5 Prinsip Desain Skandinavia yang Harus Kamu Ikuti!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Apakah kamu termasuk penggemar hunian-hunian atau bangunan dengan gaya desain Skandinavia? Tren gaya desain Skandinavia memang tengah diminati karena tampilannya yang sederhana namun tetap menarik. Tak heran kini berbagai prinsip desain Skandinavia kerap diterapkan dalam hunian ataupun berbagai bangunan komersial. Gaya desain kekinian ini juga dianggap sangat instagramable sehingga sangat digemari oleh anak-anak muda.

Tertarik terapkan prinsip desain Skandinavia untuk rumahmu? Cari tahu dulu lebih dalam mengenai prinsip-prinsip desain Skandinavia berikut.

Prinsip Desain Skandinavia yang Dekat dengan Alam

rumah desain skandinavia warna hitam dan aksen kayu di tengah hutan bersaljublacklabelapp.co

Pada awalnya, hunian-hunian Skandinavia banyak dibangun berdampingan dengan alam baik itu di pinggiran hutan ataupun di tengah perkebunan. Tak heran salah satu prinsip desain Skandinavia yang utama adalah penambahan unsur dan elemen natural atau alami.

prinsip desain skandinavia di ruang keluarga dengan furnitur rotan tanaman hijau dan kayushutterstock.com

Prinsip desain Skandinavia ini bisa kamu lihat dari penggunaan material-material alami pada hunian Skandinavia. Prinsip desain yang dekat dengan alam akan memberikanmu tampilan-tampilan kayu alami pada elemen seperti lantai, perabot, bahkan dinding. Umumnya, kayu berwarna terang seperti pinus sering ditemukan untuk memperkuat aksen Skandinavia pada desain ruangan.

Selain material, prinsip desain Skandinavia sering menggunakan dekorasi bernuansa alam, mulai dari sekedar vegetasi hingga pajangan kayu.

Pengolahan Bentuk-bentuk yang Sederhana

kamar tidur dengan kasur abu-abu dan tanaman hijau di jendelaedcomp.org

Salah satu alasan mengapa prinsip desain Skandinavia cukup digemari kini karena tampilannya yang sederhana dan tak berlebihan. Prinsip desain ini memang lekat dengan bentuk-bentuk yang minimalis tanpa elemen dekoratif yang berlebihan. Kamu akan sangat jarang menemukan bentuk-bentuk asimetris dan juga pengolahan bentuk organik yang terlalu abstrak pada desain-desain hunian Skandinavia.

Namun, kesederhanaan dalam prinsip desain ini sama sekali tak mengurangi daya tarik dari gaya hunian Skandinavia. Simpel tapi praktis pun menjadi salah satu daya tarik dari hunian Skandinavia.

Prinsip Desain Skandinavia yang Terbuka dan Terang

ruang tidur skandinavia dominasi warna putih yang terangdecoholic.org

Kedekatan dengan alam juga membuat prinsip desain hunian Skandinavia sangat identik dengan pencahayaan alami. Rumah-rumah yang menerapkan desain Skandinavia umumnya akan memiliki bukaan yang relatif besar untuk memaksimalkan pencahayaan alami.

Prinsip desain Skandinavia tak hanya terasa lebih nyaman, ia juga membuat rumah hemat energi sehingga menghemat tagihan listrik. Tentu ini menjadi nilai tambah yang berguna ketika sudah mempunyai rumah sendiri.

Utamakan Ergonomi dan Fungsional

perempuan lesehan membaca buku dan minum susu di tempat tidur abu-abushutterstock.com

Tak cuma soal bentuk-bentuk sederhana dan minimalis, alasan lain dibalik pengolahan bentuk pada hunian Skandinavia adalah prinsip desain ergonomis yang mengutamakan kenyamanan penghuni dalam beraktivitas dan aspek fungsional yang lebih diutamakan.

Perabot dan elemen dalam ruangan berdesain Skandinavia pun minim unsur dekoratif dan lebih berfokus pada desain compact yang fungsional dan sesuai dengan perilaku dan aktivitas dari para penghuni rumah.

Warna-warna pada Desain Skandinavia

ruang tamu dengan sofa bentuk l warna abu-abu dan furnitur kayu dan tanaman hijaudecordots.com

Berbicara prinsip desain Skandinavia, tak lengkap tanpa membahas palet warna pada hunian scandinavian. Desain Skandinavia tentu tidak akan mempunyai palet warna yang jauh dari unsur alam. Warna-warna kontras yang mencolok akan sangat jarang kamu temui pada hunian-hunian Skandinavia.

Pada umumnya, desain Skandinavia akan memainkan warna netral seperti putih dan abu-abu yang dipadukan dengan warna-warna earthy tone yang kalem. Terkadang, cipratan warna seperti kuning mustard, biru tua dan maroon juga dimasukkan sebagai variasi desain. Berdampingan dengan furnitur beraksen kayu dan material alami lainnya, palet warna ini tentu akan terlihat sangat harmonis, membentuk desain ruangan Skandinavia yang menyeluruh.

Model ruang tamu bergaya Skandinaviahappygreylucky.com

Itulah lima prinsip desain dasar pada hunian Skandinavia. Walaupun rumahmu mungkin tidak akan menerapkan desain Skandinavia secara keseluruhan, tentu mengetahui mengenai prinsip desain Skandinavia akan membantumu dalam menentukan desain hunian idaman.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse