Sentuhan Warna Emas, Hadirkan Kesan Elegan dengan Mudah di Ruangan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tidak banyak yang berani mengaplikasikan warna emas pada ruangan sebab warna emas dikenal memiliki impresi yang begitu kuat. Khawatir karena begitu kuatnya, warna emas malah memberikan tampilan yang berlebihan ke dalam ruangan. Padahal sentuhan warna emas dapat dengan mudah menciptakan kesan elegan dan mewah secara bersamaan.

Memang diperlukan kiat khusus untuk mengaplikasikan warna emas. Apabila terlalu dominan kesan glamor dari warna emas rentan luntur dan malah berganti menghadirkan kesan yang norak. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa inspirasi penerapan warna emas ini dapat kamu tiru idenya. Yuk, langsung saja simak pilihan inspirasinya!

1. Warna Emas untuk Konsep Art Deco di Ruangan

  home-designing.com

Konsep art deco mulanya populer di tahun 1920-an, kemudian kembali meledak di tahun 1980. Seakan tidak pernah redup, art deco pun semakin memengaruhi perkembangan desain interior masa kini.

Bertolak belakang dengan konsep minimalis, konsep art deco tampil berani dengan memunculkan banyak permainan aksen dan warna, khususnya warna-warna metalik seperti warna emas.

 home-designing.com

Pada konsep ini warna emas tampil dominan bersama dengan motif bergaya desain retro dan furnitur bergaya mid century. Warna emas hadir dalam berbagai wujud, mulai dari dekorasi berbentuk geometris sampai furnitur dengan lekuk angular.

Pada konsep art deco, warna emas berperan sebagai elemen pengendali yang menyeimbangkan berbagai perpaduan pola artistik yang ada.

2. Kombinasikan Warna Emas dengan Bahan Velvet

  weheartit.com

Penerapan warna emas dapat diseimbangkan dengan memilih material yang mendukung tampilannya. Bahan velvet merupakan material yang memiliki kesan serupa dengan bahan emas. Keduanya dapat berpadu serasi, seperti pada kursi makan berbahan velvet pink dengan sentuhan warna emas pada kakinya ini.

  home-designing.com

Tidak harus bersandingan secara langsung dengan warna emas, bahan velvet dapat dihadirkan lewat elemen yang berbeda. Sebagaimana yang diperlihatkan ruang tamu yang menjadikan warna emas dan bahan velvet sebagai aksennya ini. Warna emas tampil pada furnitur, sedangkan bahan velvet menambah permainan tekstur di area duduk melalui cushion dan pillow floor.

3. Aksen Menarik dari Warna Emas

   lonny.com

Warna emas dapat menjadi focal point ruangan yang menarik perhatian saat tampil dalam wujud-wujud unik, seperti pada kaki meja dan bingkai cermin ini. Selain sebagai focal point, ekspresi unik yang ditampilkannya juga dapat memberikan efek visual yang mendalam.

 home-designing.com

Tapi kamu perlu hati-hati, hindari menempatkan salah satu elemen yang sama menonjolnya dengan sentuhan warna emas tersebut. Jangan sampai terdapat dua aksen yang saling berebut perhatian di dalam ruangan.

Kursi sofa dengan penyanggah kayu ini misalnya, sekilas memang tampak unik, namun jadi terkesan berlebihan saat disandingkan dengan karpet bulu, lampu lantai, dan cermin warna emas.

4. Furnitur Ramping Berwarna Emas

 lonny.com

Warna emas juga dapat melengkapi tampilan di ruangan sempit. Malah dapat menjadi elemen penyeimbang di antara bentuk, pola, dan warna yang nampak pada ruangan sempit tersebut. Contohnya ketika warna emas hadir sebagai aksen pada kaki furnitur berdesain ramping.

Sekalipun kamu memiliki furnitur dengan desain serupa, namun tidak memiliki kaki atau menampilkan aksen warna emas. Kamu dapat berkesperimen dengan memoles furnitur tersebut dengan cat semprot atau akrilik.

5. Terapkan Pada Perlengkapan Interior

  home-designing.com

Selain pada furnitur dan elemen dekorasi, warna emas dapat diterapkan pada perlengkapan interior atau home fixtures, seperti keran air, ganggang pintu, engsel pintu, lampu meja, dan lampu gantung. Penerapan warna emas pada elemen ini membuatnya mudah dipadukan dengan berbagai warna.

 lonny.com

Kabinet dapur atau credenza tv dapat dibalut dengan warna-warna solid dan pekat, warna emas dapat hadir sebagai fitur yang menciptakan kontras di antaranya. Bahkan warna emas dapat membuat perpaduan warna monokrom jadi tampil lebih dinamis.

6. Warna Emas sebagai Aksesoris

lonny.com

Salah satu cara mudah menghias ruangan dengan warna emas adalah dengan menjadikan warna emas sebagai unsur pendukung. Seperti menempatkan aksesoris warna emas di rak display dan memajang kolase foto yang berbingkai emas. Kamu bisa berkreasi dengan mewarnai bingkai foto yang ada dengan tinta warna emas atau melapisinya dengan gold foil.

  lonny.com

Menempatkan koleksi tanaman hias pada pot tanaman warna emas juga dapat menjadi ide menarik. Siapa sangka kalau nuansa natural dapat berpadu harmonis dengan warna emas. Selai itu,tampilan metalik yang tercipta dari warna emas tentunya dapat menyempurnakan konsep interior yang diusung.

7. Semakin Modern dengan Kaca dan Cermin

 lonny.com

Ciptakan kesan modern yang kuat dengan memadukan warna emas dengan elemen yang menghadirkan kesan transparan dan kilap. Kombinasi warna emas dengan kaca dan cermin ini misalnya, ketiganya menampilkan ketajaman warna yang memikat sehingga sangat cocok diaplikasikan pada interior berkonsep modern atau minimalis.

Ternyata dengan penataan dan perpaduan yang serasi warna emas cocok untuk diaplikasikan pada interior rumah, ekspresi yang ditampilkannya juga begitu kuat. Kamu pun nggak perlu ragu lagi pastinya dalam mengaplikasikan warna emas ini.

Jangan lupa, lengkapi juga hunianmu dengan aneka dekorasi dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual jam dinding unik, hiasan dinding, dan karpet dengan aneka model yang bisa disesuaikan dengan konsep ruangan elegan milikmu. Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma sekarang juga!

Jika ingin memiliki desain apartemen seperti di atas kamu juga bisa menggunakan jasa interior apartemen dari DekorumaHome. Hasil desain yang menarik dapat kamu peroleh secara efisien dalam proses pengerjaan yang tepat waktu dengan harga transparan!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse