7 Inspirasi Desain Tangga Rumah untuk Berbagai Gaya Interior

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Untuk rumah bertingkat, kehadiran tangga merupakan satu elemen wajib. Tak cuma sebagai jalur sirkulasi dan akses dari lantai bawah ke lantai atas, desain tangga rumah yang tepat juga bisa memberikan tampilan interior yang lebih menarik.

Saat mendesain tangga, perhatikan juga tampilan agar tetap selaras dengan interior hunian. Lebih dari sekadar fungsi dan kenyamanan, menentukan desain tangga rumah juga berarti memastikan gaya desain serta warna dari tangga agar bisa menjadi ornamen dekorasi hunian.

Agar kamu bisa dapatkan desain tangga rumah terbaik untuk hunian, intip berbagai inspirasi desain tangga rumah berikut dengan berbagai konsep desain menarik yang bisa jadi referensimu!

1. Desain tangga rumah melayang

desain tangga rumah melayang dengan balok kayu sebagai anak tanggawearefound.com

Konsep melayang pada tangga rumah merupakan pilihan yang tengah populer untuk rumah modern dan minimalis. Kini, konsep seperti ini juga dimodifikasi untuk kesan yang lebih futuristik dengan memanfaatkan berbagai material dengan tampilan modern seperti besi dan baja.

Jika memilih desain tangga rumah melayang, pastikan kekuatan dari struktur anak tangga untuk menjaga keamanan dari hunianmu.

2. Multifungsi dengan memanfaatkan ruang bawah tangga

desain tangga rumah dengan rak dan sofa biru bawah tangga

Ruang pada bagian bawah tangga kerap menjadi area yang terbuang dan tak terpakai. Agar lebih efisien ruang terutama pada rumah mungil, kamu bisa buat desain tangga rumah menjadi lebih fungsional dengan konsep lemari bawah tangga.

Komposisi rak atau lemari yang membentuk tangga merupakan salah satu cara kreatif memanfaatkan area tak terpakai menjadi lebih fungsional.

3. Desain tangga putar yang kreatif

desain tangga rumah spiral dengan railing kaca dan rangka kayuhomedit.com

Meskipun desain tangga rumah memutar lebih populer digunakan sebagai tangga servis, nyatanya konsep memutar ini juga cukup menarik untuk diterapkan sebagai tangga rumah sekaligus focal point dalam ruangan utama. Tampilannya yang dinamis membuat tangga memutar bisa tampil menonjol melalui peletakan dan pemilihan material struktur serta railing yang serasi.

4. Permainan bentuk pada desain tangga besi

desain tangga rumah dengan kerangka besi hitam dengan railing ragam hias geometrispinterest.com

Penggunaan material besi dan baja untuk desain tangga rumah kini mulai digemari karena kepraktisannya. Namun, tampilan tangga besi baja sering dianggap kaku dan dingin. Padahal dengan pengolahan bentuk dan elemen dekoratif pada tangga, desain tangga dengan struktur besi baja juga bisa tampil dinamis dan hidup.

5. Desain tangga rumah dari kayu

desain tangga rumah dari kayu di samping lemari pakaiandollierv.info

Selain dengan permainan bentuk, untuk mengurangi kesan dingin dan kaku pada desain tangga rumah adalah dengan pemilihan material tangga yang tepat. Selain mampu menghidupkan kesan natural, penggunaan kayu pada desain tangga rumah juga mampu memberikan desain hunian yang lebih hangat.

6. Menonjol dengan permainan warna pada desain tangga rumah

desain tangga rumah warna pelangi dengan railing dari jaring putihcontemporist.com

Desain tangga rumah yang sederhana bukan berarti tak bisa terlihat menarik. Permainan kombinasi warna adalah salah satu cara sederhana untuk menambah daya tarik dari desain tangga.

Pengaturan komposisi warna tangga dan warna interior secara keseluruhan dapat membuat desain tangga yang sederhana menjadi point of interest dari keseluruhan interior.

7. Desain tangga rumah minimalis yang hemat ruang

desain tangga rumah warna putih dengan anak tangga selang-selingkatieho.me

Keterbatasan ruang pada properti hunian yang kecil bukanlah alasan untuk hadirkan desain tangga rumah yang fungsional sekaligus menarik. Konsep minimalis yang hemat ruang dapat terlihat pada desain tangga satu ini. Dengan mengikuti ukuran standar dan desain ergonomis, desain tangga bisa tetap nyaman dan aman untuk dipijak, meski di ruang terbatas.

Dengan kreativitas, siapa sangka desain tangga rumah bisa menjadi sangat menarik. Tak hanya bisa menjadi elemen dekoratif dari ruangan, desain tangga rumah juga sangat mungkin menjadi focal point pada desain interior rumahmu. Meskipun begitu, jangan sampai lupakan bahwa desain tangga rumah harus tetap ergonomis dan nyaman digunakan.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse