Wajib Punya Buat Pecinta Kopi, Ketahui 5 Alat Pembuat Kopi Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamu doyan ngopi? Menjelajahi tempat nongkrong untuk mencicipi secangkir kopi setiap hari pastinya akan membuat pengeluaran kamu jauh lebih boros. Padahal, dengan alat pembuat kopi, kopi yang diracik di rumah pun tak kalah kenikmatannya dibandingkan kopi racikan barista.

Sebagai pecinta kopi, tak ada salahnya mengetahui variasi alat pembuat kopi atau coffee maker agar kamu juga bisa meracik kopi dengan kualitas premium tanpa perlu mengkhawatirkan pengeluaran yang terlalu boros. Mau tahu caranya? Kamu bisa menggunakan salah satu alat pembuat kopi yang akan Kania informasikan di bawah ini.

Alat Pembuat Kopi V60

alat pembuat kopi v60 warna coklat dengan teko dan filter kopibluetokaicoffee.com

Buat kamu yang sering mampir ke kedai kopi, mungkin kamu sangat familier dengan istilah V60. Faktanya, V60 merupakan nama alat pembuat kopi yang dilakukan dengan metode pour over dan memiliki bentuk unik dan menggunakan material seperti kaca, keramik, metal, plastik, hingga tembaga.

Dilihat sekilas, alat pembuat kopi ini memang menyerupai cangkir kopi biasa, namun dilengkapi dengan ujung lubang yang bisa difungsikan untuk mengontrol proses ekstrasi, suhu air, hingga potongan kopi. Dikenal dengan rupanya yang ikonik, kamu bisa membuat secangkir kopi di rumah dengan cita rasa light dan jernih menggunakan V60.

Alat Pembuat Kopi Vietnam Drip

alat pembuat kopi vietnam drip dengan gelas penuh kopi dan susueatlittlebird.com

Selanjutnya adalah Vietnam Drip, merupakan alat pembuat kopi sederhana yang terdiri dari saringan bawah, saringan atas, serta penutup. Mudah digunakan, kamu cukup menyeduh kopi yang telah digiling menggunakan air panas pada saringan atas, kemudian kopi akan menetes secara perlahan ke dalam cangkir. Dengan cita rasa yang tidak terlalu padat, kamu juga bisa menambahkan es atau krimer untuk menciptakan minuman kopi yang lezat!

Alat Pembuat Kopi French Press

alat pembuat kopi french press penuh dengan kopi dan susu di atas nampanbgr.com

Jika kamu ingin membuat kopi tubruk tanpa ampas dengan aroma yang kuat, kamu memerlukan variasi alat pembuat kopi bernama French Press. Memiliki rupa seperti pot silinder, ia dilengkapi pompa mini panjang (plunger) dan saringan untuk menekan air panas hingga menembus kopi yang telah kamu giling. Adapun, suhu dari air panas dan waktu penekanan akan menentukan kelezatan kopi dari hasil penyeduhan yang dilakukan dengan alat pembuat kopi ini.

Alat Pembuat Kopi Pod

alat pembuat kopi pod dengan cangkir kopi dengan asap mengepulreviewed.com

Jika sebelumnya merupakan teknik manual untuk meracik kopi, cara yang lebih simpel untuk meracik kopi adalah memanfaatkan alat pembuat kopi yang menggunakan coffee pod. Selain bekerja secara otomatis, kamu cukup memasukkan kapsul kopi ke dalam mesin, kemudian kopi akan menetes ke dalam cangkir setelah selesai diproses.

Saat ini, terdapat berbagai variasi rasa untuk kapsul ini, mulai dari minuman kopi standar seperti cappucino hingga minuman nonkafein seperti matcha latte atau red velvet latte.

Alat Pembuat Kopi Espresso

alat pembuat kopi espresso dengan kopi menetesepicurious.com

Alat pembuat kopi yang satu ini terdiri dari berbagai model, ukuran dan fitur, serta dapat bekerja untuk mengolah biji kopi maupun kopi yang sudah digiling. Dalam waktu singkat, kamu bisa membuat espresso nikmat.

Sementara itu, kamu yang berencana membuka kedai kopi disarankan untuk memilih alat pembuat kopi espresso berukuran besar. Namun jika hanya untuk penggunaan di rumah, terdapat ukuran yang lebih ringkas dan mudah ditemukan di pasaran juga.

Dari kelima alat pembuat kopi di atas, pastinya rasa dan aroma kopi yang dihasilkan akan berbeda. Ketahui jenis kopi favorit kamu terlebih dahulu agar alat pembuat kopi yang dibeli untuk di rumah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.  

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse