Berbeda Teknik, Ini Cara Mencuci Keset Kamar Mandi Karet dan Kain yang Tepat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Dalam kamar mandi, keberadaan sebuah keset sangat diperlukan. Selain mencegah kita terpeleset, ia pun berguna untuk mengeringkan kaki yang basah. Maka dari itu, keset kamar mandi merupakan perlengkapan yang harus ada dalam sebuah kamar mandi.

Tak disadari, keset pun mudah menjadi sarang bakteri dan kuman setelah digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Diletakkan di ruangan yang lembap dan basah, lingkungan tersebut mendukung perkembangbiakan bakteri. Akhirnya, bau tak sedap dapat tersebar dalam kamar mandi yang pastinya membuat kita tidak nyaman.

keset kamar mandi zig zag putih dan abu-abu pada lantai kayu di sebelah bak mandibirchlane.com

Agar bisa terus bekerja secara maksimal, kita pun harus mencuci keset secara rutin. Pada umumnya terdapat dua jenis dari alas lantai itu, yaitu dari karet dan dari kain.

Bahan keset yang berbeda memerlukan cara mencuci yang berbeda pula. Ketahui teknik-teknik mencuci kedua alas lantai dari bahan yang berbeda ini agar mereka tahan lama.

Cara mencuci keset kain dengan mesin cuci

keset kamar mandi kain warna putih pada lantai kayuindependent.co.uk 

Teknik mencuci keset kain hampir sama dengan mencuci baju pada umumnya. Sebelum memulai, kamu harus mengecek label pada alas lantai ini untuk mengetahui instruksi khusus seperti tidak boleh dikeringkan dengan mesin pengering.

Kibaskan keset sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci dan menekan tombol pengaturan yang tepat. Pastikan menggunakan setidaknya air hangat agar dapat membunuh bakteri dan kuman yang bersarang di perlengkapan kamar mandi ini. Keringkan sesuai dengan instruksi pada label.

Cara mencuci keset kain dengan tangan

keset kamar mandi bergaris warna-warni digantung di sisi bak mandi pinkpinterest.com

Jika kamu ingin hemat air dan energi listrik, tak ada salahnya mencuci dengan tangan. Walaupun menghabiskan tenaga, tenik ini justru akan memudahkanmu untuk melihat apakah keset sudah lebih bersih atau sekadar mengontrol daya cuci.

Sediakan ember besar untuk mencuci keset, lalu tuangkan air hangat beserta cairan pembersih. Jika terdapat noda membandel, tuangkan cairan pembersih tepat pada noda dan diamkan selama lima menit.

tangan mencuci keset kamar mandi warna biru dengan sikat gagang hitamfamilyhandyman.com

Sikat hingga noda hilang dan masukkan kembali ke dalam ember. Bersihkan keset dengan menyikatnya pada segala sisi dan keringkan di gantungan penjemur. Keesokan harinya, perlengkapan kamar mandi ini pun sudah tampil bersih kembali.

Cara mencuci keset karet dengan mesin cuci

keset kamar mandi dari karet bentuk kotak abu-abu dan putih pada area showerretrorocket.info

Berbeda dengan cara mencuci keset kain, mencuci alas lantai yang terbuat dari karet lebih rumit. Sebelum memulai sesi mencuci, kamu harus memasukkan beberapa handuk atau kain ke dalam mesin cuci untuk membantu air membersihkan kotoran dengan lebih maksimal. Jangan lupa untuk menggunakan air hangat.

Setelah selesai mencuci, jangan keringkan keset karet di dalam mesin cuci karena bisa membuatnya melepuh sehingga bentuknya tidak sama seperti pada awalnya. Cukup kamu keringkan di luar, perlengkapan kamar mandi ini pun akan tetap memiliki bentuk yang sempurna.

Cara mencuci keset karet dengan tangan

keset kamar mandi warna biru pada ubin keramik kamar mandinorcho.com

Kamu hanya perlu siapkan ember untuk mencuci. Tuangkan air hangat secukupnya beserta dengan sabun cuci. Bersihkan dengan menggunakan sikat khusus atau spons hingga keset karet terbebas dari kotoran. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan. Mudah sekali, bukan?

Frekuensi mencuci yang tepat

keset kamar mandi pola wajik hitam dan putih di depan pintudekoruma.com

Jika kamar mandi sering digunakan dan keset jarang sekali ditemukan dalam keadaan kering, ada baiknya kamu mencucinya setiap seminggu sekali. Berbeda jika jarang basah, maka kamu bisa mencucinya hanya sekali dalam dua hingga tiga minggu. Agar memudahkan kamu, cucilah perlengkapan kamar mandi ini bersamaan dengan saat kamu membersihkan kamar mandi secara menyeluruh.

Walaupun cara mencuci keset karet ataupun kain hampir sama, terdapat hal-hal kecil yang perlu kamu perhatikan agar dapat mencuci hingga bersih dan menjaganya agar tahan lama. Selamat mencuci!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse