Yuk, Kenali 5 Jenis Spons Untuk Mencuci Barang Kesayanganmu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Benda apa yang biasanya kamu pakai untuk mencuci piring? Ya, spons selalu jadi pilihan untuk urusan cuci mencuci. Alat pembersih ini bisa mengusap semua kotoran yang menempel dengan sempurna. Tak lupa, sabun cuci dan air makin membantu agar alat makan bisa kembali kinclong. Di samping alat makan, spons juga berguna untuk membersihkan benda lain, seperti jendela, mobil, atau furnitur lain.

Utamanya, spons memang berfungsi untuk membersihkan. Namun, apakah kamu tahu bahwa benda berbentuk busa ini terbagi dalam beberapa jenis? Tiap jenisnya pun memiliki fungsi membersihkan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, yuk, kita intip lima jenis spons di bawah ini!

Spons selulosa

Spons selulosa warna biru dengan busa dipegang sarung tangan oranyeshutterstock.com

Kania yakin kamu nggak asing dengan yang satu ini. Spons selulosa sering kita jumpai di pasar maupun supermarket. Dengan harga yang murah, ia memiliki daya serap yang baik dan bisa digunakan untuk mencuci segala barang. Bentuknya pun seukuran tangan orang dewasa sehingga memudahkan kita dalam menggunakannya.

Spons selulosa dengan permukaan abrasif

Spons selulosa dengan permukaan abrasifshutterstock.com

Spons jenis ini selalu dan tetap jadi primadona ibu rumah tangga. Memiliki bahan yang sama dengan yang sebelumnya, benda pembersih satu ini dikombinasikan dengan permukaan abrasif atau kasar. Perpaduan kedua bahan ini mampu menjadi alat pembersih sempurna. Hal ini disebabkan bahan selulosa bisa membersihkan kotoran dan permukaan abrasifnya bisa memusnahkan kotoran yang sulit dibersihkan pada umumnya.

Gunakan spons ini untuk menghilangkan kerak makanan pada pemanggang, panci, wajan, dan oven. Tingkat kekasaran pada permukaan abrasif memiliki level yang berbeda. Maka dari itu, pastikan sebelum kamu membeli benda pembersih ini, lihat detail produk pada kemasan dan pertimbangkan apakah cocok digunakan sesuai kebutuhanmu. Biasanya, tingkat kekasaran yang rendah cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Spons kawat

Spons kawatshutterstock.com

Terbuat dari filamen baja dan logam yang lentur, spons ini kerap jadi alternatif untuk membersihkan kerak makanan membandel. Meski dari baja, benda pembersih ini nggak akan meninggalkan goresan pada barang. Jadi, kamu nggak perlu takut saat membersihkan barang milikmu. Justru, alat pembersih jenis ini bisa menghemat waktu dan tenaga karena hanya dalam beberapa kali gesek, kotoran akan hilang.

Spons laut

Spons laut warna kuningshutterstock.com

Berbeda dengan yang lainnya, jenis ini termasuk ramah lingkungan. Hal ini disebabkan spons merupakan makhluk hidup yang bertumbuh di dasar laut. Dengan tingkat kehalusan dan daya serap yang tinggi, spons laut sangat cocok untuk membersihkan benda dengan permukaan luas, seperti kaca jendela dan mobil. Jangan gunakan alat pembersih ini untuk mencuci alat makan karena strukturnya bisa cepat terkelupas.

Spons kering

Spons keringgoogle.com

Jika keempat spons di atas bisa digunakan dalam keadaan basah, spons yang satu ini justru tidak bisa. Namun, alat pembersih yang terbuat dari campuran karet dan sedikit sabun ini mampu jadi solusi dalam membersihkan barang yang tidak ramah air. Beberapa di antaranya adalah gorden lipat, wallpaper tembok, dan kap lampu.

Setelah kamu menggunakan spons kering, sebaiknya kamu masukkan ke dalam plastik klip untuk menjaganya dari kekeringan dan pengerasan. Jika sudah kotor, potonglah permukaannya dengan gunting atau cutter sehingga benda pembersih ini punya permukaan yang bersih lagi.

tumpukan spons berbeda warnamcgill.ca

Nah, sudah tahu kan jenis dan fungsi tiap spons? Jangan sampai salah pilih, ya. Pastikan spons milikmu digunakan untuk membersihkan barang yang tepat. Selain itu, bersihkan secara rutin agar tetap awet digunakan dan nggak bau.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse