Lebih Cepat Bersih dengan Smart Mop, Alat Pel Favorit Ibu Masa Kini

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Padatnya aktivitas sehari-hari kerap membuat kamu terus menunda-nunda untuk membersihkan rumah. Alhasil, kegiatan bersih-bersih rumah hanya dilakukan sesempatnya saja, pada waktu-waktu tertentu. Padahal, untuk menjaga kondisi kesehatan keluarga, membersihkan rumah perlu dilaksanakan setiap hari.

alat pel dan ember air pel biru di atas lantai parket kayushutterstock.com

Tidak harus membersihkan ruangan secara keseluruhan, setidaknya kamu perlu meluangkan waktu untuk mengepel lantai setiap harinya. Sekarang ini, alat pel hadir dalam desain dan penggunaan yang lebih praktis sehingga menghemat lebih banyak waktu saat bersih-bersih rumah. Smart mop merupakan seperangkat alat kebersihan modern yang terdiri dari tongkat pel dan ember yang disertai alat pemeras.

Dengan alat pel modern ini, kamu tidak harus bersusah payah memeras kain pel dengan tangan sebagaimana saat mengepel menggunakan alat pel konvensional. Alergi dan iritasi yang disebabkan oleh cairan kimia yang menempel pada kain pel juga bisa kamu hindari. Kain pel bisa langsung digunakan dan dibersihkan dengan alat pemeras.

Jenis-Jenis Smart Mop

Kain microfiber untuk alat pel pintarpinterest.com

Alat pel pintar dibedakan ke dalam beberapa jenis berdasarkan bentuk kepala, desain, dan fitur yang dibenamkan. Namun, sebagian besar alat pel ini memiliki desain yang ringkas dan terbuat dari bahan baku yang ringan sehingga tidak terasa berat saat digunakan.

Ember terbuat dari bahan plastik yang anti pecah dan fleksibel saat dibawa berpindah tempat. Kain pelnya pun berbahan microfiber yang mana bisa lebih efektif mengangkat kotoran dengan daya kering yang jauh lebih cepat dibandingkan kain pel konvensional.

1. Circle Head

alat pel diperas dalam ember air pelshutterstock.com

Alat pel pintar dengan kepala berbentuk bulat merupakan jenis smart mop yang umum digunakan sebagai alat kebersihan rumah tangga. Dilengkapi dengan bucket system yang berisi alat pembilas sekaligus pengering, alat pel ini beroperasi dengan sistem knock and down.

Untuk membilas alat pel ini, tekan dan putar kepala pel secara bersamaan pada alat pembilas. Metode yang sama dapat dilakukan untuk proses pengeringan alat pel. Banyak juga produk alat pel circle head yang dilengkapi dengan ember beroda sehingga mempermudah mobilitasnya.

2. Flat Head

Alat pel flat head membersihkan lantai parket shutterstock.com

Berbeda dengan alat pel circle head, smart mop ini memiliki kepala berbentuk persegi. Karena bentuknya yang ramping dan kepalanya yang datar, alat pel ini dapat digunakan untuk membersihkan kaca dan jendela.

Metode penggunaan alat pel ini adalah sistem pressing, alat pel bisa langsung ditekan pada bagian permukaan yang ingin dibersihkan. Dalam embernya terdapat dua sekat, yaitu dry yang digunakan sebagai pengering dan wash yang dilengkapi sikat khusus untuk memisahkan kotoran yang menempel pada kain pel.

3. Spray Mop

perempuan memegang Alat pel spray head warna hijaushutterstock.com

Smart mop yang satu ini hadir dengan inovasi teknologi yang lebih canggih. Tidak seperti alat pel lain yang umumnya terbuat dari plastik, bagian tongkat alat pel ini terbuat dari stainless steel.

Tanpa disertai bucket system, desain alat pel ini tampil begitu compact dilengkapi dengan sprayer dan tabung yang dapat diisi cairan pembersih. Kain microfiber yang terdapat pada kepala alat ini juga sangat mudah untuk dilepas dan ditempelkan kembali.

kaki menginjak kepala alat pel untuk melepaskan alat shutterstock.com

Alat pel ini tidak hanya bisa membersihkan lantai dengan maksimal, namun juga mampu membersihkan area-area yang tidak terjangkau di dalam rumah seperti bagian bawah furnitur, bagian atas jendela, dan langit-langit ruang.

Perawatan Smart Mop

smart mop membersihkan lantai ubin kotorshutterstock.com

Sama halnya dengan alat pel konvensional, smart mop juga memerlukan perawatan untuk memperpanjang masa penggunaannya. Kebersihan adalah kunci menjaga keawetannya.

Untuk alat pel dengan kain berbahan microfiber, jangan lupa untuk selalu mengeringkannya di tempat yang bersih. Bahan microfiber sendiri dapat diganti secara rutin setidaknya 2-3 bulan sekali. Sedangkan, untuk bahan kain pel lain aman dicuci menggunakan detergen dan mesin cuci.

Alat pel warna hijau dengan bucket systempinterest.com

Setiap jenis smart mop memiliki desain dan kelengkapan fitur yang berbeda-beda, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri. Meski begitu, kelima alat pel ini tetap sama praktis dan cepat dalam membersihkan lantai. Manakah dari kelima jenis ini yang akan menjadi senjata andalanmu untuk mempermudah kegiatan bersih-bersih di rumah?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse