekung dengan dua pegangan di sisi kiri dan kanan. Wajan wok biasanya digunakan untuk menggoreng makanan dengan minyak yang banyak. Kalau mau membuat nasi atau bihun goreng pun sangat cocok karena cekungannya dalam dan pada saat mengaduk tidak akan tumpah keluar wajan.

3. Wajan untuk memanggang

Wajan untuk memanggangyoutube.com

Tahukah kamu kalau ada wajan khusus untuk memanggang daging? Namanya adalah alat pangganggrill pan dan griddle pan. Grill pan memiliki permukaan bergaris-garis sehingga daging yang dipanggang pun memiliki pola garis-garis dan terlihat lebih menarik. Sedangkan griddle pan memiliki permukaan yang polos sehingga daging yang dipanggang pun terlihat polos.

4. Wajan teflon

Wajan teflonnonstickpansshop.com

Berikutnya ada wajan teflon. Teflon merupakan lapisan hitam yang sifatnya anti lengket. Jika menggunakan wajan ini, bahan makanan tidak akan menempel dan tampilannya tetap indah. Sangat cocok untuk menggoreng ikan yang terkenal lengket dan juga gorengan bertepung. Bentuknya ada yang menyerupai wok dan frypan.

5. Wajan mana yang bisa menyebabkan kanker?

Wajan mana yang bisa menyebabkan kanker?salon.com

Wajan yang bisa menyebabkan kanker adalah wajan teflon. Lapisan teflon sendiri mengandung zat politetrafluoroentilena. Pada saat digunakan untuk memasak, zat tersebut bisa menempel ke makanan. Terlebih lagi jika lapisan tersebut sudah tergores atau mengelupas.

Zat yang sudah mengontaminasi makanan tersebut memiliki efek karsinogenik yang mampu memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh seseorang. Kanker sendiri dikenal sebagai penyakit yang mematikan dan sulit disembuhkan.

Selain kanker, zat berbahaya yang dikandung teflon juga bisa menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, sel saraf, dan juga hormon.

6. Cara merawat wajan teflon untuk mengurangi resiko terkena kanker

Cara merawat wajan teflon untuk mengurangi resiko terkena kankerkitchenstewardship.com

Melihat keunggulan wajan teflon yang anti lengket dan cukup berperan pada hasil masakan, menyingkirkan teflon dari dapur tentu menjadi hal yang sulit. Tapi tenang saja karena dengan perlakuan khusus, teflon tidak akan berbahaya bagi kesehatan.

Biasakan untuk tidak memanaskan teflon tanpa minyak atau mentega. Jika dipanaskan dalam keadaan kosong, zat berbahaya akan menguap dan mudah terhirup oleh manusia yang berakibat pada demam. Jangan lupa untuk menyalakan cooker hood atau jendela supaya udara di dapur tetap bersih.

Ketika memasak menggunakan wajan teflon, pilihlah spatula dari kayu atau silikon. Penggunaan spatula dari stainless steel akan membuat lapisan teflon mudah tergores dan menempel pada makanan. Jika ingin mencuci teflon, gunakanlah spons yang lembut agar tidak menggores lapisannya.

Supaya lebih mudah saat mencuci, rendamlah teflon tersebut menggunakan air. Tapi sebelumnya biarkan teflon dingin terlebih dahulu supaya zat berbahayanya tidak bereaksi ketika terkena air. Jika teflon sudah tergores, sebaiknya langsung ganti dengan yang baru.

Jangan sampai salah pilih dan memperlakukan wajan hingga berujung pada penyakit kanker, ya!

Temukan ragam furnitur dan peralatan rumah tangga untuk melengkapi hunianmu di Dekoruma! Dekoruma juga jual Green Leaf, yaitu merek peralatan dapur terkenal yang menyediakan cetakan agar-agar, wadah bahan memasak, dan tong sampah kecil yang berkualitas. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse