Yuk, Intip 5 Dekorasi Imlek 2019 dan Makna di Baliknya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tak terasa, Tahun Baru Imlek 2019 sudah di depan mata! Beragam tempat umum sudah mulai menghias tempatnya dengan dekorasi Imlek, contohnya saja mall. Mereka berlomba-lomba untuk memberikan suasana Tahun Baru Imlek 2019 yang sangat kental serasa di Negeri Tirai Bambu. Banyak sekali toko menjual aneka dekorasi Imlek yang memanjakan mata sehingga kita ingin membeli semuanya.

Berbicara mengenai dekorasi Imlek, hiasan-hiasan yang didominasi dengan warna merah ini tidak sembarang diciptakan, lho. Tiap dekorasi Imlek memiliki makna baik yang diharapkan mampu menyertai sepanjang tahun. Dari sekian banyak hiasan, berikut lima dekorasi Imlek di rumah yang akan Kania bahas makna di baliknya. Yuk, kita intip bersama!

Hiasan ukiran kertas

hiasan ukiran kertas imlek

google.com

Bisa kita lihat dari rupanya, dekorasi Imlek ini terbuat dari kertas yang diberi lubang dengan bentuk tertentu menggunakan pisau kecil dan gunting sehingga membentuk sebuah gambar yang sangat indah. Dekorasi Imlek ini ditempel di background yang berwarna kontras atau tembus pandang seperti kaca jendela.

hiasan ukiran kertas imlek bunga

google.com

Ada beragam gambar yang sering dibentuk pada dekorasi Imlek ini. Tidak lupa, tiap gambarnya pun memiliki makna berbeda. Buah delima melambangkan kesuburan, bunga buah persik melambangkan umur panjang, pohon pinus melambangkan awet muda, dan bunga peony melambangkan kehormatan dan kekayaan.

hiasan ukiran kertas imlek

google.com

Tak hanya tumbuhan, binatang juga bisa jadi pilihan dekorasi Imlek ini, seperti bebek Mandarin yang melambangkan cinta dan burung magpie yang hinggap di ranting pohon plum menandakan akan ada peristiwa yang membawa keberuntungan dalam waktu dekat.

Lampion merah

lampion merah imlek

unsplash.com/@good_citizen

Dekorasi Imlek satu ini paling banyak dijumpai di beragam tempat. Konon katanya, dekorasi Imlek berbentuk lingkaran merah ini bisa menjauhkan kamu dari ketidakberuntungan. Maka dari itu, lampion suka dipasang di depan rumah karena ditengarai bisa mencegah kemalangan masuk dan menghantui penghuni rumah.

Pasanglah lampion ini di teras depan rumahmu. Apabila teras sudah ramai dengan tanaman hias, sebaiknya kamu memasang dekorasi Imlek ini beberapa saja agar nggak kelihatan terlalu riuh. Lampion berukuran besar cocok digantung di teras rumah yang sepi agar efek nuansa Tahun Baru Imlek lebih terasa.

Bunga hias yang bermekaran

bunga hias yang bermekaran

google.com

Tanaman hias seperti bunga hias juga bisa jadi unsur dekorasi Imlek. Bunga yang dipilih harus mekar karena dekorasi Imlek satu ini melambangkan tahun baru yang lebih sejahtera. Dari sekian banyak bunga hias, beberapa bunga yang sering dijadikan pembawa kesejahteraan dalam rumah adalah bunga peony, bunga buah persik, cherry, dan bunga buah plum.

Supaya lebih ramai, bunga hias dihiasi dengan dekorasi Imlek lainnya seperti gantungan berwarna merah atau pita merah. Warna merah melambangkan keberuntungan dan semangat.

Chunlian

kertas merah chunlian

google.com

Chunlian adalah dekorasi Imlek yang berbentuk dua kertas merah panjang yang diberi kaligrafi huruf Mandarin. Kaligrafi yang ditulis merupakan keinginan yang ingin dicapai di tahun yang baru. Tak hanya keinginan saja, chunlian bisa berisi perkataan-perkataan yang bermakna baik. Dekorasi Imlek ini ditempel berpasangan di kiri dan kanan pintu masuk rumah.

Pohon jeruk Mandarin

pohon jeruk mandarin

instagram.com/nturnerdesign

Dalam Bahasa Kanton, pohon jeruk mandarin disebut gam gat sue. Gam berarti emas dan gat terdengar seperti bahasa Kanton dari keberuntungan. Pohon ini juga disebut jin ju shu dalam Bahasa Mandarin. Jin berarti emas dan ju memiliki pengucapan yang mirip dengan pengucapan keberuntungan dalam Bahasa Mandarin.

Maka dari itu, pohon jeruk Mandarin diidentikkan dengan kekayaan dan keberuntungan. Dan juga, warna oranye pada jeruk melambangkan emas atau uang dan energi positif. Dekorasi Imlek ini biasa dipasang di rumah dan ditemani dengan hiasan merah dan gantungan angpao atau amplop merah. Biasanya, di tiap sisi pintu diletakkan satu pohon jeruk Mandarin.

Pada intinya, kelima dekorasi Imlek ini akan membuat nuansa di hunianmu lebih berwarna dan kamu seperti sedang berada di China. Bukan hanya alasan estetika saja, kelima dekorasi Imlek ini diharapkan bisa membawa segala bentuk keberuntungan bagi penghuni rumah. Gong xi fa cai!

Menjelang Imlek, kamu ingin mengganti furnitur rumahmu dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas dengan harga bersahabat, lho! Dekoruma jual lemari dapur, meja belajar, rak tv, sofa, dan lemari pakaian. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse