Bingung Memilih Warna Rumah? Simak 5 Skema Warna yang Memikat Mata Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Skema warna yang tepat mampu mengisi jiwa setiap ruang kosong di dalam rumah. Ruangan juga tak sekedar hidup, skema warna ruangan dapat memberikan pengaruh positif untuk psikologis penggunanya.

Namun, proses memilah dan memilih warna bukanlah perkara enteng. Bayangkan saja di antara jutaan warna yang ada, kamu perlu menentukan beberapa pilihan warna yang dapat menghasilkan kombinasi yang harmonis.

Terlebih, skema warna yang nampak di dalam ruang tidak hanya datang dari satu atau dua elemen interior saja. Setiap elemen interior, mulai dari furniture sampai detil terkecil turut menyumbang keberagaman warna dan memberikan dampak yang berbeda pada hasil akhir skema warna.

Menerapkan skema warna berbeda dengan membongkar-pasang furnitur modular. Jika hasilnya tidak sesuai yang dibayangkan, praktis kamu tidak bisa langsung menggantinya dengan skema warna lain.

Kelima tema perpaduan warna ini dapat membantumu menentukan skema warna apa yang tepat untuk interior rumahmu.

 1. Skema warna yang apik dari warna hijau dan cokelat

skema warna dari warna hijau dan cokelat

Kehadiran furnitur kayu dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap skema warna ruangan. Meskipun memiliki karakter yang cenderung netral, tidak menutup kemungkinan nuansa kayu yang dipancarkannya justru tampil lebih dominan dibandingkan warna-warna lainnya.

Saat sengaja menyorot furnitur kayu sebagai furnitur utama di dalam skema warna, yang diperlukan adalah satu warna pendamping yang cukup mengimbangi pesona dari warna kayu tersebut. Misalnya, warna hijau pastel pada ruang makan ini yang tampil sama kuatnya dengan warna kayu yang muncul dari meja makan dan lemari dapur.

2. Perpaduan manis warna biru dan merah muda

skema warna dari warna biru dan merah muda

Tak perlu ragu menghadirkan skema warna bernuansa feminin di dalam ruangan. Dengan komposisi yang tepat, skema warna tidak akan tampil terlalu manis dan menganggu kenyamanan. Pemakaian warna biru dan pink dibeberapa titik malah bisa memberikan efek yang menenangkan.

skema warna dari warna biru dan merah muda

Pilihlah salah satu dari dua warna ini sebagai warna utama dan mengaplikasikannya pada sebagian dinding ruangan. Jika warna pink menyapu dinding interior, pilihlah warna biru dan turunannya untuk mengisi detail dan pernik dekor. Tak lupa, gunakanlah warna-warna netral untuk menguatkan koneksi antar dua kombinasi pada skema warna ini.

3.Skema warna alami yang meneduhkan

skema warna dari warna alami dan netral

Hadirkan kesan membumi di dalam ruangan dengan mengaplikasikan skema warna berikut ini. Pada dasarnya, warna putihlah yang berperan sebagai warna utama dalam skema warna alami ini. Ketiga warna pendamping yaitu cokelat, hijau daun, dan abu-abu hadir menciptakan kontras yang halus.

Untuk menciptakan skema warna alami yang kuat, sebaiknya warna-warna tersebut didatangkan langsung melalui unsur-unsur seperti tanaman hias, keranjang rotan dan kursi malas serta lantai parket bertekstur kayu.

4. Tosca dan kuning yang dinamis

skema warna dari warna tosca dan kuning

Dalam skema warna ruangan, dua warna berbeda yang bisa tampil sama kuat adalah warna tosca dan kuning. Saat dipadukan dalam komposisi yang sama dominannya, kedua warna ini dapat memunculkan kesan segar dan ringan ke dalam ruangan.

Tentu kehadiran warna netral juga perlu dipertimbangkan dalam skema warna yang didominasi warna kuning dan tosca. Seperti yang terlihat pada interior ruang makan ini yang menggunakan warna putih dan abu-abu semen untuk menciptakan keunikan yang berbeda dari skema warna yang memadukan warna kuning dan tosca.

5. Skema warna dengan percikan warna kuning

skema warna dari warna kuning

Warna kuning adalah pembangkit optimisme. Tak pelak, kesan ceria pun sangat lekat dengan warna ini. Sertakan warna kuning ke dalam skema warna di ruang kerja, ruang bermain anak, dan kamar tidur anak. Selain kecerian, warna kuning dan turunannya, seperti oranye dan jingga dapat menstimulasi kinerja otak dan merangsang kreativitas.

Tak harus menjadikannya sebagai warna utama dalam skema warna, cukup hadirkan warna kuning sebagai elemen kejut melalui elemen dekorasi atau hiasan dinding di antara perpaduan warna-warna gelap atau netral.

skema warna dari warna kuning

Perpaduan warna yang ditampilkan dalam skema warna ruangan tak bisa hanya sekedar apik, namun juga harus memberikan makna yang berarti untuk menciptakan mood dan atmosfer yang positif. Dari kelima skema warna di atas mana yang menjadi favoritmu?

Jika ingin memiliki rumah impian dengan skema warna yang menarik seperti referensi di atas, kamu bisa memakai jasa interior desainer dari DekorumaHome lho, Langsung saja daftarkan dirimu melalui tautan ini!

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse