Bersihkan Toples dengan 5 Cara Ini, Tidak Sampai 15 Menit!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kudapan kue kering merupakan makanan yang wajib ada dalam ruang tamu. Kamu dan tamu bisa bersenda gurau sambil menikmati manisnya kue kering. Tak hanya kue kering, kudapan lain seperti makanan ringan juga mampu memanjakan lidah tamu saat berkunjung. Biasanya, kue kering dan makan ringan disimpan dalam toples kaca.

beberapa toples kaca dengan tutupshutterstock.com

Sebelum kamu menggunakan wadah makanan yang populer ini, kamu harus membersihkannya agar bakteri penyebab penyakit musnah, terutama pada toples kue kering yang baru saja dibeli. Tak hanya itu, jika sudah digunakan berulang kali dan meninggalkan bau, ia harus dibersihkan dengan teknik yang tepat.

Kali ini, Kania akan membagikan lima cara untuk membersihkan toples kaca dari bakteri dan bau tak sedap. Tenang, lima cara ini tidak memakan waktu yang banyak. Yuk, kita simak di bawah ini!

Rebus dalam air panas untuk musnahkan bakteri

wadah dan tutup toples direbus terpisahtyphoonhomewares.com

Merebus toples dalam air mendidih mampu membuatnya bebas dari kuman. Caranya mudah. Siapkan panci yang bisa memuat toples kaca, lalu masukkan air sebanyak tiga perempat panci dan rebus hingga mendidih.

Masukkan toples dan tutupnya dalam dua panci berisi air mendidih berbeda dan tunggu selama 5 hingga 10 menit. Matikan kompor dan ambil tempat penyimpanan dapur ini menggunakan penjepit makanan. Keringkan dengan handuk kering. Voila! Wadah kudapanmu siap digunakan.

Kukus untuk bunuh bakteri dengan uap panas

kukus toples kaca dalam air rebusthespruceeats.com

Toples kue kering yang kebanyakan terbuat dari kaca juga bisa kamu sterilkan dengan cara dikukus. Sama seperti proses merebus, perbedaannya hanyalah sebaiknya menutup panci saat dikukus agar uap air panas bekerja maksimal untuk membunuh bakteri jahat.

Setelah 5 hingga 7 menit, matikan kompor dan angkat toples beserta tutup menggunakan penjepit makanan agar tanganmu tidak kepanasan. Bersihkan dengan handuk kering dan gunakan saat benar-benar sudah tidak basah. Tempat penyimpanan makanan ini sudah siap digunakan sebagai salah satu cara mengusir semut yang ingin mengerumuni kue kering dan camilan manis.

Sterilkan dengan microwave? Tak masalah!

tangan memencet tombol microwavetoday.com

Tidak hanya dikukus atau direbus, kamu juga bisa menjauhkan toples kaca kesayangan dari kontaminasi bakteri dengan memasukkannya dalam microwave. Sebelum dimasukkan, cuci dengan sabun cair dan bilas hingga bersih. Biarkan toples dalam keadaan sedikit basah, lalu panaskan dalam microwave selama 35 hingga 40 detik.

Apabila tutup toples terbuat dari besi dan bahan sejenis, jangan masukkan ke dalam microwave karena akan menimbulkan percikan api yang berujung pada kerusakan microwave hingga kebakaran. Kania merekomendasikan kamu untuk menggunakan teknik lain seperti mengukus dan merebus untuk tutup toples dari besi demi keselamatan dirimu.

Bersihkan bagian yang sulit dijangkau dengan beras

beras dalam tong kayu dan sendok nasishutterstock.com

Usai kudapan kesayangan kamu habis, toples harus segera dicuci. Namun yang kerap kali terjadi, toples yang memiliki ukuran kecil sulit untuk dibersihkan, terkhusus bagian dalamnya. Untuk memecahkan masalah ini, beras bisa jadi solusi, lho. Bagaimana caranya?

Masukkan beras secukupnya, sekitar seperempat dari wadah. Isi toples dengan air panas secukupnya dan masukkan beberapa tetes sabun cair. Kocok hingga kamu merasa bagian dalam toples sudah bersih. Keluarkan beras beserta air kotor dengan air panas. Toples kacamu kembali siap digunakan untuk menyimpan makanan baru!

Campur garam laut kasar dan soda kue untuk hilangkan bau

sekarung garam kasar untuk membersihkan toplesshutterstock.com

Tak hanya yang baru, toples bekas makanan kemasan atau selai juga bisa jadi wadah kue kering atau mungkin selai buatanmu sendiri. Masalahnya, bau bekas makanannya yang kadang masih menempel di toples bisa mengganggu nafsu makan. Agar tidak bau lagi, gunakan campuran garam laut kasar dan soda kue.

soda kue juga bisa untuk membersihkan toplesshutterstock.com

Pertama, cuci toples hingga bersih dan pastikan tidak ada sisa makanan yang masih menempel. Masukkan satu sendok makan garam laut kasar dan soda kue apabila baunya terasa sangat menyengat. Soda kue terkenal mampu membersihkan kotoran, bahkan membersihkan tempat cuci piring sekali pun.

Tuang air hangat secukupnya dan kocok selama 30 detik agar garam dan soda kue bisa menyerap bau dengan maksimal. Setelah itu, cuci seperti biasa dengan air panas dan sabun. Apabila masih bau, ulangi cara ini hingga kamu merasa baunya hilang.

Rata-rata, kelima cara ini bisa selesai dilakukan dalam waktu kurang dari 15 menit. Tentunya ini sangat menguntungkan, khususnya untuk kamu yang sibuk. Perlu kamu ingat, jangan gunakan toples dalam keadaan masih panas dan basah. Tunggu benar-benar kering dan dingin supaya tidak membahayakan toples dan mencegah perkembangan bakteri. Simpan dalam lemari penyimpanan seperti lemari dapur yang kering karena toples benci lingkungan yang lembap. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse