7 Desain Bangunan Rumah dengan Arsitektur Terindah di Dunia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Siapa pun tentu ingin memiliki desain bangunan rumah yang menarik dan indah, dirancang oleh arsitek-arsitek terbaik di dunia. Dengan pengalaman dan gaya desain khas, para arsitek tentu takkan pernah gagal hadirkan desain bangunan rumah impian.

Penasaran seperti apa desain bangunan rumah yang dirancang oleh para arsitek-arsitek dunia? Dapatkan inspirasi untuk rumah impian dengan melihat rancangan desain bangunan rumah terindah hasil kreativitas para arsitek terkenal berikut.

Glass House – New Canaan, Connecticut

bangunan rumah glasshouse dengan dinding kaca di tengah tamanwikimedia.org

Desain bangunan rumah yang selesai dibangun pada 1949 ini merupakan karya Philip Johnson, arsitek modern dari Amerika. Dengan struktur besi dan fasad kaca, desain bangunan rumah ini menjadi salah satu ikon dunia akan perkembangan arsitektur modern di era awal.

Dengan desain bangunan rumah yang dikelilingi dinding kaca yang tembus pandang, kamu pun bisa menikmati panorama pemandangan di sekeliling rumah dengan jelas dari kenyamanan dalam rumah. Rumah terasa luas dan asri, walaupun lahan terbatas.

Caring Wood – Britania Raya

bangunan rumah caring wood dengan atap warna jingga di tebing tamandezeen.com

Caring Wood merupakan karya arsitek James Macdonald Wright dan Niall Maxwell. Terinspirasi dari rumah tradisional Kentish, desain bangunan rumah ini memiliki ciri khas cerobong yang dirancang dengan bentuk asimetrik dan dilapisi dengan genteng tanah liat.

Desain bangunan rumah yang dirancang untuk keluarga besar ini juga dilengkapi courtyard sebagai tempat berkumpul. Dengan tampilan dinamis dan nilai filosofi tradisional, desain rumah ini mendapatkan gelar “House of the Year” dari Royal Institute of British Architects.

Desain Bangunan Rumah ala James Bond – Rusia

bangunan rumah bertingkat berbentuk menara menjulang di tengah hutandezeen.com

Zaha Hadid merupakan arsitek wanita pertama yang pernah dianugerahi penghargaan Pritzker, penghargaan tertinggi dalam dunia arsitektur. Terkenal akan gaya desain futuristik, rumah yang terletak di hutan Barvikha, Rusia ini merupakan satu-satunya desain rumah yang dirancangnya.

Dengan gaya desain khas yang unik, desain bangunan rumah ini tampil menonjol di tengah hutan dengan menara yang memungkinkanmu untuk mendapatkan pemandangan hutan lebih jelas dari ketinggian.

Simple House – Korea Selatan

bangunan rumah simple house berbentuk tiga kotak disusun miring dan dinding kayuarchdaily.com

Meskipun dinamakan “Simple House”, desain bangunan rumah karya arsitek Moon Hoon ini terlihat cukup rumit. Desain rumah unik geometris ini memiliki tiga lantai dengan setiap lantai berada pada kotak berbeda. Konsep sederhana ini membuat desain bangunan rumah terlihat lebih dinamis, meskipun dibentuk dari elemen-elemen yang sederhana.

Desain Bangunan Rumah Frank Gehry – Santa Monica, California

bangunan rumah frank gehry dengan plafon kaca dan atap segitigacnn.com

Dirancang oleh Frank Gehry sebagai rumah tinggalnya sendiri, desain bangunan rumah yang berada di Santa Monica ini memiliki bentuk yang tak umum, namun sangat mencerminkan gaya desain arsitek Amerika satu ini.

Faktanya, desain bangunan rumah ini merupakan hasil renovasi dari rumah asal yang dibelinya di sebuah kompleks perumahan konvensional. Memanfaatkan genteng kaca dan variasi ventilasi, ruangan pun terasa terbuka dengan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang memadai.

Rumah Andra Matin – Jakarta

bangunan rumah berbentuk kotak dibelah dua dengan dinding beton eksposuncubemagazine.com

Di Indonesia juga terdapat desain bangunan rumah yang tak kalah menarik. Dirancang Andra Matin, AS House yang juga merupakan kediaman sang arsitek memiliki tampilan sederhana dengan material beton ekspos.

Salah satu nilai jual dari rumah ini adalah pemanfaatan cahaya dan sirkulasi udara alami yang sangat baik sehingga mampu memaksimalkan kenyamanan dari ruang-ruang yang ada di dalam rumah ini.

Desain Bangunan Rumah Taman – Jepang

bangunan rumah dengan taman di tengah rumahdezeen.com

Dibangun di tengah hutan, rumah Jepang yang dirancang oleh arsitek Megumi Matsubara dan Hiroi Ariyama ini mampu memaksimalkan pemandangan asri dari lingkungannya, baik dari luar maupun dari dalam rumah.

Desain bangunan rumah ini memiliki lima courtyard yang memungkinkanmu untuk menikmati pemandangan alami meski berada di dalam rumah. Komposisi bentuk geometrik pada atap rumah juga dirancang sedemikian rupa untuk memanipulasi cahaya matahari yang masuk ke dalam bangunan.

Menarik, bukan, desain-desain dari bangunan karya arsitek dunia di atas? Desain rumah mana yang jadi favoritmu dan arsitek mana yang paling kamu kagumi dari daftar di atas? Saat memikirkan desain rumah impian, jangan lupa pikirkan tampilan interior agar serasi dengan desain bangunan rumah tersebut.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse