Jangan Salah Pilih, Jenis Sendok Ini Bisa Berbahaya bagi Kesehatan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Di zaman sekarang, tidak ada yang namanya terlalu berhati-hati demi mencegah penyakit yang menakutkan seperti kanker. Memperhatikan penggunaan perlengkapan sehari-hari yang dianggap sepele, seperti sendok, akan punya dampak penting terhadap kesehatan kita.

Sebagai alat makan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, penting bagi kita untuk mengetahui material sendok yang digunakan dan potensi bahaya yang dikandungnya. Demi kesehatan diri sendiri dan keluarga, ketahui lebih dalam mengenai berbagai jenis sendok dan materialnya berikut.

Sebagai Alat Makan dan Peralatan Masak, Amankah?

berbagai jenis sendok besi dan kayu pada papan kayuhomestratosphere.com

Pada umumnya, sendok sebagai alat makan ataupun peralatan masak menggunakan beberapa material standar seperti stainless steel, baja, atau kayu. Namun, tahukah kamu bahwa berbagai material tersebut mempunyai potensi membahayakan kesehatan jika tidak diperhatikan kondisinya atau salah dalam penggunaannya?

Berbeda untuk setiap material, sendok pun perlu digunakan dengan cara yang berbeda pula saat makan atau memasak demi menjaga kondisinya. Kenal lebih dalam mengenai empat material paling umum yang digunakan untuk membuat sendok.

Aluminium

enam sendok aluminium di atas kain rendaetsy.com

Aluminium adalah bahan yang cukup populer untuk sendok dan alat dapur lainnya karena harga yang lebih terjangkau, tahan pakai dan konduktor panas yang baik. Material ini juga tidak lengket dan tidak gampang tergores. Beberapa studi juga belum menemukan relasi antara dampak penggunaannya dengan penyakit berbahaya seperti kanker.

Stainless Steel

empat sendok stainless steel di atas nampan kayuetsy.com

Salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk panci, kuali, spatula dan juga sendok, bahan stainless steel tergolong murah, tangguh dan konduktor panas yang baik. Material ini juga tidak mudah rusak, sehingga aman digunakan baik untuk memasak ataupun untuk makan.

Keramik

empat sendok keramik dengan gambar ikan koi dan daundhgate.com

Sendok keramik yang mengandung timah harus dihindari, terutama yang diproduksi dengan kualitas rendah oleh produsen asal. Jika ia khusus diproduksi untuk dekorasi, jangan gunakan untuk makan karena kandungan kimianya akan mengakibatkan masalah kesehatan.

Namun jika sendok keramik diproduksi khusus untuk konsumsi makanan dan sudah lulus uji standar kesehatan, maka boleh digunakan sesuai dengan pemakaian umum yang berlaku.

Bahan Alami: Kayu atau Bambu

sendok kayu warna merah dan cokelat di depan toplesthoroughlyreviewed.com

Karena terbuat dari bahan alami, kayu atau bambu bisa jadi alternatif material sendok yang aman bagi kesehatan. Namun, ini juga tergantung pada cara pembersihan rutin dikarenakan material kayu yang berpori-pori. Otomatis, bakteri dan mikroorganisme bisa masuk dengan mudah jika sendok tidak dibersihkan dan dikeringkan dengan baik.

Sendok dari material bambu juga sangat disukai karena memikili kandungan antimikrobakterial sehingga lebih baik dari kayu dari sisi kebersihan. Kedua jenis sendok ini juga cocok untuk memasak karena tidak akan menggores permukaan panci atau kuali.

Meminimalisir Potensi Pencemaran

pria menggunakan sendok untuk menuang adonanshutterstock.com

Secara keseluruhan, riset belum menemukan hubungan langsung antara penggunaan sendok dari material-material di atas dengan risiko kanker. Namun, tidak ada salahnya jika kita meminimalisasi potensi tercemarnya kandungan kimia dari sendok ke makanan.

Pastikan sendok dan semua peralatan makan atau perkakas dapur yang digunakan dalam kondisi baik. Apapun material yang digunakan, periksa apakah ada retak atau rusak yang bisa berpotensi menjadi tempat masuk bakteri. Buang peralatan yang sudah mulai mengelupas juga.

mengambil rebusan stroberi dengan sendok kayu dari pancicolourbox.com

Prioritaskan sendok kayu atau silikon dan spatula saat memasak. Menggunakan peralatan masak dari metal atau plastik solid bisa menggores permukaan panci atau kuali sehingga bakteri bisa tumbuh dan berkembang biak. Saat memasak makanan yang bersifat asam, gunakan perkakas dapur yang berbahan besi tuang yang padat agar tidak terjadi kontaminasi kimia dari sendok ke makanan.

Dari ulasan Kania di atas, kita perlu berhati-hati saat memilih sendok untuk digunakan saat memasak ataupun makan. Jangan sampai karena hal sepele ini, kesehatan kita bisa terancam!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse