[Infografik] Rawat Terarium-mu Agar Berumur Panjang!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Ada banyak cara untuk menghadirkan tanaman di rumah, seperti menggunakan taman vertikal dan cara menanam hidroponik. Namun, terdapat cara lain yang lebih efisien apabila kamu punya rumah yang berlahan sempit, nggak mau repot, dan ingin rumah terlihat lebih sehat. Apa sih caranya? Tanaman terarium! Perawatannya pun termasuk mudah dan nggak memakan banyak waktu. Untuk lebih jelasnya, yuk, kita intip bareng!

Apa itu terarium?

Sebelum mempelajari perawatan tanaman terarium yang tepat, ada baiknya bila kita memahami dulu soal terarium. Terarium sendiri merupakan wadah kecil yang terbuat dari kaca atau plastik transparan. Tanaman yang dipelihara dalam terarium merupakan tanaman kecil dalam ruangan. Lebih mudahnya, terarium itu seperti mini green house. Terarium sering jadi alternatif bagi orang-orang yang dengan tanaman dekoratif tapi punya lahan yang sempit sekaligus dapat dijadikan dekorasi yang ditaruh di ruang tamu.

Bagaimana cara kerja tanaman dalam terarium?

Tanaman dan tanah akan menguapkan air yang nantinya akan menempel di dinding terarium. Nah, embun air tersebut akan mengalir kembali ke tanah. Dengan kinerja yang seperti ini, kamu nggak perlu repot mengurus tanaman terarium.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat merawat tanaman terarium?

Meskipun tanaman terarium mudah dirawat, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan demi kelangsungan hidupnya. Penyinaran matahari diperlukan oleh tanaman, tapi secara tidak langsung. Hal ini dikarenakan tanaman terarium sangat sensitif terhadap panas matahari. Untuk mengakalinya, kamu bisa juga menggunakan lampu LED kecil atau lampu bohlam yang tidak terlalu terang.

[Infografik] Merawat Terarium Nggak Sulit! Jaga Tanaman Supaya Berumur Panjang

Jangan beri air dan pupuk yang terlalu banyak karena bisa membahayakan pertumbuhan tanaman dan mengakibatkan terarium bisa tergenang air. Jika tanaman terarium sudah bercabang atau bentuknya sudah tidak beraturan, pangkaslah ranting, daun, dan akar yang mengganggu dengan gunting. Embun air yang terlalu banyak juga harus dihindari, jadi kamu perlu membersihkannya dengan serbet lembut atau kertas koran basah.

Tanaman apa yang bisa dirawat dalam terarium?

Tanaman dalam ruangan yang kerap dipakai untuk terarium adalah sukulen. Sukulen ini bisa bermacam-macam, seperti kaktus, echeveria minima, dan crassula. Selain itu, kamu juga bisa mencoba spiderwort, golden clubmoss, dan aquamarine.

Sama dengan sebuah akuarium ikan, kamu boleh menambahkan hiasan kecil untuk menemani tanaman. Batu alam kecil bisa dikombinasikan serabut khusus terarium. Atur sedemikian rupa supaya terarium terlihat apik dan jadi daya tarik utama.

Merawat tanaman terarium terlihat mudah, tapi harus dilakukan dengan sepenuh hati. Tindakan yang salah bisa membahayakan tanaman cepat mati. Jika kamu ingin mulai merawat tanaman terarium, dekoruma.com menyediakan wadah terarium dengan ragam bentuk. Yuk, membudidayakan tanaman lewat terarium!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse