Lucu dan Nggak Ngebosenin! 6 Desain Tangga Rumah Sempit Paling Kreatif

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Rumah sempit dua lantai sudah menjadi temuan sehari-hari di tengah kota metropolitan yang padat seperti Jakarta. Lahan hunian yang semakin terbatas dan mahal menjadi beberapa penyebabnya. Banyak yang bilang rumah sempit tidak nyaman untuk dihuni. Padahal kalau kamu tahu beberapa triknya, rumah sempit pun akan terasa sama nyamannya dengan rumah besar. Salah satu trik tersebut adalah menentukan desain tangga rumah sempit yang tepat.

Seperti yang sudah kita ketahui, desain tangga pada umumnya berukuran besar dan memiliki sudut tertentu yang memakan banyak ruang. Oleh karena itu, kali ini Kania akan memberikanmu inspirasi untuk desain tangga rumah sempit yang tentunya fungsional dan aman untuk para penghuni rumah. Simak, ya!

1. Desain tangga rumah sempit bentuk spiral

desain tangga spiral warna hitam
contemporist.com

Pada rumah-rumah jaman dulu, tangga spiral biasanya digunakan untuk naik ke bagian loteng atau tempat menjemur pakaian. Tapi saat ini, tangga spiral bisa diterapkan sebagai desain tangga rumah sempit untuk menghubungkan dua lantai. Untuk menghilangkan kesan tangga loteng, sebaiknya kamu cat desain tangga rumah sempit ini dengan warna-warna elegan seperti hitam, putih, bahkan emas. Gunakan besi yang berkualitas tinggi agar tangga lebih kuat menopang beban penggunanya.

2. Desain tangga rumah sempit yang lurus

desain tangga sempit lurus
contemporist.com

Menggunakan tangga dengan bentuk huruf L akan memakan banyak ruang. Oleh karena itu, Kania sarankan kamu menggunakan desain tangga rumah sempit yang lurus seperti ini saja. Sekilas desain tangga rumah sempit ini mirip seperti tangga bambu dan tangga lipat yang biasa dipakai tukang bangunan. Tapi dengan material kayu dan tepian yang dipoles cat, hasilnya terlihat lebih modern. Desain tangga rumah sempit ini lebih cocok digunakan oleh anggota keluarga yang sudah berusia dewasa namun masih prima karena tidak adanya pegangan atau pembatas.

3. Desain tangga rumah sempit yang melengkung

desain tangga rumah melengkung
pinterest.com

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan desain tangga rumah sempit yang lurus karena alasan keselamatan, coba desain tangga rumah sempit yang melengkung seperti ini. Sekilas mirip dengan tangga bentuk huruf L, hanya saja terlihat lebih soft karena sudutnya melengkung. Supaya tidak menciptakan kesan ruangan yang sempit, gunakan teralis besi yang memiliki jarak satu sama lain.

4. Desain tangga rumah sempit irit tempat tapi kreatif

desain tangga sempit kreatif
contemporist.com

Sebenarnya desain tangga rumah sempit yang satu ini hampir sama dengan tangga lainnya yang berbentuk lurus. Yang membedakan dan membuatnya terlihat unik adalah bentuk susunan anak tangganya yang dibuat zig zag. Tingkat keselamatan penggunanya juga sangat terjamin karena di sisi kanan dan kiri ada dinding yang menjaganya. Sangat kreatif dan membuat rumah sempitmu menjadi lebih menarik!

5. Desain tangga rumah sempit siku-siku dalam ukuran mini

desain tangga siku-siku
pinterest.com

Jika sebelumnya kita sudah membahas desain tangga rumah sempit siku-siku dengan sedikit lengkungan, yang satu ini agak berbeda karena ukurannya mini. Saking mininya, desain tangga rumah sempit ini hanya bisa dilalui oleh satu orang dalam satu kesempatan. Yang unik dari desain tangga rumah sempit ini adalah anak tangga yang terlihat seperti melayang karena rangkanya ditanam pada dinding. Tenang saja, kalau pemasangannya tepat maka tangga ini mampu menopang beban berat.

6. Desain tangga rumah sempit menuju loteng

desain tangga sempit menuju loteng
whitehouse.com

Saking sempitnya sebuah rumah, terkadang penghuni harus memanfaatkan area loteng juga. Ada yang membuatnya menjadi sebuah kamar, ada juga yang membuatnya menjadi area penyimpanan. Desain tangga rumah sempit yang paling cocok untuk area loteng ini adalah sebuah tangga lurus dengan anak tangga berukuran kecil dan rangka besi.

Nah, bagaimana, sudah tidak bingung lagi dong mendesain tangga? Desain tangga rumah sempit mana yang menjadi pilihanmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse