Material Favorit, Ketahui Prakiraan Harga 6 Papan Kayu Terpopuler di Indonesia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Material kayu menjadi favorit banyak orang karena dapat memberikan aksen natural di hunian. Umumnya, papan kayu digunakan untuk struktur bangunan seperti plafon, dudukan genteng, kusen, hingga untuk interior hunian seperti furnitur dan dekorasi.

Khusus untuk penggunaan lisplang, furnitur, dekorasi maupun bekisting cor, penggunaan papan kayu adalah pilihan yang pas. Di Indonesia sendiri, kayu yang dipotong dalam bentuk papan hadir dari olahan berbagai jenis kayu yang masing-masingnya dijual dengan harga berbeda dengan kekurangan dan kelebihannya tersendiri.

Jika saat ini sedang berencana membangun hunian atau membuat furnitur dan dekorasi DIY menggunakan kayu dalam bentuk papan, berikut informasi terkait prakiraan harga papan kayu saat ini untuk memudahkan pemilihan papan kayu berdasarkan kualitas dan anggaran yang dimiliki. 

Papan Kayu Punak

papan kayu dan balok kayu punakblogspot.com

Papan kayu punak cukup populer di Indonesia karena memiliki karakteristik yang padat, tahan air dan cuaca, serta mempunyai kualitas setara kayu ulin. Berasal dari pohon punak yang banyak tumbuh di kawasan Jambi dan Palembang, ia dijual dengan harga yang cukup ekonomis jika dibandingkan dengan papan dari jenis kayu solid lainnya. Terkait harga, kayu punak dalam bentuk papan dengan ukuran 2 cm x 20 cm x 400 cm saat ini bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp70.000,00.

Papan Kayu Meranti

papan Kayu Meranti Mudah Dikeringkandekoruma.com

Selanjutnya adalah papan kayu meranti yang memiliki karakteristik keras dengan bobot ringan hingga berat-sedang. Dengan ciri warna merah muda, merah tua, hingga merah tua kecokelatan tergantung usia kayu, papan dari jenis kayu meranti juga memiliki durabilitas yang baik untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Soal harga, papan kayu meranti dengan ukuran 2 cm x 20 cm x 400 cm bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp80.000,00.

Papan Kayu Kamper

papan Kayu Kamper Tahan Rayapdekoruma.com

Ada pula papan kayu kamper yang terkenal awet dan tahan rayap. Banyak ditemukan di hutan kawasan Kalimantan, keunggulan lain dari kayu kamper adalah tekstur yang kasar sehingga memberikan ciri khas tersendiri saat dipakai untuk furnitur. Untuk harganya, kayu kamper dalam bentuk papan berukuran 3 cm x 20 cm x 400 cm bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp260.000,00.

Papan Kayu Borneo

tumpukan papan kayu dan balok kayu karet borneoalibaba.com

Sesuai namanya, papan kayu ini dihasilkan dari pohon perkebunan yang ada di kawasan Kalimantan dan termasuk didalamnya adalah kayu karet, kayu albasia dan kayu afrika. Dengan ciri khas warna putih kekuningan, kayu Borneo juga memiliki ciri lunak-keras dan digolongkan sebagai kayu yang berat. Terkait harganya, saat ini kamu bisa membeli kayu Borneo dalam bentuk papan ukuran 3 cm x 20 cm x 400 cm dengan kisaran harga Rp90.000,00.

Papan Kayu Jati Belanda

papan Kayu jati belanda untuk kursi tamu jatidekoruma.com

Disebut juga dengan nama kayu pinus, papan kayu jati Belanda seringkali digunakan untuk furnitur karena bobotnya yang ringan, memiliki warna cerah yang cantik, memiliki serat halus sehingga mudah untuk diolah, serta memiliki keawetan yang sangat prima. Untuk kayu jati Belanda dalam bentuk papan yang sudah dipernis, kamu bisa membelinya dengan kisaran harga Rp170.000,00 untuk ukuran 100 cm x 60 cm x 2 cm.

Papan Kayu MDF

Bahaya dari papan kayu MDFdekoruma.com

Meskipun berupa olahan, namun papan kayu MDF (Medium Density Fiber) sangat populer digunakan untuk pembuatan furnitur. Alasannya, kayu MDF mempunyai permukaan yang halus, ikatan partikel kuat, namun bobotnya yang cukup ringan sehingga memudahkan pengolahan. Sementara untuk harganya, kayu MDF dalam bentuk papan dengan ketebalan 15 mm bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp179.000,00 per lembar.

Melalui informasi harga papan kayu di atas, diharapkan kamu bisa menyusun anggaran dengan tepat, baik untuk membangun rumah atau menghias interior ruangan dengan membuat furnitur custom.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse