Bikin Kagum! 5 Ruang Bawah Tanah Ini Anti Pengap dan Suram!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ruang bawah tanah identik dengan kesan yang suram, pengap, dan tersembunyi. Tapi di zaman serba modern dan mengedepankan estetika ini, ruang bawah tanah bisa tampil dengan desain yang mengagumkan. Ada yang menggunakannya sebagai ruang keluarga, bioskop mini, ruang makan, ruang penyimpanan anggur, hingga kamar tidur. Hasilnya tidak kalah nyaman dan mengagumkan layaknya ruangan biasa.

Tidak percaya? Simak dulu 5 ruang bawah tanah paling mengagumkan di dunia berikut ini!

1. Ruang bawah tanah sebagai bioskop mini

ruang bawah tanah sebagai bioskop mini
sweettaterfestival.com

Ruang bawah tanah memiliki sifat yang kedap suara sehingga cocok dijadikan sebagai bioskop mini. Kamu bisa menonton sepuasnya dengan volume suara yang lumayan keras tanpa membuat tetangga risih. Lengkapi bioskop mini di ruang bawah tanah ini dengan kursi nyaman, layar besar, dan sound system yang mumpuni. Bioskop mini ini keren juga untuk dijadikan tempat berkumpul antar teman ketika ada film yang baru rilis.

2. Ruang bawah tanah sebagai ruang penyimpanan wine

ruang bawah tanah tempat penyimpanan wine
sebringdesignbuild.com

Wine atau minuman anggur tidak bisa disimpan dengan sembarangan. Ruangannya harus bebas dari sinar matahari atau lampu neon, serta suhu udara tidak boleh lebih dari 24 derajat Celcius. Dengan demikian, ruang bawah tanah bisa menjadi lokasi yang tepat. Tanpa sinar matahari, ruang bawah tanah akan menjadi lebih sejuk.

Contohnya adalah desain ruang penyimpanan wine bawah tanah yang satu ini, nuansanya mengingatkan kita akan gaya Mediterania atau Italia klasik. Dindingnya dilapisi batu alam berwarna cokelat. Di sisi kanan dan kiri ada rak untuk penyimpanan botol wine yang tersusun rapi. Tidak ketinggalan, di bagian tengah ada meja kursi untuk menikmati segelas wine.

3. Ruang bawah tanah sebagai kamar tidur

ruang bawah tanah sebagai kamar tidur
wikipedia.com

Bagi mereka yang memiliki kepribadian yang menyukai kedamaian dan privasi, ruang bawah tanah bisa menjadi sanctuary dan happy place yang sangat tepat. Jauh dari kesan yang suram, ternyata ruang bawah tanah juga bisa disulap menjadi kamar tidur yang nyaman. Kamar tidur yang dindingnya dibiarkan tanpa acian semen dan tidak rata permukaannya ini memiliki nuansa tradisional. Sekilas bentuknya menyerupai gua kecil karena langit-langitnya melengkung. Agar terang, dindingnya dicat warna putih dan diberi lampu pada beberapa sudut. Furnitur dari kayu dan lantai ubin membuat nuansa tradisionalnya semakin terasa.

4. Ruang bawah tanah sebagai ruang keluarga

ruang bawah tanah sebagai ruang keluarga
pinterest.com

Berikutnya ada ruang bawah tanah yang dimanfaatkan sebagai ruang keluarga modern. Tampilannya tidak berbeda jauh dengan ruang keluarga biasa, hanya saja tidak ada jendela yang menjadi jalur masuknya sinar matahari. Tenang saja, di ruang bawah tanah ini ada banyak lampu yang menggantikan sinar matahari. Ukurannya cukup luas hingga bisa menampung sofa besar dan meja bilyar.

ruang bawah tanah sebagai ruang keluarga
pinterest.com

Ada juga orang yang membuat ruang keluarga bergaya minimalis dengan pilar-pilar dan pintu kayu. Permukaan lantainya dilapisi karpet sehingga orang yang mampir ke ruang bawah tanah ini akan merasa sangat nyaman.

5. Ruang bawah tanah sebagai restoran

ruang bawah tanah bata ekspos sebagai restoran
timeout.com

Tidak melulu pada hunian, ruang bawah tanah juga ada yang dimanfaatkan untuk komersil seperti restoran yang satu ini. Langit-langitnya rendah dan dinding batu batanya terekspos. Nuansanya sangat tradisional. Ditambah dengan lampu temaram dan sofa berlapis kulit, ruang bawah tanah ini menjadi sangat romantis. Kalau diperhatikan, tidak hanya di luar negeri restoran dan bar bawah tanah mulai menjamur, tapi di Jakarta juga, lho!

Itulah 5 ruang bawah tanah yang mengagumkan di dunia. Apakah kamu berminat untuk menyulap rumah agar memiliki ruang bawah tanah juga? Jika iya, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya saja pembuatan sirkulasi udara, pemilihan material dinding yang anti air, struktur ruang yang kuat, struktur tanah yang mendukung, hingga batas garis sepadan yang ada.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse