Gudang Penuh? Maksimalkan Penyimpanan Gudang dengan 7 Trik Mudah Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Gudang memiliki peran penting dalam hunian. Berkat adanya ruang penyimpanan ini, kamu bisa menaruh barang-barang yang sudah rusak atau tidak dipakai sehingga penampilan dalam rumah tampak selalu rapi dan tidak sumpek.

Meskipun keberadaannya seringkali diabaikan karena terletak di pojok rumah yang tersembunyi, jangan biarkan gudang menjadi kotor, berantakan, dan tidak terurus. Sebaiknya, buat ruang penyimpanan selalu rapi dan teratur dengan menyusun barang secara tepat supaya lebih mudah saat ingin mengambilnya, serta menjaga barang tersebut agar awet dan tidak rusak.

Kania akan membagikan tips dan trik untuk memaksimalkan penyimpanan gudang agar tampak selalu rapi. Nah, apa saja yang bisa kamu lakukan?

Atur Barang di Ruang Penyimpanan

barang dipisah berdasarkan kategori dan ditaruh di kabinet dan ruang penyimpanan terpisahgoogle.com

Jika ruang penyimpanan gudang terlihat mulai sumpek, mungkin sudah saatnya mengatur kembali barang yang ada di dalamnya. Pertama, kamu bisa mengeluarkan semua barang di gudang dan memilah satu per satu barang yang masih bisa disimpan dan digunakan kembali, serta barang mana yang sudah rusak dan tidak bisa digunakan. Pertimbangkan untuk daur ulang jika memungkinkan. Usahakan hanya membuang barang sebagai pilihan terakhir.

Pisahkan dan Kelompokkan Barang Besar dan Kecil secara Terpisah

penyimpanan di garasishutterstock.com

Setelah memilah barang di ruang penyimpanan, coba kelompokkan barang sesuai ukuran dan fungsinya agar lebih mudah jika suatu hari kamu perlu barang tersebut. Sebisa mungkin, tata barang di ruang penyimpanan agar setiap kelompok barang dapat diakses dengan mudah saat diperlukan. Jika gudang kamu tergolong luas, barang besar dapat ditempatkan di satu sisi sementara barang kecil dapat dikelompokkan di sisi yang lain.

Manfaatkan Lemari dan Rak Penyimpanan

lemari penyimpanan dan rak besi abu-abu penuh dengan keperluan mobil di garasihandyman.net.au

Kamu juga bisa memanfaatkan lemari atau rak penyimpanan agar barang tidak tergeletak secara sembarangan di dalam gudang. Selain itu, penggunaan lemari dan rak penyimpanan juga memudahkan akses saat kamu ingin mengambil barang, serta membuat tampilan gudang menjadi lebih rapi, sedap dipandang dan mudah dibersihkan.

Manfaatkan Wadah Penyimpanan dengan Label

lemari penyimpanan berisi kotak penyimpanan dengan label dan barang tertata rapilowes.com

Selain menggunakan lemari dan rak, kamu juga bisa menggunakan wadah penyimpanan untuk barang-barang yang ukurannya relatif kecil. Supaya lebih teratur, tak ada salahnya untuk menaruh wadah penyimpanan sesuai kelompoknya dan tambahkan stiker label berdasarkan fungsi atau jenisnya sehingga kamu dapat menemukan barang tertentu secara cepat tanpa harus membongkar wadah satu per satu.

Simpan Barang Berdasarkan Volume

gudang penyimpanan rapi dengan semua barang tertata di pinggir ruanganshutterstock.com

Untuk menjaga keawetan barang di ruang penyimpanan, pastikan barang tidak tertindih, terapkan sistem penyimpanan vertikal. Untuk barang berat dan solid, maka silahkan kamu menaruhnya di area bawah dekat lantai. Sementara itu, taruh barang dengan volume ringan pada bagian atasnya supaya mudah diambil dan tidak terancam tertindih.

Kenali Karakter Barang di Ruang Penyimpanan

barang dalam rak terpisah warna putihshutterstock.com

Sewaktu menyusun barang di ruang penyimpanan, kamu juga harus mengetahui karakter masing-masing barang supaya tetap terawat dan terhindar dari kerusakan. Misalkan,  pakaian dan buku harus dijauhkan dari sudut gudang yang rawan terkena air, dan sebaiknya dalam wadah penyimpanan tertutup.

Selain itu, kamu juga bisa melapisi barang-barang di dalam ruang penyimpanan dengan kain atau plastik sebagai antisipasi agar terhindar dari kerusakan akibat air, debu, hingga serangan binatang.  

Luangkan Waktu untuk Membersihkan Gudang

ruang penyimpanan penuh dengan perabot rumah dan berantakanshutterstock.com

Meskipun kamu jarang mengakses gudang, jangan biarkan ruangan ini kotor dan kumuh. Setidaknya, luangkan waktu untuk membersihkan gudang secara berkala agar keadaan barang-barang di dalam ruang penyimpanan tahan lama. Selain itu, jangan lupa untuk membuat ventilasi agar sirkulasi udara lancar dan cahaya matahari supaya gudang terbebas dari pengap yang dapat menyebabkan bau.

Dari ketujuh trik di atas, apakah ada yang kamu tidak ketahui sebelumnya? Memang sangat mudah untuk menumpuk segala perabot dan perlengkapan rumah yang tidak terpakai di gudang. Namun, demi kemudahan dalam mengakses setiap barang tersebut, tentu ruang dalam gudang perlu diatur sedemikian rupa. Siapkah kamu untuk mengatur ulang ruang penyimpanan di rumah?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse