[Infografik] 5 Inisiatif Hemat Air dalam Kegiatan Sehari-hari

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Walaupun inisiatif hemat air seringkali terucap, jarang sekali yang mampu menerapkan kebiasaan hemat air dalam kegiatan sehari-hari. Padahal, kontribusi setiap orang dalam inisiatif hemat air akan meminimalisir ketergantungan dalam air bersih, sehingga tidak menguras habis sumber daya alam tersebut. Populasi dunia yang semakin meningkat tapi persediaan air bersih yang terbatas tentu makin menyoroti pentingnya inisiatif hemat air.

Setiap inisiatif hemat air mempunyai efek yang signifikan. Berbagai kegiatan dalam keseharian kita secara tidak langsung telah membuang volume air bersih yang tidak wajar. Perhatikan beberapa inisiatif hemat air berikut yang bisa mengurangi penggunaan air bersih tanpa mengganggu keberlangsungan kehidupan sehari-hari.

Infografik Hemat Air

Mandi

Inisiatif hemat air saat mandi dilakukan dengan penggunaan air mandi sebatas satu ember saja, jika memungkinkan. Melihat langsung jumlah air bersih yang digunakan akan mempermudah inisiatif hemat air ini karena akan membatasi pengeluaran air yang tidak semestinya. Apabila kamar mandimu mempunyai shower, usahakan untuk selalu mematikan shower saat tidak perlu membilas badan.

Sikat Gigi

Gunakan gelas untuk menakar dan menyimpan air bersih yang diperlukan untuk kumur dan cuci sikat gigi setelah digunakan. Hemat air paling mudah dimulai dari memastikan keran sudah tertutup rapat saat menyikat gigi. Setiap menit, 6 liter air bersih akan terbuang sia-sia jika kamu lalai.

Cuci Pakaian

Kadang keperluan yang mendesak menuntut kamu untuk mencuci pakaian hampir setiap hari. Tentu kamu tidak akan hemat air jika sering menggunakan mesin cuci. Inisiatif hemat air ini menyarankan kamu untuk hanya mencuci pakaian saat sudah mengumpulkan pakaian kotor hingga mesin cuci penuh. Kamu pun akan menghemat listrik dan 10 liter air bersih setiap kali kamu menunda mencuci pakaian.

Siram Tanaman

Kumpulkan air hujan dalam suatu ruang penyimpanan seperti tong besar agar dapat digunakan untuk menyiram tanaman. Inisiatif ini selain akan hemat air bersih dari keran, dapat mengalihfungsikan air hujan yang diberikan dari alam. Daripada menyiram tanaman dengan selang air, pilihlah penyiram tanaman yang dapat menampung air secukupnya untuk keperluan menyiram tanaman. Kamu akan hemat air bersih sebanyak 1,000 liter per jam atau sekitar 17 liter per menit.

Cuci Piring

Air mengalir dari keran yang menyala saat mencuci piring memang biasa digunakan untuk menyingkirkan kotoran dan sabun yang menempel di alat-alat dapur. Hemat air kadang tak terpikirkan saat mencuci piring, namun kamu hanya perlu menyiapkan air di baskom untuk menjadi wadah membilas alat-alat dapur setelah disabun dengan spons. Siasat hemat air ini tentu akan menghemat banyak air karena kegiatan cuci piring yang biasa berlangsung cukup lama, sekitar 15-30 menit.

Kania yakin bahwa kamu sebenarnya sudah mengetahui setidaknya beberapa kiat hemat air yang dipaparkan di atas. Hemat air memang perlu dijadikan sebagai prioritas. Mungkin motivasi untuk hemat air dapat berasal dari keinginan untuk menghemat pengeluaran biaya air. Sebersit keinginan tersebut sudah cukup untuk membantu dalam usaha untuk hemat air demi generasi mendatang yang tentu memerlukan air bersih juga.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse