Ibu Pintar, 7 Ranjang Tingkat Ini Bikin Si Kecil Makin Akrab!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ranjang tingkat biasa digunakan pada kamar tidur berukuran kecil dengan tujuan menghemat tempat dan agar satu kamar bisa diisi 2 orang. Tapi di balik fungsi utamanya ini, ternyata ranjang tingkat bisa membuat si kecil semakin akrab. Kok bisa? Karena berada di dalam kamar yang sama, mereka bisa saling bercengkrama bahkan curhat hingga tertidur. Saat bangun pagi pun, orang yang pertama dilihat adalah kakak atau adiknya.

Agar si kecil makin akrab lagi dan kamarnya menjadi semakin menarik, yuk coba 7 ranjang tingkat berikut ini!

1. Ranjang tingkat ala rumah-rumahan

ranjang tingkat model rumah-rumahan
nonagon.style
ranjang tingkat model rumah
weeshack.com

Si kecil pasti sering bermain rumah-rumahan di kamarnya. Agar terasa lebih nyata, coba gunakan ranjang tingkat ala rumah-rumahan seperti ini. Bagian atasnya lengkap dengan atap dan juga jendela. Materialnya menggunakan kayu sehingga rasanya seperti sedang berada di pinggir kota. Oh ya, anak yang tidur di bagian atas juga akan mendapat privasi lebih karena areanya cukup tertutup.

2. Ranjang tingkat dengan rak

ranjang tingkat dengan rak
cuckooland.com

Pada masa kanak-kanak, si kecil pasti suka mengoleksi aneka mainan dan buku bacaan. Supaya kamar terlihat lebih rapi dan mereka bisa bermain bersama, gunakan ranjang tingkat yang dilengkapi dengan rak seperti ini. Sambil bermain, ajarkan mereka juga untuk mengembalikan barang ke rak yang ada kalau sudah selesai. Tangganya memiliki desain yang lebar sehingga aman untuk anak-anak.

3. Ranjang tingkat untuk 4 bersaudara

ranjang tingkat empat ranjang
pinterest.com

Ranjang tingkat 2 sih sudah biasa. Bagaimana kalau ranjang tingkat untuk 4 bersaudara sekaligus? Pasti seru nih, si kecil bisa mengobrol sampai puas semalaman. Ranjang tingkat untuk 4 bersaudara ini sifatnya built-in dan permanen. Tangganya berada di bagian tengah. Sedangkan bagian bawah ranjang tingkat ini dilengkapi dengan laci penyimpanan. Meski tidur berempat dalam satu kamar, semua anak memiliki privasi karea ada partisi. Berikan lampu tambahan pada dinding supaya si kecil tetap bisa membaca atau bersantai meski lampu utama sudah dimatikan.

4. Ranjang tingkat ala princess

ranjang tingkat model princess
hersheyler.com

Pernah melihat ranjang-ranjang yang ada di kerajaan lengkap dengan kelambu dan tiang tinggi? Ternyata model seperti itu bisa dibuat untuk ranjang tingkat juga. Kalau anak perempuanmu suka membaca kisah dongeng atau menonton animasi tentang kerajaan, wajib nih menggunakan ranjang tingkat ini. Tangganya dibuat melebar seperti tangga masuk istana dan ranjangnya dilengkapi dengan tirai atau kelambu.

5. Ranjang tingkat bergaya minimalis

ranjang tingkat gaya minimalis
mocka.co.nz

Ingin yang lebih sederhana? Kalau begitu, ranjang tingkat minimalis ini perlu kamu pertimbangkan. Desain ranjang ini dilengkapi dengan tangga kecil dan tralis untuk mencegah si kecil terjatuh saat tidur. Meski sederhana, ranjang tingkat minimalis ini kuat menahan bobot anak karena menggunakan besi.

6. Ranjang tingkat merangkap sofa

ranjang tingkat dengan sofa
nonagon.style

Berikutnya, ada ranjang tingkat dengan area duduk di bagian sampingnya. Area ini bisa digunakan untuk membaca dan bermain karena area ranjangnya sendiri cukup gelap. Bagian pinggir ranjang ini juga bisa dimanfaatkan sebagai rak pajangan koleksi si kecil.

7. Ranjang tingkat siku-siku

ranjang tingkat model siku
feifanfurniture.com

Desain ranjang tingkat yang terakhir ini memiliki sudut siku-siku sehingga lebih hemat tempat, apalagi jika ada 3 anak sekaligus di dalam kamar tersebut; dua ranjang di bagian bawah dan satu ranjang di bagian atas. Warnanya cerah akan membuat si kecil bersemangat saat bangun tidur nanti.

Selain memperhatikan desain ranjang tingkat, perhatikan juga aspek keamanan supaya si kecil bisa tidur dengan tenang.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse