5 Inspirasi Ruangan Minimalis yang Bisa Diaplikasikan di Rumahmu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ruangan minimalis sudah menjadi pilihan banyak orang di zaman yang serba modern ini. Gaya ruangan minimalis menawarkan kemampuannya dalam menghemat ruangan dan lebih mengutamakan fungsionalitas. Maka dari itu, kita bisa melihat di tiap ruangan minimalis, tidak ditemukan banyak barang.

Terkadang kamu bingung cara mengaplikasikan ruangan minimalis dalam rumahmu. Mungkin desain yang kamu inginkan terlihat seperti ruangan minimalis, tetapi nyatanya tidak. Nah, untuk menjawab seluruh keluh kesahmu, Kania akan membagikan lima inspirasi ruangan minimalis yang bisa kamu terapkan di setiap ruangan dalam rumahmu. Yuk, kita intip bersama!

Warna Gelap yang Menarik Mata

ruangan minimalis dengan warna abu-abu sebagai pusat perhatianhunker.com

Ruang keluarga adalah ruangan dalam rumah yang menjadi titik kumpul seluruh anggota rumah. Di sini, kamu bisa menonton TV, bersenda gurau bersama anggota keluarga lain, atau sekedar istirahat sejenak. Supaya ruang keluarga lebih atraktif, kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah ruangan minimalis.

Di ruangan minimalis ini, penggunaan warna gelap menjadi focal point. Warna abu-abu tua terkumpul pada satu tempat di mana ada sofa, karpet, bantal, dan lampu lantai. Di dinding atas sofa, pasanglah foto dengan warna senada. Dengan menggunakan teknik ruangan minimalis ini, ruang keluarga akan terlihat lebih hidup dan tentunya tali kekeluargaan pun makin erat.

Penggunaan Lukisan Besar sebagai Dekorasi

gaya ruangan minimalis pada ruang makan dengan lukisan besar beruang di dindinghome-designing.com

Kamu penyuka warna monokrom? Cobalah menggunakan desain ruangan minimalis ini pada ruang makan. Penataan gaya ruangan minimalis pada ruang makan sebaiknya di dekat jendela yang bersebelahan dengan taman belakang rumah supaya kamu bisa menikmati santapan dengan lebih rileks. Saat matahari terasa terik, kamu bisa memasang gorden model sheer untuk meminimalisir cahaya matahari yang masuk.

Selain itu, pasanglah sebuah lukisan atau karya seni berukuran besar. Kehadirannya mampu meramaikan ruangan minimalis sehingga tidak terlalu sepi dan hampa. Di tengah meja, letakkan tanaman hijau untuk menemanimu makan.

Bermain dengan Warna-warna Retro

ruangan minimalis dengan perpaduan warna retro merah biru kuning di dapurhome-designing.com

Ruangan minimalis tak harus selalu berwarna monokrom, lho. Kamu bisa memadukan warna khas retro, khususnya di dapur. Justru, penggunaan warna retro pada ruangan minimalis juga bisa membuatnya terasa lebih ada kehidupan. Namun karena warna retro yang kuat, kamu tetap harus menggunakan warna putih untuk menetralkannya, seperti pada dinding dapur.

Kamar Mandi Natural

ruangan minimalis natural di kamar mandi dominasi putih dengan tanaman hijauhome-designing.com

Konon katanya, sebuah rumah akan terbilang bersih bila memiliki kamar mandi yang bersih juga. Bersih biasa identik dengan warna putih. Supaya hal ini bisa terasa efeknya, aplikasikan warna putih pada dinding kamar mandi. Gunakan rak kayu dan beberapa tanaman hijau di ruangan minimalis tersebut. Cara ini dilakukan supaya kamar mandi lebih terasa alami.

Dalam penataan gaya ruangan minimalis pada kamar mandi, Kania menyarankan kamu untuk menggunakan model kamar mandi yang memisahkan area mandi dan area toilet. Area toilet sebaiknya kering untuk menjauhkan kamu dari penyakit. Selain itu, buang air pun lebih nyaman karena kamu tidak melewati area basah.

Penggunaan Rangka Kasur Kotak

penggunaan rangka kasur kotak di ruangan minimalis kamar tidurelledecor.com

Desain ruangan minimalis yang terakhir adalah kamar tidur. Kasur merupakan benda utama yang harus ada. Maka dari itu, kamu harus membuat kamar tidur terasa lebih nyaman. Untuk menghadirkannya, gunakan rangka kasur kotak yang menjulang ke atas warna hitam. Kemudian, taruh kasur beserta penyangga berwarna putih. Kombinasi warna hitam dan putihnya terlihat seimbang di kamar tidurmu. Tak hanya itu saja, untuk mendukung gaya ruangan minimalis, gunakan furnitur lain yang memang dibutuhkan, seperti nakas, kursi, cermin, dan lampu dekat kasur.

Pada intinya, penerapan gaya ruangan minimalis tak perlu repot-repot. Cukup pikirkan barang mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak. Hal ini akan membantumu menghemat ruang di ruangan minimalis. Selain itu, gunakan furnitur yang tidak terlalu aneh tapi tetap bisa menggaet perhatian orang yang mengunjunginya.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse