Asri Banget! Ini 5 Ruang Terbuka Hijau Terindah di Dunia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Selain gedung perkantoran, pencakar langit, dan pemukiman penduduk, sebuah kota harus memiliki ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau sendiri memiliki arti daratan luas yang tidak memiliki banyak gedung dan didominasi oleh tanaman hijau yang tumbuh dengan sendirinya maupun ditanam secara sengaja. Bentuk ruang terbuka hijau paling banyak adalah taman kota. Akan tetapi, ada beberapa bentuk ruang terbuka hijau lainnya seperti ruang terbuka hijau di sekitar sungai, hutan kota, sabuk hijau, cagar alam, dan lainnya.

Dengan hadirnya ruang terbuka hijau, kombinasi udara menjadi lebih seimbang, bisa mendukung ekosistem, dan kota tetap memiliki daya serap air yang baik. Bahkan, ruang terbuka hijau bisa jadi tempat wisata. Tentu hal ini menyenangkan, bukan? Dari sekian banyak ruang terbuka hijau di dunia ini, Kania sudah mengumpulkan lima ruang terbuka hijau terindah di dunia. Mau tahu apa saja ruang terbuka hijau tersebut? Intip di bawah ini, yuk!

Balboa Park, San Diego, California, Amerika Serikat

ruang terbuka hijau dengan danau kecil dan rumah tuagoogle.com

Balboa Park sudah menjadi tempat yang harus dikunjungi saat kamu sedang bertamasya ke San Diego. Konon katanya, sehari saja tidak cukup untuk mengeksplorasi ruang terbuka hijau ini. Hal ini dikarenakan Balboa Park memiliki luas lahan 490 hektar. Di sini, kamu bisa menemukan teater terbuka, hamparan bunga dan tanaman yang indah, air mancur, hingga sungai.

ruang terbuka hijau dengan air mancur dan jalan setapakvisitcalifornia.com

Meskipun bertebaran di Balboa Park, museum-museum dengan gaya arsitektur khas Eropa wajib kamu kunjungi untuk mempelajari ragam budaya khas San Diego.

Hyde Park, London, Britania Raya

ruang terbuka hijau berair mancur di ujung jalan setapakshutterstock.com

Hyde Park merupakan ruang terbuka hijau London yang tergabung dalam The Royal Parks. Zaman dahulu, Hyde Park digunakan oleh penghuni istana untuk berburu. Namun seiring berjalannya waktu, ruang terbuka hijau ini beralih fungsi menjadi tempat rekreasi warga sekitar hingga tempat dilangsungkannya demonstrasi.

ruang terbuka hijau berumput dan danau kecil berpagaragoda.com

Di ruang terbuka hijau yang seluas 140 hektar ini, kamu bisa melakukan banyak hal bersama keluargamu, seperti piknik, berenang, jogging, bersepeda, atau sekedar berjalan-jalan menghirup udara segar sembari melihat pemandangan sekitarnya. Nah, kamu akan melihat banyak patung hingga pondok khas kerajaan Britania Raya. Selain itu, Hyde Park juga sering digunakan sebagai lokasi konser musik.

Forest Park, St. Louis, Missouri, Amerika Serikat

hamparan bunga merah dan kuning di ruang terbuka hijaushutterstock.com

Ruang terbuka hijau satu ini merupakan pusat dari kota St. Louis. Memiliki luas 55,5 km2,  kamu bisa melakukan ragam aktivitas seperti di taman-taman lainnya. Namun yang membuatnya unik, Forest Park memiliki museum sejarah Missouri, pusat ilmiah, lapangan golf, hingga lapangan tenis. Banyak bunga dan tanaman hijau bertebaran di sekeliling danau dan sungai yang melewati taman ini.

Englischer Garten, Munich, Jerman

ruang terbuka hijau pepohonan oranyeshutterstock.com

Terletak di pusat kota Munich hingga ke arah timur laut Munich, ruang terbuka hijau ini memiliki luas lahan 370 hektar. Englischer Garten sudah ada sejak tahun 1789 dan terus dijadikan sebagai lokasi ruang terbuka hijau yang bisa dikunjungi masyarakat Munich untuk berekreasi. Englischer Garten juga terpilih menjadi salah satu taman terluas di dunia, lho!

sungai di ruang terbuka hijau dipakai untuk berselancarshutterstock.com

Saat kamu mengunjunginya, kamu akan disuguhkan ragam aktivitas yang bisa dilakukan seperti piknik, melihat pemandangan, hingga menonton pertujukkan di teater terbuka. Kamu juga bisa berselancar di sungai Englischer Garten bersama pengunjung yang lain. Aktivitas yang ini cukup ramai karena jarang ada ruang terbuka hijau yang bisa dijadikan tempat berselancar. Pasti seru banget!

Millennium Park, Chicago, Illinois, Amerika Serikat

ruang terbuka hijau millennium park dilihat dari atas

tripsavvy.com

Berbeda dengan ruang terbuka hijau sebelumnya, kamu akan dibuat berdecak kagum oleh Millennium Park karena gaya arsitekturnya yang sangat futuristik. Bila dilihat dari atas, kamu akan melihat jaring-jaring besi menutupi suatu taman. Tempat itu bernama Jay Pritzker Pavillion di mana sering dilaksanakannya konser musik.

patung cloud gate di tengah kotashutterstock.com

Daya tarik utama Millenium Park adalah Cloud Gate, karya seni raksasa yang menghiasi salah satu pintu masuk taman. Ruang terbuka hijau seluas 10 hektar ini termasuk kecil. Namun, pengunjung bisa menikmati ragam aktivitas seperti melihat konser, bermain ice skating, piknik, menikmati acara kesenian hingga berjalan-jalan di jembatan pejalan kaki yang berkelok-kelok.

Dari kelima ruang terbuka hijau ini, mana yang akan kamu kunjungi? Ruang terbuka hijau di atas menunjukkan bahwa taman kota pun bisa menjadi tempat wisata yang menarik banyak wisatawan. Kota pun makin asri dan polusi udara pun terkendali.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse