Sering Diabaikan, Begini Cara Mengatur Pencahayaan di Rumah Agar Lebih Nyaman

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengatur pencahayaan di rumah kerap kali disepelekan bahkan cenderung diabaikan. Padahal pencahayaan memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kenyamanan beraktivitas baik di dalam maupun di luar rumah. Ruangan tidak dapat berfungsi secara optimal tanpa adanya pencahayaan yang tepat.

Selain itu, pencahayaan interior menjadi sentuhan akhir yang dapat meningkatkan estetika sehingga rumah semakin sedap dipandang mata. Pada malam hari, pencahayaan eksterior turut menghidupkan tampilan sekaligus menjaga keamanan rumah.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis pencahayaan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penerangan di rumah, yaitu pencahyaan alami yang diperoleh dari cahaya matahari dan pencahayaan buatan yang dihasilkan dari lampu atau lilin. Kali ini Kania akan membahas jenis pencahayaan buatan seperti apa yang dibutuhkan tiap-tiap ruangan.

Pencahayaan di Ruang Tamu

Pencahayaan Ruang Tamu home-designing.com

Jenis pencahayaan yang diaplikasikan pada ruangan ini bergantung dengan luas dan penataan funitur. Pada ruang tamu yang cukup luas sehingga memungkinkan dilakukan pembagian area, pencahayaan sentral (general/ambience lighting) diletakkan di area yang menjadi pusat berkumpul.

Pilih lampu dengan intensitas cahaya sedang sehingga menciptakan kesan hangat dan intim. Pada tiap-tiap sudutnya bisa ditambahkan lapisan pencahayaan dari lampu lantai dan lampu meja.

Pencahayaan Sudut Ruang Tamu stylebyemilyhenderson.com

Sedangkan pada ruang tamu yang tidak terlalu besar, cahaya dapat dipantulkan ke arah plafon atau dinding agar ruangan terkesan lebih luas. Selain itu, gunakanlah general lighting yang mampu mendistribusi cahaya secara merata.

Permainan pencahayaan dapat diciptakan melalui lampu dinding yang fokus menyorot elemen yang menjadi focal point ruangan atau dekorasi ruang tamu yang menghadirkan kesan tertentu.

Pencahayaan di Dapur

Pencahayaan Dapur dekoruma.com

Dapur membutuhkan pencahyaan terpusat yang maksimal untuk kelangsungan aktivitas memasak. Tempatkan task lighting berupa lampu sorot atau halogen di bagian bawah kabinet dapur yang mengarah langsung ke area kerja (counter top). Untuk keamanan memasak, tambahkan juga task lighting di bagian kompor dan oven.

Jika terdapat area kerja lain seperti kitchen island, maka pasang lampu gantung tepat di atasnya. Usahakan tidak memasang lampu yang mengarah langsung ke area akses atau tempat pengguna bermobilisasi karena dapat menciptakan bayangan yang mengganggu saat memasak.

Pencahayaan di Ruang Makan

Pencahayaan Ruang Makan home-designing.com

Ruang makan tidak memerlukan pengaturan pencahayaan yang rumit. Cukup sediakan lampu gantung atau chandelier yang menghasilkan pencahayaan sentral di atas meja. Atur tinggi dan rendahnya lampu sesuai dengan kesan yang ingin ditampilkan.

Jika terdapat sudut ruangan yang gelap, lampu meja dengan sinar redup dapat ditambahkan sebagai penerang sekaligus sebagai aksen pencahayaan.

Pencahayaan di Kamar Tidur

Pencahayaan Kamar Tidur home-designing.com

Ciptakan kesan rileks dan nyaman di kamar tidur dengan pencahayaan sentral berwarna kekuningan. Pastikan bolham lampu yang diaplikasikan sebagai pencahayaan sentral terlindungi sempuna di dalam rumah lampu sehingga tidak menghasilkan efek silau. Pasanglah dimmer untuk mengatur intesitas pencahayaan agar bisa disesuaikan dengan aktivitas.

Pencahayaan Dekoratif di Kamar Tidur home-designing.com

Tambahkan pencahayaan dekoratif, seperti lampu tumblr, lampu LED berwarna, dan lampu hias lainnya untuk kamat tidur yang lebih meriah. Jika kamar tidur ikut difungsikan sebagai ruang kerja, task lighting pada meja tentunya tidak boleh tertinggal.

Pencahayaan di Kamar Mandi

Pencahayaan Kamar Mandi ikea.com

Diperlukan pencahayaan direct pada plafon yang dapat menerangi seluruh bagian kamar mandi. Pada area kering, pasang side lighting di kedua sisi cermin karena pencahyaan yang diletakkan di atas cermin justru menciptakan bayangan yang menghalangi refleksi cahaya yang sebenarnya.

Pencahayaan di Teras

Pencahayaan Teras dwell.com

Untuk menjaga keamanan rumah, kombinasikan berbagai jenis pencahayaan di luar ruangan. General lighting dapat ditempatkan pada bagian depan teras, sedangkan sudut teras dapat diterangi dengan pencahayaan setempat, berupa lampu dinding.

Keindahan teras juga perlu dinikmati di malam hari. Gunakanlah pencahayaan berwarna putih untuk menampilkan hijaunya tanamana hias dan pencahayaan kecoklatan untuk menegaskan tekstur ranting serta batang pohon.

Pencahayaan Dekoratif di Teras amara.com

Selain memiliki peranan penting dalam menciptakan kenyamanan dan keamanan hunian, pencahayaan turut menunjang estetika tampilan rumah. Kini, semestinya kamu tak perlu bingung lagi dalam menentukan pencahayaan setiap ruangan di rumah. Pastikan kamu memilih jenis lampu LED yang hemat energi sehingga pengaturan pencahayaan tidak menguras pengeluaran bulananmu.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse