5 Jembatan Terindah di Dunia Ini Bikin Kamu Merinding Kagum!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Apa yang kamu ketahui soal jembatan? Penghubung antar daratan yang dilewati sungai? Jalanan melayang? Kedua hal ini benar. Namun, apakah kamu pernah berpikir bahwa jembatan juga bisa menjadi sebuah tempat wisata hingga ikon sebuah wilayah?

Jembatan yang didesain dengan gaya arsitektural yang mengagumkan akan menjadi tempat wisata yang didatangi banyak turis. Hal ini pun akan berdampak pada pendapatan kota tersebut di sektor pariwisata. Menarik, bukan? Kali ini, Kania akan membagikan lima jembatan dengan desain arsitektur terindah di dunia. Bisa jadi, kelima jembatan ini jadi destinasi wisatamu selanjutnya!

Tower Bridge, London, Britania Raya

jembatan Tower Bridge saat malam harishutterstock.com

Kania jamin kamu tidak asing dengan jalan penghubung satu ini. Ya, Tower Bridge sudah jadi ikon terkenal kota London. Kamu sering menemuinya dalam berbagai film Holywood yang menampilkan London sebagai lokasi ceritanya. Karena terletak di dekat London Tower, jembatan ini diberi nama Tower Bridge.

jalan jembatan Tower Bridge yang terbukashutterstock.com

Jembatan ini menghubungkan dua daratan yang dilalui oleh Sungai Thames, yaitu Jalan Raya Borough, Southpark London Tengah dan Jalan Raya King William, London. Uniknya, jalan penghubung ini bisa dibuka ketika ada kapal yang lewat. Tak hanya itu, Tower Bridge punya dua jenis jalan, yaitu yang dilewati oleh transportasi darat dan pejalan kaki. Jembatan ini memiliki panjang 269 meter dengan rentang terpanjang 104 meter, tinggi 8,9 meter, dan lebar 32 meter.

Jembatan yang dibuka pada 30 Juni 1894 ini memiliki konsep jalanan yang digantung. Jalan yang dilewati tranportasi darat seolah diangkat dan ditarik oleh besi melengkung yang menempel pada dua menara khas kerajaan Inggris. Dua menara ini pun dihubungkan oleh dua koridor di mana pejalan kaki bisa melewati jembatan ini sambil menikmati pemandangan indah kota London. Saat malam tiba, Tower Bridge akan dihiasi dengan lampu yang membentuk kerangka ikon London ini.

Millau Viaduct, Perancis

jembatan Millau Viaduct di tengah kabut putihfosterandpartners.com

Jembatan tertinggi di dunia ini didesain oleh arsitek dari Inggris bernama Norman Foster didampingi oleh ahli bangunan Perancis Michel Virlogeux. Millau Viaduct memiliki tinggi 343 meter, lebih tinggi dari Menara Eiffel, Perancis dan Empire State Building, New York! Selain itu, jembatan ini juga mendapatkan Outstanding Structure Award 2006 oleh International Association from Bridge and Structural Engineering.

Millau Viaduct berdiri di atas lembah Sungai Tarn yang terletak dekat kota Millau di selatan Perancis. Saat kabut turun, kamu akan merasa seperti berjalan di atas awan. Alasan dibangunnya jembatan Millau Viaduct adalah adanya kemacetan parah di lembah Sungai Tarn, terutama saat liburan musim panas. Dimulai pembangunan dari 16 Oktober 2001, jembatan dengan panjang 2.460 meter dan lebar 32 meter ini bisa digunakan masyarakat setempat pada 16 Desember 2004.

tiang-tiang jembatan Millau Viaduct arcadis.com

Jika dilihat dari samping, bangunan Millau Viaduct sangat tipis dan tinggi. Tujuh tiang yang berdiri di tengah jalan jembatan menjadi penyangga beberapa kabel besi. Berwarna putih dan abu-abu, jembatan Millau Viaduct memberikan solusi atas kemacetan dan di saat yang bersamaan, menyuguhkan orang-orang yang lewat dengan pemandangan sekitar lembah Sungai Tarn yang mengagumkan.

Juscelino Kubitschek Bridge, Brasilia, Brazil

jembatan besi melengkung Juscelino Kubitschek Bridge saat malam harishutterstock.com

Jembatan dengan arsitektur yang mengagumkan memang mengundang daya tarik tersendiri, seperti Juscelino Kubitschek Bridge yang merupakan jalan penghubung yang berada di atas Danau Paranoá. Dengan panjang 1.200 meter dan lebar jalan 24 meter, Juscelino Kubitschek Bridge bisa dilewati oleh pejalan kaki maupun transportasi darat.

Nama jembatan ini merujuk pada nama presiden Brazil ke-21, Juscelino Kubitschek de Oliveira. Nama Juscelino digunakan atas bentuk dukungannya pada pembangunan kota Brasilia. Juscelino Kubitschek Bridge didesain oleh seorang arsitek bernama Alexandre Chan dan insinyur Mário Vila Verde. Semenjak dibuka untuk umum pada 15 Desember 2002, jembatan ini menjadi ikon terkenal kota Brasilia.

pantulan indah jembatan Juscelino Kubitschek Bridge di permukaan airshutterstock.com

Di tiap ujung Juscelino Kubitschek Bridge terdapat empat pilar yang menyangga jembatan. Tiga lengkungan putih berbentuk setengah lingkaran sepanjang jembatan ini menjadi daya tariknya tersendiri. Ujung tiap lengkungan menjadi pilar penyangga juga. Saat Danau Paranoá sedang tenang, kamu bisa melihat pantulan tiga lengkungan tersebut di air dan menghasilkan ilusi yang memikat mata.

Khaju Bridge, Isfahan, Iran

jembatan bangunan emas berbentuk bendungan Khaju Bridge di Iranshutterstock.com

Sekilas, kamu akan mengira foto di atas merupakan bangunan memanjang yang didirikan di atas air. Nyatanya, foto ini menampilkan jembatan yang dibangun menyerupai sebuah bangunan. Bernama Khaju Bridge, jalan ini menghubungkan dua daratan yang dilalui oleh Sungai Zayanderud.

Sebelum Khaju Bridge ada, sudah ada jembatan yang menghubungkan dua daratan tersebut. Namun, Shah Abbas II yang menjadi pemerintah pada tahun 1650-an ingin Isfahan makin terkenal. Maka dari itu, dibangunlah ragam bangunan dengan desain yang memukau termasuk Khaju Bridge. Jembatan ini pun menjadi tempat wisata, tempat minum teh, tempat rapat, dan bendungan.

jembatan Khaju Bridge tampak dekatwikimedia.com

Bangunan khas Persia terletak di kiri dan kanan jalan sepanjang Khaju Bridge. Dengan dominasi material batu dalam beragam bentuk dan warna, bangunan tersebut memiliki aksen melengkung pada fasad luarnya. Di tengah jembatan ini, kamu akan menemukan bangunan besar berkubah putih berhiaskan motif berwarna coklat. Keramik bermotif khas Persia dan lukisan indah ikut meramaikan Khaju Bridge.

Helix Bridge, Singapura

jembatan Helix Bridge kerangka besi dengan lampu ungu saat malam hariarchdaily.com

Kamu ingin melewati jembatan yang berkonsep futuristik? Yuk, mampir ke Helix Bridge. Jembatan yang terletak di area Marina Bay Sands, Singapura ini dikhususkan bagi pejalan kaki dan setelah dibuka untuk umum pada 18 Juli 2010, Helix Bridge menjadi salah satu destinasi wisata para turis.

Bentuk jembatan futuristik ini terbilang unik. Dikelilingi oleh pola spiral, Helix Bridge menyerupai bentuk DNA pada tubuh manusia. Empat buah spiral ini melindungi pejalan kaki dari panas ataupun hujan, tapi mereka masih bisa menikmati pemandangan area Marina Bay Sands dari Helix Bridge karena empat spiral tersebut tidak sepenuhnya menutupi jembatan.

Dari kelima jembatan di atas, mana yang jadi pilihanmu untuk tujuan wisata selanjutnya? Jujur, Kania juga bingung mana yang paling indah karena semuanya benar-benar mengagumkan! Jika kalian ke salah satu jembatan ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga dengan orang tersayang yang mendampingimu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse