Punya Usaha Baru? Ikuti 8 Tips Mendesain Tata Ruang Kantor Ideal!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Fakta mencatat bahwa seseorang akan menghabiskan waktu sekitar 40 jam per minggu bekerja di kantor. Terlebih lagi buat kalian pengusaha baru yang sedang meniti karir, bisa diprediksi kalau jam terbang kantor akan jauh melebihi angka tersebut. Otomatis, tata ruang kantor yang paling ideal wajib menjadi perhatian.

Selain penting untuk kenyamanan, tata ruang kantor yang baik juga bisa memicu kinerja dan produktivitas. Langsung simak delapan tips mendesain tata ruang kantor yang cocok untuk kalian, para pengusaha baru.

1. Perencanaan matang

perempuan dengan kertas berserakan di meja menulis tata ruang kantorshutterstock.com

Dalam mendesain tata ruang kantor, perencanaan matang harus dilakukan agar desain ruang kantor sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan secara keseluruhan. Putuskan juga apakah lebih baik mempekerjakan jasa desain interior untuk memastikan tata ruang kantor yang terbaik.

Terakhir, pastikan rencana kamu juga sudah mencakup kebutuhan individual dari para karyawan. Bahkan jika memungkinkan, coba tanyakan kepada mereka apa saja spesifikasi yang mereka inginkan dari perangkat kantor paling menunjang di tata ruang kantor kamu.

2. Investasi dalam furnitur

tata ruang kantor dengan furnitur kayu dan kursi kantor merahallmakes.com

Kualitas wajib menjadi prioritas dalam memilih furnitur bagi kantor. Desain furnitur memengaruhi tata ruang kantor sehingga perlu diperhatikan juga. Walaupun menguras modal awal usaha kamu, furniture berkualitas akan menjadi investasi yang menunjang produktivitas dalam jangka panjang.

Mulailah dengan mencari meja dan kursi kantor yang ergonomis. Pelajari mekanisme furnitur, termasuk kelebaran, ketinggian, fungsi, material dan sebagainya supaya tata ruang kantor semakin apik.

3. Pencahayaan terbaik

tata ruang kantor dengan pencahayaan alami melalui jendela besareco-business.com

Riset membuktikan kalau pencahayaan tata ruang kantor bisa mempengaruhi produktivitas, kesehatan, dan semangat kerja seseorang. Sebelum memutuskan membeli lampu atau instalasi tertentu, coba telusuri sekali lagi ruangan kantor untuk tata ruang kantor terbaik dari segi penerangan.

Usahakan untuk mendapatkan pencahayaan alami di titik yang memungkinkan. Sedangkan untuk areal yang tidak terjangkau sinar matahari, pertimbangkan untuk memasang lampu langit-langit dengan pijar lembut menyerupai sinar natural.

4. Antisipasi kondisi kantor berantakan

tata ruang kantor dengan rak buku satu dinding dengan lantai kayushutterstock.com

Saat membangun atau mendesain kantor baru, pertimbangkan berbagai cara untuk menghindari ruang kerja yang berantakan. Tata ruang kantor yang rapi memerlukan rak dan penyimpanan yang memadai.

Selain itu, setiap peralatan kantor, mulai dari alat tulis hingga perangkat elektronik, harus disimpan dalam kotak penyimpanan khusus agar tata ruang kantor tetap terorganisasi.

5. Hadirkan elemen-elemen wajib

tata ruang kantor dengan dinding penuh foto dan tanaman di atas sekat ruangandezeen.com

Beberapa elemen ruangan yang wajib hadir di tata ruang kantor dan terbukti bisa meningkatkan produktivitas kerja antara lain berbagai jenis tanaman dalam ruangan, dekorasi bersifat motivasi seperti pernak-pernik dinding, dan perangkat teknologi untuk menunjang kinerja perusahaan.

Pastikan tata ruang kantor akan bisa mengakomodasi elemen ini dengan baik supaya kamu tinggal menempatkan seluruh benda ini dengan tepat.

6. Komunikasi efektif

tata ruang kantor tanpa sekat ruangan dengan meja kerja saling berhadapanrobert-murray.com

Tata ruang kantor yang baik harus mampu memfasilitasi komunikasi yang efektif antara para karyawan. Tempatkan satu divisi di area yang berdekatan, dan sediakan perangkat yang mendukung kinerja mereka.

7. Ciptakan ruang relaksasi

tata ruang kantor dengan tempat relaksasi dengan rumput imitasi dan sekat ruangan motif bungaarchello.com

Tata ruang kantor harus mempertimbangkan kesejahteraan para karyawan, jadi ruang untuk bersantai, menikmati makan siang, sekaligus beristirahat sejenak cukup penting sifatnya. Sediakan sebuah ruang relaksasi yang bergaya informal supaya tercipta interaksi sosial dan spontanitas antara para karyawan.

Ada baiknya tata ruang kantor ini menggunakan warna-warni terang yang ceria atau konsep open space yang mengundang.

8. Sisakan ruang tunggu

tata ruang kantor daerah lobi dengan armchair dan meja resepsionispinterest.com

Jika perusahaan mementingkan penampilan dan akan sering menerima tamu, tata ruang kantor haruslah menyisakan lobi sebagai ruang tunggu yang nyaman. Tak perlu luas, prioritas utama adalah memastikan lobi terkesan ramah, mengundang, dan nyaman.

Cukup sebuah meja resepsionis kecil, dan sofa atau armchair yang empuk untuk menciptakan kesan pertama yang profesional pada tamu yang berkunjung.

Ruang terbatas bukan menjadi alasan untuk menelantarkan konsep tata ruang kantor yang baik. Asalkan menerapkan kedelapan tips tata ruang kantor ini, para karyawan pun akan menjadi lebih nyaman saat bekerja dan pastinya, lebih produktif.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse