Simak Penyebab Tabung Gas Meledak dan Cara Mencegahnya

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tabung gas LPG yang bocor seringkali menjadi penyebab kebakaran pada rumah. Ada juga peristiwa di mana ledakan tabung gas hanya melukai orang-orang di sekitarnya. Kedua hal tersebut tetap merugikan. Maka dari itu, ledakan tabung gas LPG harus dicegah dengan langkah yang tepat.

Sebelum mengetahui cara mencegah ledakan tabung gas, kamu harus paham penyebab tabung gas bisa meledak disertai dengan proses ledakannya. Jika kamu sudah memahaminya, maka kamu bisa melindungi diri sendiri dan anggota keluarga lainnya dari peristiwa ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Tabung Gas LPG Meledak

Tiga Tabung Gas Biru dan Merah Terbakarshutterstock.com

Tabung gas bisa meledak karena beberapa sebab yang mungkin tidak kamu sadari. Pertama adalah bocornya tabung gas. Ada kalanya selang dan keran penutup tabung gas tidak rapat. Namun, penggunaan selang yang tidak sesuai standar keamanan juga mungkin berperan dalam peristiwa meledaknya tabung gas. Berfungsi sebagai penghantar gas dari tabung ke kompor, selang tentu harus memiliki kualitas yang baik agar meminimalisir potensi bocornya gas.

Di samping kebocoran tabung gas, dapur yang terlalu tertutup juga bisa memicu ledakan tabung gas. Gas jenis LPG lebih berat daripada udara yang kita hirup sehingga gas jenis LPG akan turun ke bawah. Jika sirkulasi udara di bagian bawah dari dapur tidak lancar, gas jenis LPG akan tertahan di dapur, bercampur dengan udara sehingga bisa membuat tabung gas meledak.

Proses Meledaknya Tabung Gas LPG

tiga Faktor Penyulut Api penyebab tabung gas meledakshutterstock.com

Proses ledakan tabung gas terjadi diawali dengan adanya percikan api di sekitar tabung gas yang bocor. Percikan api dapat muncul jika terdapat tiga unsur berikut, yaitu gas LPG itu sendiri yang setara dengan bensin, oksigen dari udara, dan sumber panas.

Awalnya, tabung gas mengalami kebocoran dan mulai bercampur dengan oksigen di udara. Nah, jika tabung gas berada di posisi dekat dengan sumber panas seperti kompor, tabung gas akan kemungkinan besar meledak.

Cara Mencegah Ledakan Tabung Gas LPG

Melihat bahayanya peristiwa ini, kamu pasti ingin tahu cara mencegahnya. Cara-cara ini bisa dengan mudah kamu terapkan dan pastikan juga seluruh anggota keluarga di rumah mengetahuinya.

1. Gunakan peralatan yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)

kompor, regulator, dan pipa ber-SNI untuk tabung gasblogspot.com

Memang banyak beredar selang tabung gas dengan harga yang menggiurkan. Namun, apakah yakin ingin menukarkan keamanan keluarga demi menghemat beberapa perak? Sebaiknya pastikan selang dan regulator untuk tabung gas di rumahmu sesuai dengan SNI. Penggunaan selang dan regulator ber-SNI tentu akan memperkecil potensi tabung gas meledak. Perhatikan juga kompor rumahmu agar terdapat tanda SNI untuk meminimalisir kecelakaan di dapur.

Semua peralatan di dapur perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik sebelum, saat, dan setelah penggunaan. Jangan sampai makanan tumpah dan mengenai peralatan dapur, terutama selang tabung gas. Jika ada bekas makanan menempel, tikus pasti akan datang mengincar dan merusak peralatan dapur tersebut. Tentu sangat berbahaya apabila selang tabung gas rusak dan gas LPG bocor. Selain itu, kamu juga bisa beralih menggunakan peralatan masak lain seperti kompor listrik.

2. Peralatan terkait tabung gas harus terpasang erat

tabung gas dipasang regulator oleh seseorangshutterstock.com

Setelah dibeli, perhatian kita tidak boleh berhenti. Peralatan ber-SNI harus dipasang sesuai dengan instruksi, pastikan pemasangan hingga erat supaya tabung gas tidak bocor. Jika kamu mendengar suara mendesis walaupun selang dan regulator tampak sudah terpasang di tabung gas, itu pertanda bahwa pemasangan peralatan tersebut masih belum cukup erat. Apabila suara mendesis masih terus terdengar, mungkin saatnya kamu mengganti regulator tabung gas karena karet penahan gas mungkin sudah kendur.

3. Dapur punya ventilasi udara yang baik

Set Dapur kayu minimalis dengan banyak ventilasi shutterstock.com

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, berat jenis gas LPG lebih berat dari udara sehingga gas turun ke bawah. Maka dari itu, dapur harus memiliki sirkulasi udara yang baik di bagian bawah. Hal ini dilakukan supaya gas LPG bisa keluar dari dapur dan tidak bercampur dengan udara di dapur. Dengan begitu, tabung gas tidak akan meledak karena campuran gas yang sensitif akan panas.

4. Letakkan tabung gas agak jauh dari sumber panas

Memasang regulator di tabung gas barushutterstock.com

Jangan meletakkan tabung gas sejajar dengan kompor atau di atas kompor. Sebaiknya, tabung gas ditaruh di bawah kompor dengan jarak yang agak jauh supaya tabung tidak terpapar api yang bisa menstimulasi ledakan. Lebih baik apabila tabung gas diletakkan di kabinet di bawah kompor.

Pada intinya, ledakan tabung gas LPG sering terjadi karena kita lalai merawat dan memastikan kondisi tabung gas, selang, regulator, dan kompor milik kita. Pastikan kamu dan seluruh anggota keluargamu mengetahui bahwa selang dan regulator harus terpasang di tabung gas dan kompor dengan erat, sirkulasi udara di dapur dipastikan selalu lancar, dan tabung gas harus diletakkan agak jauh dari kompor.

Apabila kamu mencium bau menyengat, segera matikan kompor dan buka jendela serta pintu supaya baunya keluar dan tidak bercampur dengan udara di dapur. Selalu dahulukan keamanan saat memasak, ya!

Kesulitan mencari furnitur berkualitas untuk melengkapi dapur atau ruang makanmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kursi makan, meja makan, kabinet, dan lemari dapur dengan beragam model serta ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse