Pecinta Buku, Yuk Buat 7 Desain Perpustakaan Mini di Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memiliki rumah impian tentu tidak lengkap tanpa hadirnya sudut ruang favorit. Bagi kamu pecinta buku yang memiliki hobi membaca, menghadirkan perpustakaan mini dalam rumah mungkin adalah unsur terpenting pada rumah impian.

Terlepas dari keinginan pribadi, menghadirkan ruang baca pada umumnya membutuhkan ruangan tambahan. Namun, bagi kamu yang memiliki keterbatasan ruang dalam rumah, tak perlu khawatir karena kamu dapat menerapkan konsep perpustakaan mini yang pastinya tidak memakan banyak ruang.

Tertarik hadirkan perpustakaan mini untuk sempurnakan desain rumah impianmu? Intip dulu berbagai inspirasi berikut untuk menghadirkan perpustakaan mini yang nyaman dan apik dalam hunian.

1. Pojok ruangan serba putih minimalis

perpustakaan mini dengan rak buku putih di samping tanggahome-designing.com

Perpustakaan mini tak harus berbentuk ruang utuh. Jika kamu memiliki sudut ruangan yang tak terpakai, kamu juga bisa menyulapnya menjadi pojok baca yang nyaman.

Aplikasi warna putih pada rak buku dalam perpustakaan mini memberikan kesan apik yang cocok pada hunian berkonsep minimalis. Tak hanya membuat ruang terasa lebih luas, buku-buku yang terpajang pun akan terlihat kontras dan menambah keindahan ruangan.

2. Sulap salah satu sisi ruangan jadi perpustakaan mini

perpustakaan mini dengan armchair bundar dan lampu lantai melengkunghookedtobooks.com

Tak cuma sudut ruang, salah satu sisi ruang juga bisa menjadi perpustakaan mini yang cukup menarik seperti pada inspirasi di atas. Manfaatkan lampu lantai untuk pencahayaan tambahan dan letakkan sofa nyaman di dekat rak penuh dengan buku agar mudah untuk memilih buku yang hendak dibaca.

3. Manfaatkan ruang bawah tangga

perpustakaan mini di bawah tangga dengan rak buku kayuhongkiat.com

Ruang bawah tangga kerap menjadi ruang yang tak terpakai. Namun, dengan kreativitas, area ini bisa kamu sulap menjadi perpustakaan mini lengkap dengan pojok baca yang nyaman dan menarik.

Lemari bawah tangga dari kayu di perpustakaan mini ini membawa kesan alami pada rumah. Desain pojok baca yang diletakkan di dekat jendela ini juga memanfaatkan pencahayaan alami agar sesi membaca dapat menjadi nyaman dan mata pun tidak cepat letih.

4. Tambahkan ruang duduk yang nyaman

perpustakaan mini dengan rak buku dan armchair dan stool putihcgarchitect.com

Perpustakaan mini pasti tidak lengkap tanpa ruang duduk yang nyaman. Jika kamu tidak mempunyai cukup ruang untuk membangun pojok baca built-in seperti inspirasi sebelumnya, menempatkan kursi empuk seperti armchair dan stool yang empuk ini bisa menjadi solusi.

Cukup letakkan sofa atau kursi andalan berdekatan dengan rak buku di area perpustakaan mini pada hunian kamu. Jika ingin lebih menghemat ruang, manfaatkan karpet tebal yang empuk sebagai alas duduk agar bisa membaca sambil lesehan yang nyaman.

5. Manfaatkan dinding area tangga yang kosong

perpustakaan mini pada dinding tangga rumahhome-designing.com

Pernahkah kamu terpikir untuk memaksimalkan ruang di area tangga rumah? Perpustakaan mini ini memanfaatkan dinding tangga rumah sebagai lokasi untuk memajang koleksi buku penghuninya.

Pastinya anti-mainstream, rak dinding yang dipasang pada dinding perpustakaan mini ini sekaligus mempercantik area tangga dan memberikan fungsi tambahan pada ruang dinding yang tadinya kosong.

6. Maksimalkan loteng rumah

loteng rumah sebagai perpustakaan mini dengan kursi anyaman rotan warna merahpinterest.ca

Berbicara tentang memanfaatkan sisa ruang untuk wujudkan perpustakaan mini, alternatif selanjutnya yang bisa kamu alihfungsikan adalah loteng rumah. Namun, pastikan ruang loteng dirancang sedemikian rupa untuk dapatkan pencahayaan yang baik serta sirkulasi udara yang optimal agar ruang tetap nyaman.

7. Mezanin khusus pojok baca

lantai mezanin sebagai ruang perpustakaan mini di rumahpinterest.com

Jika kamu miliki ruangan dengan tinggi yang cukup, kamu juga berkreasi dengan membangun lantai mezanin dan menyulapnya menjadi perpustakaan mini yang unik, menarik, dan tentunya nyaman. Kamu pun bisa menghabiskan waktu bersantai sembari membaca buku-buku milikmu.

Banyak sekali, bukan, cara wujudkan sudut perpustakaan mini di dalam keterbatasan ruang yang ada dirumahmu? Solusi dari keterbatasan ruang adalah menata furniture beserta dekorasi dalam rumah agar tercipta perpustakaan mini yang nyaman bagi kamu, para pecinta buku.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse