Merasa Bosan? Ini 7 Kegiatan Mengisi Waktu Luang untuk Keluarga

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Di era digital seperti sekarang, sangat sulit rasanya melakukan aktivitas bersama keluarga. Di weekend ini, saatnya kamu menyingkirkan gadget dan rencanakan aktivitas seru untuk mengisi waktu luang yang dapat meningkatkan intimasi antar anggota keluarga.

Dijamin, acara kumpul keluarga tak akan membosankan lagi, membuat semua anggota keluarga semakin solid, bahkan membuatmu lebih segar untuk bekerja di kemudian hari. Nah, apa saja sih kegiatan yang bisa kamu lakukan? Yuk, simak 7 kegiatan mengisi waktu luang untuk keluarga berikut ini.

Menghias Rumah

kamar main anak dengan bantal dekorasi dan tendastaticsfly.com

Saat weekend, kegiatan mengisi waktu luang pertama yang bisa kamu lakukan bersama keluarga adalah menghias rumah. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan bersama-sama untuk mengisi waktu luang, mulai dari memindahkan furniture, membuat dekorasi DIY, menempelkan foto ke dalam frame, hingga mengajak anak untuk memasang stiker wallpaper ke tembok. Melalui kegiatan ini, tentunya kamu bisa mengisi waktu luang bersama keluarga dengan cara positif sekaligus membuat hunian tampak lebih fresh berkat adanya penambahan dekor menarik.

Menonton Film Seru di Rumah

tampak belakang keluarga menonton film di televisistayathomemum.com.au

Kegiatan mengisi waktu luang lainnya adalah menonton film favorit. Tak perlu pergi ke bioskop, kamu bisa mengisi waktu luang dengan memutar film melalui layanan streaming berlangganan seperti Netflix dan mengajak semua anggota keluarga untuk berkumpul dan menonton film bersama. Supaya lebih asyik, jangan lupa siapkan kudapan, memasang speaker dan aktifkan mode pencarian terbatas supaya film yang dipilih bisa dinikmati semua anggota keluarga. Mengisi waktu luang dengan cara ini tentunya sangat mengasyikkan dan hemat, bukan?

Mencoba Resep Baru dan Memasak Bersama

keluarga memasak bersama di dapur dengan salad dan tomatashleyleehealing.com

Saat hari kerja, mungkin kamu jarang sekali memasak. Di weekend ini, buat harimu lebih istimewa dengan mengisi waktu luang bersama keluarga di dapur. Silahkan cari referensi resep masakan yang ingin kamu buat untuk mengisi waktu luang yang tersedia dan siapkan bahan masakan secara lengkap. Untuk memaksimalkan kegiatan mengisi waktu luang kali ini, kamu juga bisa mengajak keluarga untuk belanja bersama di pasar tradisional dan mengajarkan anak untuk ikut membereskan dapur setelah selesai memasak.  

Belajar bersama Si Kecil

ibu mengajar anak perempuan yang menulis dan belajarstudy.com

Mengisi waktu luang bersama si kecil di kala weekend juga sangatlah mengasyikkan. Baik bersama adik, keponakan maupun anak, kamu bisa mengisi waktu luang dengan mengajaknya untuk mempelajari berbagai hal kreatif, mulai dari menulis, menggambar, membuat origami. hingga sekadar bermain tebak-tebakan.

Lebih Sehat dengan Berolahraga Pagi

anak dan orangtua berlari di pekarangan penuh rumputweeklysauce.com

Padatnya aktivitas mungkin membuatmu jarang berolahraga. Maka demikian, segera agendakan untuk mengisi waktu luang dengan mengajak seluruh keluarga berolahraga saat weekend. Selain meningkatkan hubungan emosi antar keluarga, mengisi waktu luang dengan cara berolahraga juga membuat tubuhmu semain bugar dan terhindar dari penyakit. Adapun, tips mengisi waktu luang dengan berolahraga ini bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan, mulai dari jogging, bersepeda atau sekadar jalan santai di lingkungan rumah.

Menata Taman di Rumah

anak perempuan menggali tanah dan orangtua memegang tanaman hias untuk ditanam di taman rumahverywellfamily.com

Agenda mengisi waktu luang selanjutnya adalah menata taman di rumah. Di weekend ini, kamu bisa mengajak keluarga untuk menyusun ulang penempatan semua pot tanaman sehingga tampilannya lebih segar dan tidak monoton. Jika lahan hunianmu terbatas dan sulit dimanfaatkan sebagai taman, maka membuat taman vertikal atau menempatkan tanaman pot indoor menjadi agenda seru untuk mengisi waktu luang.

Mengunjungi Tempat Edukatif

perempuan menunjuk patung emas dan menggandeng tangan anak bersama priagoogle.com

Jika bosan dengan suasana rumah, kamu juga bisa mengisi waktu luang dengan mengajak seluruh keluarga mengunjungi tempat-tempat edukatif yang berada di kawasan hunian. Tentunya, tempat edukatif seperti museum, kebun binatang, taman bermain, hingga teater pertunjukan seni akan sangat menarik untuk dikunjungi karena memuat banyak nilai positif.

Ketujuh kegiatan mengisi waktu luang di atas siap membuat kamu dan keluarga terbebas dari rasa bosan dan bisa meningkatkan ikatan antar anggota keluarga. Siap menciptakan quality time seru di akhir pekan ini? Silahkan mencoba setiap kegiatan ini untuk mengisi waktu luang bersama keluarga!   

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse